PENINGKATAN MUTU SEKOLAH DENGAN MENINGKATKAN KINERJA GURU MELALUI KEGIATAN FORUM GURU SEKOLAH DASAR DI SD NEGERI 20 KOTA BENGKULU TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Authors

  • Desparida - Desparida SD Negeri 20 Kota Bengkulu

Abstract

Abstrak

Kelayakan mengajar guru tidak cukup hanya diukur berdasarkan pendidikan formal tetapi juga harus diukur berdasarkan bagaimana kemampuan guru dalam mengajar dan sesi penguasaan materi, menguasai, memilih dan menggunakan metode, media serta evaluasi pembelajaran. Sehubungan dengan hal itu, Jiyono ( 1987 ) menyimpulkan bahwa kemampuan guru SD dalam menguasai bahan pelajaran pada umumnya sangat menghawatirkan karena dari sampel guru SD yang diminta menunjukkan kemampuan menguasai bahan pelajaran 70 % yang kurang menguasai bahan pelajaran, sedangkan hanya 30 % yang menguasai bahan pelajaran.

Kondisi seperti itu diperparah dengan kurang optimalnya fungsi pengawasan kepala sekolah. Bila selama ini banyak pendapat menyatakan profesionalisme guru di Indonesia relatif rendah atau kurang memadai, hal itu merupakan akibat dari kurang kepengawasannya kepengawasan kepala sekolah. Tujuan dari penelitian tindakan sekolah( PTS ) ini adalah untuk mengetahui sejauh mana pembinaan kepala sekolah melalui pelatihan berkelanjutan  dalam  meningkatkan kinerja guru. Dalam penelitian tindakan sekolah( PTS ) ini dilakukan dalam 3 siklus, dari hasil tindakan yang dilakukan terbukti dapat meningkatkan kinerja guru  dengan mencapai standar ideal. Dari 64,50 % pada siklus I, dapat meningkat menjadi 71,75 % pada siklus II, dan siklus ke III  80,63  %.  Hasil penelitian tindakan ini menunjukkan bahwa pembinaan melalui pelatihan berkelanjutan dapat meningkatkan kinerja  guru dengan ketuntasan mencapai 100 %.

 

Kata Kunci : Capaian mutu sekolah, Kinerja Guru, pelatihan berkelanjutan

References

DAFTAR PUSTAKA

Arifin, I. 2000. Profesionalisme Guru: Analisis Wacana Reformsi Pendidikan dam Era Globalisasi. Simposium Nasional Pendidikan di Universitas Muhammadiyah Malang, 37,50-26 Juli 2001.

Arikunto, Suharsini. 2004. Dasar – dasar Supervisi. Jakarta: Rineka Cipta.

Arikunto Suharsimi,2002.Dasar Dasar Evaluasi Pendidikan .Jakarta : Bumi Aksara

Atmodiwiro, Soebagio dan Soenarto Tatosiswanto, 1991. Kepemimpinan Kepala Sekolah, Semarang: Adhi Waskitho.

Depdiknas RI,2005,Undang undang No 15 Tentang Guru dan Dosen.Jakarta : Depdiknas.

___________,2003. Undang Undang No 20 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.Jakarta : Depdiknas

___________,2006.Peraturan Pemerintah No 19 Tentang Standar Isi Pendidikan.Jakarta : BSNP.

Dirjen PMPTK,2007.Peraturan Menteri no 13 Tentang Standar Kompetensi Kepala Sekolah.Jakarata : Dirjen PMPTK Depdiknas

____________,2010.Bahan Belajar Mandiri Kelompok Kerja Kepala Sekolah Tentang Dimensi Kompetensi Manajerial.Jakarta :Dirjen PMPTK Depdiknas.

Direktorat PLP Depdiknas. 2005. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah. Jakarta: Depdiknas.

Mulyasa,E, 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep,Karakteristik,Implementasi,dan Inovasi. Bandung : PT Remaja Rosdakarya.

______________,2003.Menjadi Kepala Sekolah yang profesional.Jakarta : PT.Rosdakarya.

______________,2007.Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan.Jakarta : PT.Rosdakarya

Downloads

Published

2021-07-27
Abstract viewed = 231 times