PREFERENSI KONSUMEN TERHADAP SIRUP KALAMANSI MINUMAN KHAS BENGKULU DI KOTA BENGKULU

Authors

  • Eka Luspitasari Universitas Dehasen Bengkulu
  • Herri Fariadi Universitas Dehasen Bengkulu
  • Evi Andriani Universitas Dehasen Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jee.v3i2.4784

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui deskripsi konsumen sirup kalamansi, mengkaji atribut sirup kalamansi yang disukai oleh konsumen Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dan kualitatif dengan analisis deskriptif terhadap atribut Sirup Kalamansi meliputi : rasa, ukuran, warna dan harga. Hasil penelitian menunjukkan bahwa. Deskripsi konsumen Sirup Kalamansi dilihat dari demografi, konsumen paling banyak yang melakukan pembelian adalah konsumen yang memiliki suku asli Provinsi Bengkulu yaitu sebesar 47,92%, dan untuk deskripsi ekonomi adalah konsumen dengan pendapatan (1.800.000-7.200.000) yaitu sebesar 69,79%, sedangkan faktor sosial yaitu jenis keluarga sebesar 51,08% terdapat pada kategori orang tua lengkap lebih dari 2 orang anak, untuk pendidikan yaitu pendidikan strata atau sarjana sebesar 56,25%, dan umur yaitu dengan kategori sedang (34-47) sebesar 52,08 serta jenis kelamin sebesar 80,21 adalah perempuan. Preferensi atribut Sirup Kalamansi yang disukai konsumen adalah dengan rasa asam manis, warna sirup kuning kecoklatan, ukuran sirup sedang (500 ml) dan harga sirup rendah yaitu (35.000).

 

Kata Kunci: preferensi konsumen

Downloads

Published

2023-01-31

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 90 times