GAMBARAN KADAR HEMOGLOBIN PADA MAHASISWA DENGAN KEBIASAAN MENGKONSUMSI MI INSTAN DI POLTEKKES KEMENKES BENGKULU TAHUN 2020

Authors

  • Putri Widelia Welkriana Poltekkes Kemenkes Bengkulu
  • Heru Laksono Poltekkes Kemenkes Bengkulu
  • Afisran Suhadi Pratama Poltekkes Kemenkes Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/avicenna.v16i1.1508

Keywords:

Kata Kunci, Hemoglobin, Mi Instan

Abstract

Latar Belakang : Perubahan gaya hidup masyarakat masa kini turut mempengaruhi pola konsumsi dengan maraknya makanan instan karena mi dapat diproses dengan mudah, disajikan dengan praktis. Mi instan adalah makanan favorit dari semua kalangan masyarakat terutama bagi orang yang memiliki kesibukan yang sangat banyak dan bertumpuk-tumpuk seperti mahasiswa sehingga mereka tidak sempat untuk membuat ataupun membeli makanan yang sehat. Tujuan penelitian ini adalah Untuk diketahuinya gambaran kadar hemoglobin pada mahasiswa dengan kebiasaan mengkonsumsi mi instan berdasarkan karakteristik responden (Jenis Kelamin, Minum Teh, Merokok, dan Tidur Malam) di Jurusan Analis Kesehatan Poltekkes Kemenkes Bengkulu Tahun 2020.

Metode : Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan analisis data univariat. Sampel pada penelitian ini sebanyak 33 orang dengan menggunakan metode total populasi. Pemeriksaan dilakukan dengan menggunakan metode spektrofotometer.

Hasil : Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Kadar hemoglobin pada mahasiswa dengan kebiasaan mengkonsumsi mi instan berdasarkan karakteristik responden (jenis kelamin, minum teh, kebiasaan merokok, kebiasaan tidur malam),didapatkan Kadar Hemoglobin berdasarkan jenis kelamin hampir sebagian responden perempuan memiliki  kadar hemoglobin tidak normal 30,3%, sedangkan sebagian kecil  kadar hemoglobin responden laki-laki dalam kategori normal (12,1%), berdasarkan kebiasaan minum teh hampir sebagian memiliki kadar hemoglobin tidak normal yaitu  (15,1%). Sedangkan responden yang minum teh kadang-kadang sebagian kecil memiliki kadar hemoglobin tidak normal (15,1%), berdasarkan kebiasaan merokok didapatkan sebagian kecil responden yang merokok memiliki kadar hemoglobin normal  (9,1%) dan hampir sebagian responden yang tidak merokok memiliki kadar hemoglobin tdiak normal normal (30,3%), berdasarkan kebiasaan tidur malam sebagian kecil responden laki-laki yang sering tidur malam memiliki kadar hemoglobin normal (25%). dan sebagian kecil responden perempuan memiliki kadar hemoglobin tidak normal (25%).

Kesimpulan :  sebagian besar responden memiliki kadar hemoglobin  normal.

Author Biographies

Putri Widelia Welkriana, Poltekkes Kemenkes Bengkulu

Analis Kesehatan

Heru Laksono, Poltekkes Kemenkes Bengkulu

Analis Kesehatan

Afisran Suhadi Pratama, Poltekkes Kemenkes Bengkulu

Analis Kesehatan

References

Gunadi. (2016). Gambaran Kadar Hemoglobin Pada Pekerja Bangunan. 4, 2–7.

Jannah, S. & F. (2019). Posisi Label Halal Dalam Keputusan Konsumen Pada Pembelian Mie Instan Di Segmen Remaja. 3(2016), 128–133.

Lubis, T. M. (2016). Pengaruh Pemberian Ekstrak Teh Hijau (Camelia Sinensis) Terhadap Penurunan Kadar Hemoglobin Dan Nilai Hematokrit Pada Tikus Wistar (Rattus Norvegicus). 141–143.

Mantika, A. I. (2014). Hubungan Asupan Energi, Protein, Zat Besi Dan Aktivitas Fisik Dengan Kadar Hemoglobin Tenaga Kerja Wanita Di Pabrik Pengolahan Rambut Pt. Won Jin Indonesia. 1–38.

Marlenywati, R. (2015). Perilaku Konsumsi Mie Instan Mahasiswa Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Dan Jurusan Gizi Poltekkes Kemenkes Pontianak. Jurnal Vokasi Kesehatan, Volume I Nomor 6 Nopember 2015, Hlm. 188 - 194.

Ningsih. (2017). Hubungan Pengetahuan Dan Frekuensi Konsumsi Makanan Berisiko (Mie Instan) Dengan Kejadian Gastritis Di Kelurahan Kampung Baqa Wilayah Kerja Puskesmas Kampung Baqa Samarinda Seberang.

Nugrahani, I. (2014). Perbedaan Kadar Hemoglobin Sebelum Dan Sesudah Menstruasi Pada Mahasiswa Diii Keperawatan Universitas Muhamadiyah Surakarta.

Sarjono, L. (2016). Perbedaan Kadar Hemoglobin Pada Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Sam Ratulangi Berdasarkan Kualitas Tidur. 4, 5–8.

Wibowo, D. V. (2017). Hubungan Merokok Dengan Kadar Hemoglobin Dan Trombosit Pada Perokok Dewasa. 5.

Widyaji. (2017). Hubungan Pengeluaran Rumah Tangga , Asupan Protein , Dan Asupan Zat Besi Dengan Kadar Hemoglobin Pada Pekerja Tambang Pasir Tradisional. 220–226.

Downloads

Published

2021-06-14

How to Cite

Welkriana, P. W., Laksono, H., & Pratama, A. S. (2021). GAMBARAN KADAR HEMOGLOBIN PADA MAHASISWA DENGAN KEBIASAAN MENGKONSUMSI MI INSTAN DI POLTEKKES KEMENKES BENGKULU TAHUN 2020. Avicenna: Jurnal Ilmiah, 16(1), 1–7. https://doi.org/10.36085/avicenna.v16i1.1508
Abstract viewed = 1094 times