PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA ASISTEN APOTEKER DI INSTALASI FARMASI RSUD Dr. M. YUNUS BENGKULU

Authors

  • Veby Fransisca Rozi STIKes Bhakti Husada Bengkulu
  • Mirna Sari Anggraini STIKes Bhakti Husada Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/avicenna.v14i02.385

Keywords:

Pendidikan, Pelatihan, Kinerja Asisten Apoteker

Abstract

Implementasi kinerja dilakukan oleh sumber daya manusia yang memiliki kemampuan, kompetensi, motivasi dan kepentingan. Survei awal yang dilakukan peneliti di RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu, didapat hasil observasi terhadap 10 orang asisten apoteker, 6 orang asisten apoteker menjalankan kinerja kurang baik, dimana asisten apoteker tersebut datang terlambat, tidak mengerjakan kartu stok dan mengumpulkan laporan stok opname terlambat. Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh pendidikan dan pelatihan terhadap kinerja asisten apoteker di Instalasi Farmasi RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu. Jenis penelitian yang digunakan desain Pre eksperimen dengan jumlah sampel 20 orang diambil dengan menggunakan metode purposive sampling yang berjumlah 20 orang. Hasil penelitian didapatkan ada pengaruh pendidikan dan pelatihan (diklat) terhadap kinerja asisten apoteker di Instalasi Farmasi RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu dengan nilai p = 0,0001. Penelitian ini diharapkan sebagai informasi dan masukan tentang cara meningkatkan kinerja asisten apoteker di Instalasi Farmasi RSUD Dr. M. Yunus Bengkulu dengan melaksanakan Pendidikan dan Pelatihan (diklat) kepada asisten apoteker secara terencana dan berkala.

References

Daryanto & Bintoro. 2014. Manajemen Diklat, Yogyakarta : Gava Media.

Dartha, I Ketut. 2010. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan (diklat) Terhadap Kinerja Pegawai Negeri Sipil Pada Sekretariat Daerah Kota Malang. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Jaya Negara Malang, Malang.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. 2014. Undang-undang No.36 Tahun 2014 tentang tenaga kesehatan. Lembaran Negara RI Tahun 2014, No.298. Sekertaris Negara. Jakarta.

Prasetyo, Bambang & Miftahul, Lina . 2014. Metode Penelitian Kualitatif, Jakarta : Rajawali.

Rahmatina, Aulia. 2014. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan Kepuasan Kerja dan Kepemimpinan Terhadap Kinerja Perawat Rawat Inap di RSUD Kabupaten Siak. Universitas Riau, Riau.

Ratnasari, Miranda Diah. 2018. Pengaruh Pendidikan dan Pelatihan terhadap Kinerja Karyawan melalui Variabel Mediator Kemampuan Kinerja Karyawan. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 58 No.1.

Rezita, Riza. 2015. Pengaruh pendidikan dan pelatihan (Diklat) terhadap kinerja pegawai pada Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta (BPAD DIY). Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

Rumah Sakit Daerah Dr. M. Yunus. 2014. Profil Rumah Sakit Umum Daerah Dr. M. Yunus Tahun 2014, Bengkulu : RSUD Dr. M. Yunus.

Sumarsono, Sonny. 2009. Ekonomi Sumber Daya Manusia Teori dan Kebijakan Publik. Yogyakarta : Graha Ilmu.

Taufan, M. 2011. Pendidikan dan pelatihan bagi Pegawai Negeri Sipil, Jakarta : Ridersystem.

Wibowo. 2012. Manajemen Kinerja, Edisi 3, Jakarta : Fakultas Ekonomi UI.

Downloads

Published

2019-09-18

How to Cite

Rozi, V. F., & Anggraini, M. S. (2019). PENGARUH PENDIDIKAN DAN PELATIHAN TERHADAP KINERJA ASISTEN APOTEKER DI INSTALASI FARMASI RSUD Dr. M. YUNUS BENGKULU. Avicenna: Jurnal Ilmiah, 14(02), 1–5. https://doi.org/10.36085/avicenna.v14i02.385
Abstract viewed = 666 times