PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR DAN LINGKUNGAN KELUARGA TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKK DI SMKN 4 SIJUNJUNG SUMATERA BARAT

Authors

  • Nur Aulia Rafika SMKN 4 Sijunjung Sumatera Barat
  • Yosi Fitriani Universitas Muhammdiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jee.v3i2.4786

Abstract

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kebiasaan belajar siswa terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKK di SMKN 4 Sijunjung Sumatera Barat Untuk mengetahui bagaimana lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKK di SMKN 4 Sijunjung Sumatera Barat, dan Untuk mengetahui pengaruh kebiasaan belajar siswa dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKK di SMKN 4 Sijunjung Sumatera Barat. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa di SMKN 4 Sijunjung Sumatera Barat siswa yang berjumlah 17 kelas. Sampel yang dipilih adalah kelas XII yaitu kelas XII OTP 1 dan kelas XII OTP 2. Teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan menggunakan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai signifikan kebiasaan belajar memiliki nilai rata-rata (M) sebesar 36,63 yang berada pada interval 34-41 dengan kategori “Baik”.lingkungan keluarga memiliki nilai rata-rata (M) sebesar 36,84 yang berada pada interval 34-41 dengan kategori “Baik”. Sedangkan kebisaan belajar dan lingkungan keluarga terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKK di SMKN 4 Sijunjung Sumatera Barat Hal ini ditunjukkan oleh nilai F hitung 15,300< dari F tabel dengan tingkat signifikan sebesar 0,000<0,05. Sedangkan hasil perhitungan koefisien determinasi (R2) sebesar 0,342 yang berarti bahwa 34,2% hasil belajar mahasiswa dipengaruhi oleh variabel kebiasaan belajar dan lingkungan keluarga, sedangkan 69,8% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Kata Kunci : Kebiasaan Belajar, Lingkungan Keluarga,Hasil Belajar

Downloads

Published

2023-01-31

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 116 times