Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Pada Pembelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan (PKK) Di SMKN 3 Kota Bengkulu

Authors

  • Zuliana - Zuliana SMKN 03 Kota Bengkulu

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pola implementasi Gerakan Literasi Sekolah di SMKN 3 Kota Bengkulu. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat kegiatan implementasi gerakan literasi sekolah di SMKN 3 Kota Bengkulu pada mata pelajaran Produk Kreatif Kewirausahaan (PKK) di program keahlian tata boga melalui kegiatan Kumembaca dan Membuat Mind Mapping (Kumimpi). Disimpulkan bahwa kegiatan kumimpi dapat meningkatkan minat membaca dan pengembangan karakter siswa. Melalui 7 tahapan kumimpi guru berupaya meningkatkan minat siswa untuk membaca dan belajar Produk Kreatif Kewirausahaan Tata Boga.

References

Daftar Pustaka

Abidin, Y. 2015. Pembelajaran Multiliterasi. Bandung: Refika Aditama

Ainiyah,N. (2017). Membangun Penguatan Budaya Literasi Media dan Informasi Dalam Dunia Pendidikan. JPII.2 (1). Hal 65-77.

Barnawi & Arifin, M. 2014. Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah KejuruanDirektorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan (2016), Panduan GLS di SMK.

Handoyo,E & Tijan. (2010). Model Pendidikan Karakter Berbasis Konservasi: Pengalaman Universitas Negeri Semarang. Semarang: UNNES Press.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Panduan Gerakan Literasi Sekolah di Sekolah Dasar. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility, New York: Bantam.

Mariyana, R, Ali, N. & Rachmawati. 2010. Pengelolaan Lingkungan Belajar. Jakarta: Prenada Media Group

Mulyati, Y. 2004. Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia di Kelas Tinggi. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurhadi. 2016. Teknik Membaca. Yogyakarta: Bumi Aksara. Organization for Economic Cooperation and Development. 2014. PISA 2012 Results in Focus: What 15-year-olds Know and What They Can Do with Wath They Know. (Online), (http://www.oecd.org/pisa/keyfindings/pisa-2012-results-overview.pdf), diakses 10 Januari 2017.

Prayitno dan Belferik Manulang. (2010). Penyelenggaraan Pendidikan Karakter Dalam Membangun Bangsa, Sumatera Utara: Pasca Sarjana Universitas Negeri Medan.

Suyono. 2009. Pembelajaran Efektif dan Produktif Berbasis Literasi: Analisis Konteks, Prinsip, dan Wujud Alternatif Strategi Implementasinya di Sekolah. Jurnal Bahasa dan Seni, 1 (1). (Online), (http://jurnal online.um.ac.id/), diakses 15 Februari 2016

--------. 2011. Pembelajaran Efektif dan Produktif Berbasis Literasi: Analisis Konteks, Prinsip, dan Wujud Alternatif Strategi Implementasinya di Sekolah. Malang: Penerbit Cakrawala Indonesia

Tarigan, H. G. 2008. Membaca Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Penerbit Angkasa Bandung.

Zubaedi, (2011). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Hendarman. (2018). Integrasi PPK dan Literasi dalam Modul Kurikulum 2013. Bimtek K.13

Downloads

Published

2021-01-29
Abstract viewed = 65 times