Peningkatan Mutu Penyelenggara Pendidikan Melalui Forum Pemangku Kepentingan Daerah Program Sekolah Penggerak

Authors

  • Tomi Hidayat Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Irwandi Irwandi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Nopriyeni Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rusdi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/sa.v1i2.3606

Abstract

Tujuan dari pengabdian ini sesuai dengan tujuan forum pemangku kepentingan daerah program sekolah penggerak, yaitu peningkatan mutu penyelenggaraan pendidikan yang dapat dilakukan oleh pemangku kepentingan di masing-masing satuan pendidikan. Seluruh pemangku kepentingan merefleksikan capaian kemajuan pendidikan di daerahnya sekali dalam satu semester. Setiap pemangku kepentingan memiliki rencana dan komitmen tindak lanjut untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerahnya. Masalah yang dihadapi oleh para penyelenggara pendidikan di daerah khususnya di Kabupaten Bengkulu Selatan dan Rejang Lebong yang terkait dengan merancang dan menerapkan refleksi atau umpan balik serta interaksi dan berkolaborasi yang masih kurang. Program kegiatan forum pemangku kepentingan daerah ini dilakukan atas beberapa tahapan yaitu 1) Berbagi Praktik Baik; 2) Mimpi Bersama; 3) Diskusi Kelompok; 4) Strategi dan Rencana Tindak Lanjut Kelompok; 5) Komitmen Individu; 6) Refleksi. Hasil kegiatan ini yaitu: 1) Pemangku kepentingan mampu merefleksikan capaian kemajuan pendidikan di daerahnya pada akhir semester; 2) Pemangku kepentingan memiliki rencana dan komitmen tindak lanjut untuk meningkatkan kualitas pendidikan di daerahnya; 3) Pemangku kepentingan adalah pemangku kepentingan dengan berbagai peran dapat saling berinteraksi dan berkolaborasi

 

Kata Kunci : Pemangku Kepentingan, Refleksi, Mimpi bersama, Kolaborasi,  Sekolah Penggerak

Downloads

Published

2022-07-25

How to Cite

Hidayat, T. ., Irwandi, I., Nopriyeni, & Rusdi. (2022). Peningkatan Mutu Penyelenggara Pendidikan Melalui Forum Pemangku Kepentingan Daerah Program Sekolah Penggerak. Setawar Abdimas, 1(2), 37–44. https://doi.org/10.36085/sa.v1i2.3606

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 164 times