PENERAPAN BIMBINGAN BELAJAR DAN PENTINGNYA BAHASA INGGRIS PADA SISWA SD NEGERI 12 TANJUNG MULIA

Penulis

  • Gina Rahmadani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Waslurachim Safitri Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jimakukerta.v2i2.2524

Abstrak

Bimbingan belajar atau bimbel sangatlah dianjurkan pada anak. Selain membantu proses belajar dengan baik juga membantu mendapatkan tambahan ilmu yang belum pernah mereka pelajari sebelumnya. Seperti bimbingan belajar  atau bimbel yang terjadi di SD Negeri 12 Kelurahan Tanjung Mulia ini, dimana siswa yang cenderung tidak menyukai atau tertarik pada bahasa inggris. Namun dengan mengikuti bimbingan belajar atau bimbel serta edukasi akan pentingnya bahasa inggris bagi mereka yang dilaksankan oleh salah satu mahasiswa KKN sebagai program kegiatan dalam bidang keilmuan membuat anak atau siswa lebih bisa mencerna materi dengan baik melalui proses pembelajaran yang menyenangkan dan tidak terlihat kaku serta teknik pengajaran yang memang memfokuskan siswa untuk belajar bahasa inggris. Selain itu, menerapkan teknolohi dalam pembelajaran akan lebih efektif dan mudah dalam menyampaikan materi. Seperti Power Point atau tayangan video dari youtube bisa membuat perhatian anak tertuju pada pelajaran.  Perkembangan yang terlihat sangat signifikan hanya dalam jangka waktu satu bulan pelaksanaan bimbingan belajar tersebut. Penulisan serta penyebutan kata dan kalimat bahasa inggris yang diajarkan pada siswa memiliki hasil yang memuaskan dimana siswa bisa mempelajari materi dengan baik.

Kata Kunci: siswa, bimbingan belajar, materi

Referensi

Djumhur dan Surya, Moh. 1975.Bimbingan dan Penyuluhan Disekolah. Bandung: Ilmu.

Mulyadi. 2008. Diagnosis Kesulitan Belajar Dan Bimbingan Terhadap kesulitan Belajar Khusus. Yogjakarta: Nuha Litera.

Sukardi, Dewa Ketut.1996. Bimbingan dan Konseling di Sekolah.Tabanan: PT. Rineka Cipta.

Retno, R., & Mujiburrahman. (2017). Efektivitas Bimbingan Belajar Untuk Meningkatkan Kemandirian Dalam Menyelesaikan Tugas-Tugas Belajar Pada Siswa. Jurnal Realita, 2(2), 1–77.

Diterbitkan

2022-10-06

Terbitan

Bagian

Edisi Mei Vol 2 No 2 2022
Abstrak viewed = 100 times