ASOSIASI ANTARSPESIES DAN STRUKTUR VEGETASI TINGKAT POHON PADA HABITAT BUNGA BANGKAI (Amorphophallus titanum Becc.) DI HUTAN PENDIDIKAN DAN PELATIHAN UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU

Authors

  • Pariyanto Pariyanto Unversitas Muhamamdiyah Bengkulu
  • Tomi Hidayat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui asosiasi antarspesies tumbuhan tingkat pohon pada habitat bunga bangkai (Amorphophallus tritanum Becc), mengetahui asosiasi multispesies mengetahui komunitas tumbuhan tingkat pohon, mengetahui struktur dan komposisi pohon, mengetahui indeks keragaman jenis (id) tumbuhan tingkat pohon, serta mengetahui faktor abiotik yang mempengaruhi pertumbuhan bunga Amorphophallus titanum Becc di hutan Pendidikan dan Pelatihan Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Pengambilan data vegetasi dilakukan menggunakan metode purposive sampling dengan  meletakkan Plot pada setiap titik pusat bunga yang ditemukan dengan ukuran 10 x 10 meter dengan jumlah plot sebanyak 13 plot, tiap plot diambil tumbuhan tingkat pohon yang memiliki diameter diatas 10 cm. Sedangklan Analisis yang digunakan dalam penelitian ini dengan Analisis Asosiasi, Analisis Indek Nilai Penting, Analisis Indeks Keragaman Jenis dan Analisis Deskripsi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan di hutan Pendidikan dan Pelatihan Universitas Muhammadiyah pada areal sampel 0,13 ha diperoleh sebanyak 74 Individu yang tergolong kedalam 27 jenis pohon dan kedalam 15 famili, Indeks Nilai Penting tertinggi terdapat pada Nuclea Peduncularis dengan INP 21,19% dan Nilai Penting tertinggi terendah terdapat pada Krema globularis  yaitu INP 7,59%. Indeks keragaman jenis pada tiap tingkatan mempunyai nilai indeks keragaman 1,384. Asosiasi antarspecies yang dilakukan pada 27 species dengan 324 pasang spesies didapatkan 74 pasang bertipe asosiasi negative  karena karena nilai a < E(a), 50 pasang species asosiasi positif nilai a > E (a), dan 13 pasang species asosiasi netral netral karena nilai a = E(a). terdapat 1 pasang species berasosiasi positif yang mempunyai nilai chi square tertinggi yaitu pasangan GP atau species Cinnamomum partenoxylon dengan Syzygium aquea mempunyai nilai chi square tertinggi yaitu 10,75. Terdapat asosiasi multispecies dimana nilai W hitung = 9,92 berada pada kisaran batas penerimaan hipotesis nol pada tarap 90% (W tabel 10,851 > W <31,410) berarti secara umum terdapat asosiasi multispecies yang nyata.Faktor Ekologi diperoleh dilapangan mencakup kelembaban siang hari 56%, Suhu Udara 28oC, suhu tanah 20oC, topografi berbukit dengan ketinggian 650-710 m dpl.

Author Biography

Pariyanto Pariyanto, Unversitas Muhamamdiyah Bengkulu

Pendidikan Biologi

References

Arief, Arifin 1994. Hutan, Hakekat Dan Pengaruhnya Terhadap ingkungan. Yayasan Obor Indonesia. Jakarta

Arief A. 2001. Hutan Dan Kehutanan. Kanisus. Yogyakarta

Facrul, M. (2006). Metode Sampling Bioteknologi. Jakarta: Bumi Askara.

Fitriana, 2011. Distribusi dan Asosiasi Antarspesies Tumbuhan Yang Terdapat Di kawasan Hutan Kemumu Kabpupaten Bengkulu Utara. Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu. (Tidak dipublikasikan).

Indrianto. (2008). Pengantar Budi Daya Hutan. Bandar Lampung: Bumi Askara.

Kurniawan A. 2008. Asosiasi jenis-jenis Pohon Dominan di Hutan Dataran Rendah. LIPI. Tabanan Diakses dari :

http://biodiversitas:mipa.uns.ac.id/D/D0903.pdf pada tanggal : 3 februari 2011

Masona. (2011). Analisis Vegetasi Hutan di Hutan Pegunungan Tambang Desa Sukamenang Kecamatan Karang Jaya Kabupaten Musi Rawas. Skripsi Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Marliana. 2009. Asosiasi Antar Spesies Tumbuhan Pada Hutan Mangrove Pulai Baii. Skripsi Fkip UMB. Bengkulu (Tidak Dipublikasikan)

Oktarina E. 2009. Struktur dan Komposisi Tumbuhan di Hutan Taman Wisata Palak Siring Kemumu. Skripsi Fkip UMB. (Tidak Dipublikasikan)

Pariyanto, 2002. Struktur Dan Komposisi Pohon Di Sekitar cagar Alam Taba Penanjung I Propinsi Bengkulu. Skripsi Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkulu. (Tidak dipublikasikan).

Santoso, 1999. Asosiasi Antarspesies Dan Struktur Vegetasi Pada Habitat Bunga Rafflesia anoldii.R.Br di Propinsi Bengkulu.

Siahaan H. 1998. Analisa Vegetasi Hutan Mangrove Pulai Baii Bengkulu. Skripsi UNIB (Tidak Dipublikasikan)

Soegianto A. 1994. Ekologi Kuantitatif. Usaha Nasional. Surabaya.

Soerianegara dan Indrawan 1978. Ekologi Hutan. Depatemen Manajement Hutan. Fakultas Kehutanan. Institut Pertanian Bogor.

Stenly. 2015. Struktur Dan Komposisi Vegetasi Pohon Di Stasiun Penelitian Hutan Bron Desa Warembungan Kabupaten Minahasa. Universitas Sam Ratulangi. Manado

Supriadi. 1998. Analisis Komposisi Dan Distribusi Vegetasi Mangrove Muara Sungai Air Jenggalu Desa Kandang Kota Bengkulu. Skripsi unib (Tidak dipublikasikan)

Sutarno. 1997. Latihan Mengenal Pohon Hutan Kunci Identifikasi dan Fakta Jenis. Yayasan Prosea Indonesia. Bogor

Downloads

Published

2022-03-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 59 times