ANALISIS PESAN DAKWAH PADA TABLIGH MUSIBAH DALAM CHANNEL USTADZ JUNAIDI HAMSYAH

Penulis

  • Eti Efrina Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nadia Parastama

DOI:

https://doi.org/10.36085/joiscom.v3i1.3223

Abstrak

Dakwah merupakan isi pesan atau materi yang disampaikan da’i kepada mad’u. Pesan dakwah menjadi unsur yang sangat penting dalam menyampaikan dakwah dan sangat menentukan keberhasilan dakwah itu sendiri. Suatu kegiatan dakwah yang dilaksanakan dikatakan efektif apabila materinya bersifat informatif, edukatif, dan solusif bagi masyarakat.

Adapun rumusan masalah pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana analisis pesan dakwah pada tabligh musibah dalam channel youtube Ustadz Junaidi Hamsyah, dan untuk mengetahui metode pengemasan dan penyampaian pesan-pesan dakwah.

Penelitian ini dilakukan pada channel youtube Ustadz Junaidi Hamsyah dengan cara menganalisis isi pesan dakwah yang terdapat di 10 vidio dengan tema tabligh musibah. Jenis penelitian ini adalah analisis isi (content analisis) terhadap isi pesan dakwah pada channel youtube Ustadz Junaidi Hamsyah. Bahan yang dipelajari dapat berupa bahan yang diucapkan dan bahan yang ditulis. Pengertian lain menyebutkan bahwa analisis isi (content analysis) adalah teknik penelitian untuk membuat referensi-referensi yang dapat ditiru (replicable), dan shahih dengan memerhatikan konteksnya. Analisis ini berhubungan dengan komunikasi atau isi komunikasi.

Berdasarkan hasil analisis yang dilakukan pada channel youtube Ustadz Junaidi Hamsyah dapat disimpulkan bahwa metode pengemasan  dan penyampaian dakwah yang digunakan oleh ustadz junaidi hamsyah adalah jenis metode Al Mau’idzatil Hasanah (pelajaran yang baik), dan pesan yang disampaikan dalam 10 vidio yang di analisis adalah mencakup pesan aqidah, pesan syariah dan pesan akhlak.

Kata kunci : Channel Youtube, Content Analisys, Dakwah, Ustadz junaidi Hamsyah

Diterbitkan

2022-04-30

Cara Mengutip

Efrina, E., & Nadia Parastama. (2022). ANALISIS PESAN DAKWAH PADA TABLIGH MUSIBAH DALAM CHANNEL USTADZ JUNAIDI HAMSYAH. JOISCOM (Journal of Islamic Communication), 3(1), 19–24. https://doi.org/10.36085/joiscom.v3i1.3223
Abstrak viewed = 187 times