KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DENGAN TEKNIK SCANNING MAHASISWA SEMESTER II PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

yanti - paulina, Dinda Rike Handayani, Jelita - Zakaria

Abstract


Abstrak

Masalah penelitian ini adalah bagaimanakah Kemampuan Membaca Cepat Mahasiswa Semester II Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Bengkulu dengan Teknik Scanning. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh pendeskripsian kemampuan membaca cepat mahasiswa semester 2 program studi bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Bengkulu dengan teknik scanning. Metode yang digunakan adalah metode metode deskriftip kuantitatif. Teknik pengumpulan data penelitian ini adalah teknik tes. Teknik analisis data adalah (1) Menghitung kecepatan membaca, (2) Menghitung presentase pemahaman isi bacaan, (3) Menghitung rata rata kemampuan membaca. Hasil penelitian ini adalah (1) kecepatan membaca mahasiswa semester 2 program studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Bengkulu dengan teknik scanning  adalah 6 orang mahasiswa masuk ke dalam kategori kurang,  21 orang mahasiswa masuk ke dalam kategori cukup, dan 38 orang mahasiswa masuk ke dalam kategori Baik. Secara keseluruhan jumlah kecepatan membaca adalah 200 kpm masuk ke dalam kategori baik., (2) Kemampuan pemahaman mahasiswa semester 2 program studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Bengkulu dengan teknik scanning dalam memperoleh isi bacaan yang telah dihitung dan dimasukkan ke dalam rumus persentase pemahaman isi bacaan, diperoleh hasil sebanyak 5 orang  mahasiswa dapat menjawab dengan benar 10 soal dari 10 soal dengn persentase 100%. Selanjutnya 25 orang mahasiswa dapat menjawab dengan benar  soal dengan persentase 80%. Berikutnya adalah sebanyak 18 orang mahasiswa dapat menjawab 3 soal dengan persentase 60%. Kemudian sebanyak  12 orang mahasiswa dapat menjawab  soal dengan persentase 40%, dan yang terakhir sebanyak  5 orang mahasiswa dapat menjawab  soal dengan persentase 20%. Maka persentase pemahaman mahasiswa secara keseluruhan yaitu 63% masuk ke dalam kategori cukup, (3) Kemampuan rata-rata membaca cepat mahasiswa semester 2 program studi Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Muhammadiyah Bengkulu dengan teknik scanning adalah 64,2% masuk dalam kategori cukup. Diharapkan hasil penelitian dijadikan bahan informasi dan masukan bagi pembaca guna memperluas pengetahuan dan kemampuan  nahasiswa  tentang  membaca  scanning  untuk menemukan informasi secara cepat.

Full Text:

PDF

References


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta:

Dalman.2013.keterampilan Membaca. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Khasanah, A., & Cahyani, I. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Pemahaman Dengan Strategi Question Answer Relationships ( Qar ) Pada Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Pedagogik Pendidikan Dasar, 4(Juli), 161–175

Krismanto, W., Halik, A., & Sayidiman, S. (2015). Meningkatkan Kemampuan Membaca Pemahaman Melalui Metode Survey, Question, Read, Recite, Review (Sq3R) Pada Siswa Kelas Iv Sd Negeri 46 Parepare. Publikasi Pendidikan, 5(3). https://doi.org/10.26858/publikan.v5i3.1616.

Niarti, Yuli. 2007. Kemampuan Membaca Pemahaman Siswa Kelas VIII SMP Negeri 21 Kota Bengkulu Tahun Ajaran 2008/2009. Skripsi. Bengkulu: Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Nugroho, R. D., Suryawati, C. T., Zuliastutik, H., Sastra, F., Jepang, P. S., & Soetomo, U. (2019). Analisis Kesalahan Dalam Penulisan Karya Ilmiah Mahasiswa Jepang Dalam Pembelajaran Bipa. Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra, 18(2), 193–209.https://doi.org/10.17509/bs_jpbsp.v18i2.15508.

Nurhadi, 1999. Membaca Cepat Dan Efektif. Bandung: Sinar Baru.

Nurgiyantoro, Burhan. 2001. Penelitian Dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra

Yogyakarta: BPFE.

Padangsidimpuan, S. M. P. N. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Memindai Melalui Pendekatan Cooperative Learning Tipe Jigsaw II Bagi Siswa Kelas VII. 17. 2(7), 56–61.

Rejekiningsih, E. (2017). Peningkatan Kemampuan Membaca Memindai Dengan Menggunakan Media Koran. Jurnal Pendidikan Tindakan Kelas, 7(1), 1–5.

Rineka Cipta_____________ 2002. Metodologi Penilitian. Jakarta: Rineka Cipta

Sari, Yulia. 2009. Kemampuan Membaca nyaring murid kelas III SD Negeri 05

Ujung Pandang Kecamatan Semidang Alas Maras Kabupaten Seluma

Skripsi. Bengkulu: Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Soedarso. 2010. Speed Reading Sistem Membaca Cepat dan Efektif. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif

Dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Tampubolon. 2008. Kemampuan Membaca Cepat , Teknik Membaca Efektif dan

Efisien. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Hendry Guntur. 1979. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Sumber Internet:

http://fatkhan.web.id/kemampuan-merupakan-sesuatu-yang-telah-tertanam-didalam-diri-seseorang-kemampuan-yang-dimiliki-seseorang-dapat. diakses pada 01 desember 2019 pukul 19.43 wib

http://guruit07.blogspot.com/2009/01/jenis-jenis-membaca-dan.html. diakses pada 03 desember 2019 pukul 15.35 wib.

sumber (https://visiuniversal.blogspot.co.id/2014/02/cara-mengukur-kemampuan-dan-kecepatan.html.diakses 02 januari 2020.pukul 19.12 wib)




DOI: https://doi.org/10.36085/lateralisasi.v9i1.1714

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Lateralisasi

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.