HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU IBU DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KELAM TENGAH KABUPATEN KAUR

Authors

  • Agus Ramon Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nopia Wati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Eva Oktavidiati Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nadia Wulandari Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/avicenna.v16i1.1515

Keywords:

Diare, Pengetahuan, Perilaku

Abstract

Diare termasuk penyakit yang dapat menyebabkan penderitanya sering buang air besar, umumnya dengan tinja yang encer. Kajadian diare di Kabupaten Kaur dalam tiga tahun terakhir masih menjadi permasalahan kesehatan yang dihadapi Puskesmas Kelam Tengah, hal tersebut diduga berhubungan dengan kurangnya pengetahuan dan perilaku negatif masyarakat yang ada di wilayah kerja Puskesmas Kelam Tengah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan pengetahuan dan perilaku ibu dengan kejadian diare pada balita di wilayah kerja puskesmas Kelam Tengah Kabupaten Kaur. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini dilakukan pada bulan Mei 2020 di wilayah kerja Puskesmas Kelam Tengah. Populasi penelitian terdiri dari ibu rumah tangga yang memiliki balita sebanyak 368 orang. Jumlah sampel penelitian sebanyak 92 ibu yang memiliki balita dipilih menggunakan teknik simple random sampling. Analisis data dengan uji chi square. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara pengetahuan ibu (P value = 0.000) dan perilaku ibu (P value= 0.000) dengan kejadian diare pada balita di wilayah kerja Puskesmas Kelam Tengah.  Diharapkan petugas kesehatan yang berada di wilayah kerja puskesmas Kelam Tengah untuk dapat melakukan penyuluhan dan promosi kesehatan terkait dengan pencegahan penyakit Diare pada anak.

Author Biographies

Nopia Wati, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Kesehatan Masyarakat

Eva Oktavidiati, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Kesehatan masyarakat

Nadia Wulandari, Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Kesehatan Masyarakat

References

Arikunto, Suharsimi. 2013. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Azmi, dkk. 2018. Hubungan Sanitasi Lingkungan Dengan Kejadian Diare Pada Anakbalita Di Wilayah Kerja Puskesmasbambaira Kabupaten Pasangkayu. Jurnal Fakultas Kesehatan Masyarakatuniversitas Muhammadiyah Palu.

Azwar, Saifuddin. 2008. Reliabilitas dan Validitas. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2005. Buku Pedoman Penatalaksanaan Program P2 Diare. Jakarta: Ditjen PPM dan PL.

Departemen Kesehatan Republik Indonesia. 2011. Buku Saku Petugas Kesehatan Lintas Diare. Jakarta: Ditjen PPM dan PL.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kaur. 2019. Profil Kesehatan Kabupaten Kaur Tahun 2019. Kaur: Dinas Kesehatan Kabupaten Kaur.

Dinas Kesehatan Kabupaten Kaur. 2020. 10 Penyakit Dengan Kasus Tertinggi Di Kabupaten Kaur. Kaur: Dinas Kesehatan Kabupaten Kaur.

Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. 2013. Profil Kesehatan Provinsi Bengkulu. Bengkulu: Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.

Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. 2014. Profil Kesehatan Provinsi Bengkulu. Bengkulu: Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.

Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. 2015. Profil Kesehatan Provinsi Bengkulu. Bengkulu: Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.

Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. 2016. Profil Kesehatan Provinsi Bengkulu. Bengkulu: Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.

Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. 2017. Profil Kesehatan Provinsi Bengkulu. Bengkulu: Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. Dinkes Provinsi Bengkulu. 2016. Profil Kesehatan Provinsi Bengkulu. Bengkulu: Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.

Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. 2018. Profil Kesehatan Provinsi Bengkulu. Bengkulu: Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.

Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu. 2019. Profil Kesehatan Provinsi Bengkulu. Bengkulu: Dinas Kesehatan Provinsi Bengkulu.

Direktur Jendral Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit. 2018. Buku Saku Petugas Kesehatan Lintas Diare Lima Langkah Tuntaskan Diare. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Direktur Jendral Pencegahan Dan Pengendalian Penyakit. 2019. Rekapitulasi Kejadian Luar Biasa Diare Tahun 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan. 2018. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2017. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Kementerian Kesehatan. 2019. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Khasanah, Uswatun & Galuh Kartika Sari. 2016. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Diare Dengan Perilaku Pencegahan Diare Pada Balita. Jurnal Kesehatan “Samodra Ilmu†Vol. 07 No. 02.

Laksmi ,N.P.A., IGA Trisna Windiani., & I Nyoman Budi Hartawan. 2013. Hubungan Perilaku Ibu Terhadap Kejadian Diare Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Sukawati I Periode Bulan November Tahun 2013. Jurnal Kesehatan Universitas Udayana.

Lidiawati, Meli. 2016. Hubungan Sanitasi Lingkungan Dengan Angka Kejadian Diare Pada Balita Di Wilayah Kerja Puskesmas Meuraxa Tahun 2016. Serambi Saintia, Vol. IV, No. 2, Oktober 2016

Maulana, Luthfi Hidayat. 2017. Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Kejadian Diare Pada Balita Di Wilayah Puskesmas Winduaji Kabupaten Brebes Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Peradaban.

Ngastiyah. 2005. Perawatan Anak Sakit. Jakarta: EGC.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2011. Promosi Kesehatan dan Perilaku Kesehatan. Jakarta. Rineka Cipta.

Notoatmodjo, Soekidjo. 2012. Metodologi Penelitian Kuantitaf. Jakarta: Rineka Cipta.

Prita, Nimas., Agus Fitriangga., & Diana Natalia. 2014. Hubungan Antara Perilaku Ibu Dan Kejadian Diare Pada Bayi Di Wilayah Kerja Puskesmas Siantan Hilir. Jurnal Kesehatan Universitas Tanjungpura.

Puskesmas Kelam Tengah. 2020. Profil Kesehatan Puskesmas Kelam Tengah. Kaur. Puskesmas Kelam Tengah.

Rane, Silvia., Yusri Dianne Jurnalis., & Djusmaini Ismail. Hubungan Tingkat Pengetahuan Ibu Tentang Diare Dengan Kejadian Diare Akut pada Balita di Kelurahan Lubuk Buaya Wilayah Kerja Puskesmas Lubuk Buaya Padang. Jurnal Kesehatan Andalas, 2017 Volume 6, No 2.

Simadibrata, MK. 2006. Pendekatan Diagnostik Diare Kronik. Di dalam : Sudoyo Aru w et al, editor. Buku Ajar Ilmu Penyakit Dalam. Jilid I Edisi IV. Jakarta: Pusat Penerbitan Depertemen Ilmu Penyakit Dalam FK UI.

Downloads

Published

2021-06-14

How to Cite

Ramon, A., Wati, N., Oktavidiati, E., & Wulandari, N. (2021). HUBUNGAN PENGETAHUAN DAN PERILAKU IBU DENGAN KEJADIAN DIARE PADA BALITA DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KELAM TENGAH KABUPATEN KAUR. Avicenna: Jurnal Ilmiah, 16(1), 46–52. https://doi.org/10.36085/avicenna.v16i1.1515
Abstract viewed = 623 times