ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KEGAGALAN ASI EKSKLUSIF PADA IBU BEKERJA DI KOTA BENGKULU

Authors

  • Wulan Angraini Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Bintang Agustina Pratiwi UMB
  • Nofa Sagitarius UMB

DOI:

https://doi.org/10.36085/avicenna.v14i3.396

Keywords:

ASI Eksklusif, Ibu Berkerja, Kegagalan

Abstract

ABSTRAK

 

Tujuan penelitian mengetahui faktor internal dan eksternal  penyebab kegagalan ASI Eksklusif pada ibu bekerja di wilayah kerja Puskesmas Lingkar Barat Kota Bengkulu. Penelitian ini adalah kualitatif berupa studi kasus ,meneliti fenomena yang tertentu yang ada dalam masyarakat yang dilakukan secara mendalam. pelaksanaan pada Agustus 2018 di Wilayah Kerja Puskesmas Lingkar Barat Kota Bengkulu. Informan dalam penelitian ini terdiri dari 10 orang informan yaitu 2 orang petugas kesehatan, 4 orang suami dan 4 orang istri.

Hasil penelitian Faktor internal penyebab kegagalan ASI Esklusif pada ibu bekerja di wilayah kerja Puskesmas Lingkar Barat Kota Bengkulu adalah ibu sudah memiliki pengetahuan yang cukup, namun kesibukan ibu dan produksi ASI ibu yang kurang hal ini menjadi faktor penyebab kegagalan pemberian ASI Ekslusif, serta ibu yang kurang telaten dalam menampung ASI sehingga pada saat berkerja anak hanya diberikan Susu formula. 

Faktor eksternal penyebab kegagalan ASI Eksklusif pada ibu bekerja di wilayah kerja Puskesmas Lingkar Barat Kota Bengkulu  berasal dari luar dimana suami sudah memberikan dukungan dalam pemberian ASI Eksklusif pada bayi namun tidak diikuti dengan tindakan dalam pelaksanaan, Sedangkan tenaga kesehatan sudah memberikan dan menjalankan perannya misalnya dengan melakukan sosialisai, konsultasi tentang pentingnya pemberian ASI esklusif pada bayi, namun kurang dalam melakukan penyuluhan pada ibu menyusui.       

Author Biographies

Wulan Angraini, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Program Studi Kesehatan Masyarakat Fakultas Ilmu Kesehatan dan Asisten Ahli/IIIB

Bintang Agustina Pratiwi, UMB

UMB

Nofa Sagitarius, UMB

UMB

References

Agow, L.L dan Jootje, 2014 faktor-faktor yang berhubungan dengan pemberian ASI Eksklusif diwilayah kerja Puskesmas Motoboi Kecil Kota mobagu. Vol 1. No. 1, Diakses Tanggal 15 Juli 2018.

Astuti, S. Judiastiani. R. D. T. Rahmad. L. Et al (2015). Asuhan Kebidanan Nifas Dan Menyusui .Jakarta : Erlangga

Catra Ibriza. 2017. Faktor Risiko Ke Gagalan Asi Eksklusif. Fakultas Ilmu Kesehatan Masyarakat Universitas Muhammadiyah Semarang

Dinkes Kota Bengkulu . Profil Kesehatan Kota Bengkulu . (2016)

Ferawati. 2014. Hubungan Dukungan Suami Terhadap Pemberian Asi Di Kelurahan Gondoriyo Ngaliyan Semarang. PSIK, STIKES Widya Husada Jurusan Keperawatan FK UNDIP.

Induniasih dan Wahyu, Retno. 2017. Promosi Kesehatan Pendidikan Kesehatan dalam Keperawatan. Yogyakarta: Pustaka baru Pres.

Lestrari titik. 2015. Kumpulan teori untuk kajian pustaka penelitian kesehatan. Yogyakarta. Nuha Medika.

Maritalia Dewi. 2014. Asuhan Kebidanan Nifas dan Menyusui. Yogyakarta: Pustaka pelajar

Maryunani Anik. 2012. Inisiasi menyusu dini ASI eksklusif dan manajemen laktasi. Jakarta: Penerbit Buku Kesehatan

Mery, 2010. Dukungan Suami dalam Pemberian ASI Eksklusif di wilayah kerja Puskemas Air Tawar Kota Padang. Jurnal Kesehatan Masyarakat Nasional Volume 4. No. 6 Tahun 2010

Downloads

Additional Files

Published

2021-02-18

How to Cite

Angraini, W., Pratiwi, B. A., & Sagitarius, N. (2021). ANALISIS FAKTOR PENYEBAB KEGAGALAN ASI EKSKLUSIF PADA IBU BEKERJA DI KOTA BENGKULU. Avicenna: Jurnal Ilmiah, 14(3). https://doi.org/10.36085/avicenna.v14i3.396
Abstract viewed = 879 times