N Nilai-Nilai Dakwah Dalam Tradisi Nyadran Di Desa Bumi Mulya Kecamatan Penarik Kabupaten Mukomuko

Penulis

  • Ike Eliawati -
  • Ike Eliawati

DOI:

https://doi.org/10.36085/joiscom.v3i2.3811

Abstrak

Penelitian ini menggunakan teori nilai menurut Mulyana, Nilai adalah rujukan dan keyakinan dalam menentukan pilihan. Nilai merupakan sesuatu yang diinginkan sehingga melahirkan tindakan pada diri seseorang yang datangnya dari Tuhan. Jika pengertian nilai dikaitkan dengan dakwah, maka akan dikenal dengannilai dakwah, Yakni nilai-nilai Islam yang bersumber dari Alquran dan alhadist. Tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah ada nilai-nilai dakwah dalam tradisi nyadran di Desa Bumi Mulya Kecamatan Penarik Kabupaten Mukomuko.

Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif yang bersifat deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Sumber data dari penelitian ini adalah sumber data primer dan sumber data skunder. Berdasarkan hasil penelitian bahwa salah satu nilai dakwah yang terkandung dalam tradisi nyadran di Desa Bumi Mulya adalah nilai aqidah pada acara Pengajian dan do’a karena di dalam acara nyadran terdapat ceramah agama yang disampaikan oleh ustadz, selain itu juga nyadran merupakan acara untuk menyambut datangnya bulan ramadhan.

Kata Kunci : Nilai-Nilai Dakwah Dalam Tradisi Nyadran Di Desa Bumi Mulya

Diterbitkan

2022-10-25

Cara Mengutip

Ike Eliawati, & Ike Eliawati. (2022). N Nilai-Nilai Dakwah Dalam Tradisi Nyadran Di Desa Bumi Mulya Kecamatan Penarik Kabupaten Mukomuko . JOISCOM (Journal of Islamic Communication), 3(2). https://doi.org/10.36085/joiscom.v3i2.3811
Abstrak viewed = 280 times