Hubungan Penerapan Patient Safety Terhadap Mutu Pelayanan Gizi Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin

Authors

  • Nova Muhani Universitas Malahayati
  • Dalfian Adnan TH Universitas Malahayati
  • Elitha M Utari Universitas Malahayati
  • Muhammad Ilham Rivaldi

DOI:

https://doi.org/10.36085/avicenna.v16i1.1568

Keywords:

Patient Safety, Quality of Service

Abstract

Mutu pelayanan kesehatan adalah derajat kesempurnaan pelayanan kesehatan yang sesuai dengan standar profesi dan standar pelayanan dengan menggunakan potensi sumber daya yang tersedia di rumah sakit atau puskesmas secara wajar, efisien dan efektif serta diberikan secara aman dan memuaskan sesuai norma, etika, hukum, dan sosial budaya dengan memperhatikan keterbatasan dan kemampuan pemerintah, serta masyarakat konsumen. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui hubungan penerapan patient safety (keselamatan pasien) terhadap mutu pelayanan gizi di ruangan Rawat Inap Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin Bandar Lampung Tahun 2021. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan menggunakan rancangan survey analitik dan pendekatan cross sectional dengan teknik accidental sampling. Sampel penelitian ini ada 105 responden. Analisis data menggunakan uji chi-square.

Author Biographies

Nova Muhani, Universitas Malahayati

Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati

Dalfian Adnan TH, Universitas Malahayati

Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati

Elitha M Utari, Universitas Malahayati

Fakultas Kedokteran Universitas Malahayati

References

Belinda, M. (2016). Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien. Tim Keselamatan Pasien RSUD Dr Saiful Anwar Malang. http://ppds.fk.ub.ac.id/wp-content/uploads/2016/10/Pelaporan-Insiden-Keselamatan-Pasien_18102016-ORDIK.pdf

Bustami, (2011). Penjaminan Mutu Pelayanan Kesehatan dan Akseptabilitasnya. Erlangga, Jakarta

Dalfian, dr. (2019). Faktor Dominan Kualitas Pelayanan Informasi terhadap Kepuasan Pasien Rawat Inap Rumah Sakit di Lampung Tengah Tahun 2019.

Dharma, S., & Rachmawati, E. (2016). Analisis Determinan Kejadian Nyaris Cedera dan Kejadian Tidak Diharapkan di Instalasi Gizi Rumah Sakit Anak dan Bunda Harapan Kita. 2(1), 58–67. http://ejournal.unmuha.ac.id/index.php/JKMA/article/view/551

Ditjen PKM, Departemen Kesehatan RI (2008). PMK No. 129 Tahun 2008 tentang Standar Pelayanan Minimal Rumah Sakit, Jakarta.

Ditjen PKM, Departemen Kesehatan RI (2013). PMK No. 78 Tahun 2013 tentang Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit, Jakarta.

Ditjen PKM, Departemen Kesehatan RI (2017). PMK No. 11 Tahun 2017 tentang Keselamatan Pasien, Jakarta.

Ditjen PKM, Departemen Kesehatan RI (2018). PMK No. 4 Tahun 2018 tentang Kewajiban Rumah Sakit dan Kewajiban Pasien, Jakarta.

Faluzi, A., Machmud, R., & Arif, Y. (2019). Analisis Penerapan Upaya Pencapaian Standar Sasaran Keselamatan Pasien Bagi Profesional Pemberi Asuhan Dalam Peningkatan Mutu Pelayanan di Rawat Inap RSUP Dr . M . Artikel Penelitian. 7(2007), 34–43.

Fandy Tj.&Gregorius. (2011). Service, Quality & Statisfacation, Penerbit Andi, Edisi 3, Yogyakarta.

Imbalo S. (2013). Jaminan Mutu Layanan Kesehatan, Dasar-Dasar Pengertian dan Penerapan, Penerbit Buku Kedokteran EGC, Jakarta.

Kemenkes RI. (2013). Pedoman Pelayanan Gizi Rumah Sakit. In Pedoman PGRS (pp. 1–165).

Kementerian Kesehatan RI. (2015). Pedoman Nasional Keselamatan Pasien Rumah Sakit Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. https://kupdf.net/queue/pedoman-nasional-keselamatan-pasien-rumah sakit_58d33835dc0d604f7ac346aa_pdf?queue_id=-1&x=1563164830&z=MTI1LjE2MS4xMDcuMjEx

Kemenkes RI. (2017). Manajemen Mutu Informasi Kesehatan I: Quality Assurance (pp. 1-171).

Kementerian Kesehatan RI. (2019). Klasifikasi dan Perizinan Rumah Sakit. 27(9), 3505–3515. http://dx.doi.org/10.1016/j.cej.2014.10.020%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.apcatb.2013.08.019%0Ahttp://dx.doi.org/10.1016/j.tsf.2016.12.015

Komite Keselamatan Pasien Rumah Sakit, (2011). Workshop Keselamatan Pasien dan Manajemen Risiko Klinis di Rumah Sakit, Jakarta.

Lestari, D. D. (2019). Keselamatan Pasien. 8–34. https://doi.org/10.31219/osf.io/zpgs9

Lia, N., & Gorda, A. A. N. E. S. (2018). Harapan Pasien, Kompetensi Pegawai, Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pasien. 15(3), 38–50.

Lupiyoadi, Hamdani. (2014). Manajemen Pemasaran Jasa, Jakarta. Salemba Empat.

Muninjaya, A.A Gede. (2014). Manajemen Mutu Layanan Kesehatan. Jakarta: Penerbit Buku Kedokteran EGC.

Muslichati, E. L. A. Z. (2015). Pengaruh kualitas layanan dan inovasi layananterhadap kepuasan konsumen pada rumah sakit buah hati di kabupaten kudus skripsi. http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/22077

Notoatmodjo, S. (2014). Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Rachmawati, Nunung & Harigustian, Yayang. (2019). Manajemen Patient Safety: Konsep & Aplikasi Patient Safety dalam Kesehatan. Pentingnya Manajemen Patient Safety. Bantul, Yogyakarta: PT.Pustaka Baru.

Rahmawati, E., & Siti Dharma, A. (2017). Gambaran Pelaporan KNC dan KTD Berdasarkan Faktor Manusia dan Organisasi/Manajemen di Instalasi Gizi Rumah Sakit. 2. https://journal.uhamka.ac.id/index.php/arkesmas/article/view/2495

Riandi, R., & Yuliawati, R. (2018). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan dengan Kepuasan Pasien Rawat Jalan di PUSKESMAS Wonorejo Samarinda Tahun 2018 Skripsi Diajukan Oleh Ronal Riandi.

Satrianegara, M. Fais dan Siti Saleha. 2009 .Buku Ajar Organisasi dan Manajemen Pelayanan Kesehatan Serta Kebidanan. Jakarta : Salemba Medika.

Sakinah, S., Wigati, P. A., & Arso, S. P. (2017). Analisis Sasaran Keselamatan Pasien Dilihat Dari Aspek Pelaksanaan Identifikasi Pasien Dan Keamanan Obat Di Rs Kepresidenan Rspad Gatot Soebroto Jakarta. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 5(4), 145–152.

Sulistiyanto, A. D., Handayani, O. W. K., & Rustiana, E. R. (2017). Peran Petugas Gizi Dalam Memberikan Pelayanan Asuhan Gizi Pada Pasien Rawat Inap. Unnes Journal of Public Health, 6(2), 75. https://doi.org/10.15294/ujph.v6i2.13776

Sumarni, S. (2017). Analisis Implementasi Patient Safety Terkait Peningkatan Mutu Pelayanan Kesehatan di Rumah Sakit. Jurnal Ners Dan Kebidanan Indonesia, 5(2), 91. https://doi.org/10.21927/jnki.2017.5(2).91-99

Syurandhari, D. H. (2016). Hubungan Patient Safety Dengan Mutu Pelayanan Di Ruang Rawat Inap Rsud Dr. Wahidin Sudiro Husodo Kota. Jurnal Hospital Majapahit, 8(2), 87–99.

World Health Organization. (2020). Patient Safety. (di akses 7 Desember 2020 di https://www.who.int/teams/integrated-health-services/patient-safety/about).

Yunus, R. (2019). Pedoman Dalam Kebijakan Keselamatan Pasien Di Rumah Sakit. https://osf.io/gewk5/download/?format=pdf

Downloads

Published

2021-06-14

How to Cite

Muhani, N., TH, D. A., Utari, E. M., & Rivaldi, M. I. (2021). Hubungan Penerapan Patient Safety Terhadap Mutu Pelayanan Gizi Pasien Rawat Inap Rumah Sakit Pertamina Bintang Amin. Avicenna: Jurnal Ilmiah, 16(1), 26–33. https://doi.org/10.36085/avicenna.v16i1.1568
Abstract viewed = 1422 times