ENGARUH KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU TERHADAP HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL (IPS) DI SMP NEGERI 21 KOTA BENGKULU.

Authors

  • Melli Yulastri

Abstract

Peneliti meneliti kompetensi pedagogik guru di SMP Negeri 21 kota bengkulu yang dilakukan penelitian pada tanggal 25 juni-25 juli di SMP Negeri 21 kota bengkulu. Tujuan penelitian ini nadalah : Untuk mengetahui seberapa besar kompetensi pedagogik guru mata pelajaran IPS di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, observasi, dokumentasi teknik analisis data dilakukan dengan menggunakan regresi linier sederhana. Dari hasil penelitian dilakukan dapat disimpulkan bahwa : (1) kompetensi pedagogik gurumata pelajaran IPS di SMP Negeri 21Kota Bengkulu termasuk dalam kategori sedang dengan nilai rata-rata 73,86. (2) hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS di SMP Negeri 21Kota Bengkulu termasuk dalam kategori baik dengan rata-rata 83,81 (3) ada pengaruh yang signifikan antara pengaruh kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS di SMP Negeri 21 kota bengkulu berdasarkan hasil perhitungan F hitung > Fb tabel yaitu sebesar 23,93 dan F tabel db ᾶ 0,05 = 4,11 hal ini berarti F hitung lebih besar dari F tabel (23,93 > 4,11). Maka hipotesis diterima ada pengaruh yang signifikan antara kompetensi pedagogik guru terhadap hasil belajar mata pelajaran IPS di SMP Negeri 21 kota bengkulu sebesar 52,38% sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak di teliti.

Kata Kunci : Kompetensi pedagogik guru, hasil belajar

References

Ali, M. 2017. Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Sinar Baru Algensido. Bandung.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

Junaidi, 2010. Titik persentase distribusi F probalita 0,05. Diakses dari http//:junaidichaniago.wordpress.com. 11 september 2010

Slameto 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. PT. Rineka Cipta. Jakarta. Hamalaik, oemar. 2011. Kurikulum dan Pembelajaran. Bumi Aksara. Jakarta.

Sudjana, N. 2003. Teknik Analisis Regresi dan Korelasi. Alafabeta.Bandung.

Riduwan 2013. Dasar-dasar statistik. Alafabeta. Bandung.

Subana. 2000. Statistika pendidikan. Pustaka setia. Bandung Sugiyono. 2010. Metode penelitian pendidikan. Alfabeta bandung

Adhe Purnama Sari. 2012 / 2013. Pengaruh Penguasaan Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Hasil Belajar. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Jejen musfah,M.A. 2011 Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Kencana media grup. Jakarta.

Nio Wicak Kuncoro, Baharudin Risyak, Riyanto M.Taruna 2014. Pengaruh Kompetensi Pedagogik Guru Dengan Hasil Belajar. SD Negeri 2 Labuhan Ratu Kota Bandar Lampung.

Indah Zakiyah Zamania, Upaya Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru Dalam Proses Belajar Mengajar Di Raudhatul Athfal Al-Iklas Sukodadi, Lamongan. (Malang: UIN Malang).

Downloads

Published

2020-07-17
Abstract viewed = 161 times