PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN PERANGKAT PEMBELAJARAN DI SMP NEGERI 2 BENGKULU UTARA

Authors

  • Sazili Universitas Muhammdiyah Bengkulu
  • Rega Aqmal Hakim Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jee.v3i2.4785

Abstract

Tujuan penelitian yaitu Untuk mengetahui kesulitan yang dihadapi peserta didik dalam melaksanaki SMPN 02 Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif. Objek penelitian ini adalah untuk mengetahui peran kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan perangkat pembelajaran di SMP Negeri 2 Bengkulu Utara. Subjek dalam penelitian ini adalah pengendara ojek online yang berjumlah 4 orang, yaitu kepala sekolah, wakil kepala sekolah, guru, dan siswa. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analsisi data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan. Hasil dan pembahasan yaitu 1) penanaman nilai-nilai pendidikan diimplementasikan kedalam nilai kreatif, disiplin, religius, semangat, kreatif, peduli sosial, peduli lingkungan, tanggung jawab dan inovatif. 2) upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan perangkat pembelajaran di SMPN 2 Bengkulu utara. 3) faktor pendukung dan penghambat kepala sekolah dalam meningkatkan perangkat pembelajaran siswa SMPN 2 Bengkulu Utara yaitu, faktor pendukung kepala sekolah dalam mengingkatkan perangkat pembelajaran adalah dengan cara mendekati diri kepada siswa dan mengatur semua yang akan di siapkan untuk proses pembelajaran siswa, kemudian memberi fasilitas yang cukup untuk pembelajaran siswa. faktor penghambat kurang adanya perhatian orang tua terhadap prosese pembelajaran yang dilakukan siswa di sekolah, kurang adanya antusias siswa untuk bisa mengikuti pembelajaran dengan baik, kurang bertanggung jawabnya guru terhadap siswa, dan kurangnya materi pembelajaran yang baik untuk para siswa.

Kata kunci:         Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, meningkatkan perangkat pembelajaran.

Downloads

Published

2023-01-31

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 40 times