PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA KARYAWAN

Authors

  • Riyanto Efendi Universitas Negeri Yogyakarta

Abstract

Kinerja karyawan merupakan hal yang penting dalam suatu perusahaan,karena memiliki pengaruh yang besar untuk peningkatan kinerja suatu perusahaan. Kinerja karyawan dalam suatu perusahaan dipengaruhi oleh berbagai hal seperti gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh gaya kepemimpinan dan kepuasan kerja terhadap kinerja karyawan. Metodologi penelitian ini adalah ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Responden dalam penelitian ini sebesar 100 karyawan koperasi PP Almunawwir Yogyakarta yang diambildengantekniktotal sampling.Metodeanalisis data dalam penelitian menggunakan regresi sederhana. Hasil penelitian sebagai berikut: 1).Gaya kepemimpinan berpengaruh secara positif dan signnifikan terhadap kinerja karyawan sebesar 69,4%, Sedangkan sisanya 30,6% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diprediksi atau di luar model penelitian ini.

Kata kunci: kinerja karyawan, gaya kepemimpinan

References

Ardana., Komang I.,Mujiati N. W., &Utama I, W, M,. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusiia. Edisi Pertama. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Amstrong Michael, 2004, A Hand Book of Human Resource Manajement, EdisiTerjemahan Indonesia, PT. Alek Media Komputindo, KelompokGramedia,Anggota IKAPI., Jakarta.

FuchrudiIndra, Soekonto, 2004, PengantarKepemimpinanPendidikan, AIDA, Jakarta

Gibson, Ivancevich, 2005. OrganisasiPerilaku, Struktur, Proses. Jilid 1, Erlangga, Jakarta. HaryantoS. ,2000, Human Ralation, BahanDiklat SPAMA, LAN RI, Jakarta.

Hasibuan, Malayu., 2005. ManajemenSumberDayaManusia, BumiAksara, Jakarta. Moedjiono, Imam, 2002, Kepemimpinan&Keorganisasian, UII Press, Yogyakarta. MulyadidanJohnySetyawan, 2009,.SistemPerencanaandanPengendalianManajemen.Aditya

Media, Yogyakarta.

Rivai,Veithzal ,2009, Islamic Human Capital ( Dari

TeorikepraktekManajemenSumberDayaIslami ), Cetakan I, PT. Raja GrafindoPersada,

Jakarta.

Sugiyono, P. (2015). Metodepenelitiankombinasi (mixed methods). Bandung: Alfabeta. Tyson Shaun dan Tony Jackson, 2002, The Essence of Organizational

Behavior;PerilakuOrganisasi, Andi, Yogyakarta

Downloads

Published

2020-07-17
Abstract viewed = 12040 times