PERBEDAAN HASIL BELAJAR KOGNITIF DENGAN MODEL PEMBELAJARAN ADDIE STRATEGI HOLISTIC LEARNING BERBASIS LESSON STUDY DAN MODEL ADDIE DI SMA N 7 REJANG LEBONG

Authors

  • Lely Yenita Asmara SMAN 7 Rejang Lebong

DOI:

https://doi.org/10.36085/bioeduscientific.v2i1.1480

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Perbedaan hasil belajar kognitif dengan model pembelajaran ADDIE strategi holistic learning berbasis lesson study dan model ADDIE di SMA N 7 Rejang Lebong, jenis  penelitian yang digunakan adalah Quasi Eksprimen. Sampel penelitian siswa SMA N 7 Rejang Lebong kelas  X IPA1, X IPA2, dan X IPS2  yang berjumlah 91 orang, dengan pembagian perlakuan terdiri dari dua kelas eksprimen dan satu kelas kontrol.  Desain  pada penelitian ini adalah pretest dan posttest (Non equivalent). Teknik pengumpulan data hasil belajar kognitif menggunakan soal pilihan ganda pretest dan posttest. Data dianalisis menggunakan uji Anova satu arah (One Way Anova). Hasil analisis data penelitian menunjukkan bahwa ada perbedaan yang signifikan dari penerapan model ADDIE strategi holistic learning berbasis lesson study dan model ADDIE terhadap hasil belajar kognitif siswa di SMA N 7 Rejang Lebong, pembelajaran dengan menggunakan model  ADDIE strategi holistic learning berbasis lesson study lebih baik dalam meningkatkan kemampuan  hasil  belajar kognitif dengan perbedaan rata-rata: hasil belajar kognitif model ADDIE holistic learning berbasis lesson study 77,419, hasil belajar model ADDIE 71.00, hasil belajar kelas Konvensional 74,835. Perbandingan hasil analisis tersebut  menunjukkan bahwa penerapan model ADDIE strategi holistic learning berbasis lesson study memberikan hasil belajar kognitif lebih baik dibandingkan model ADDIE dan model konvensional, disarankan agar model pembelajaran ADDIE strategi holistic learning berbasis lesson study dapat diterapkan di lingkungan pendidikan lainnya.

Author Biography

Lely Yenita Asmara, SMAN 7 Rejang Lebong

SMAN 7 Rejang Lebong

References

Ainun, J. 2017.Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Komik Pada Materi Proses Pembekuan Darah Kelas XI MA Madani Pao-pao Gowa. Jurnal Pendidikan Biologi UIN. Vol. 13, No. 1.

Aldoobie, N. 2015. ADDIE Model. American International Journal of Contemporary Research. Vol. 5, No. 6, Print ISSN 2162-139X, Online 2162-142X. Center for Promoting Ideas. USA.

Attamimi, M. A. Umarella, S. 2019. Implementation of the Theory Multiple Intelegence In Improve Competence of Learners on The Subjects of Islamic Religious Education In SMP Negeri 14 Ambon. Jurnal Pendidikan. Vol. 4, No.1.

Branch, R. M. 2009. Instructional Design: The ADDIE Approach. New York. Springer Science & Business Media.

Cerbin, B & Kopp, B. 2006. Lesson Study as a Model for Building Pedagogical Knowledge and Improving Teaching. International Journal ofTeaching and Learning in Higher Education.Vol. 18, No. 3, p. 250-257. ISSN 1812-9129. http://www. isetl.org/ijthle/ [ 23 September 2020].

Dewi, L. 2018. Learning Design Using ADDIE Approach to Improve Student's Critical Thinking Skills in Becoming Ethical Libraries. Edulib P-ISSN : 2089-6549. E-ISSN :2582-2182. Vol. 8, No. 1.

Didartita, D. dan Irwandi. 2019. Pengaruh Gaya Belajar Pada Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Siswa SMP Negeri 38 Seluma. Seminar Nasional Sains & Entrepreneurship. Vol.1, No 1.

Dindin, A. 2012. Lesson Studi Sebagai Inovasi Untuk Peningkatan Mutu Pendidikan. Direktori File UPI.

Gardner, Howard. 1996. Intelegence Multiple Perspectives. USA: Thompson Learning.

_______, Howard. 2003. Multiple Intelegence (Kecerdasan Majemuk) Teori dan Praktek. Jakarta.Interaksa.

Haryanto, N. R. 2010. Strategi Pembelajaran Holistik Di Sekolah. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Hasanuddin, K.N. 2013. Pengaruh Pembelajaran Reading, Questioning and Answering Dipadu Think Pair Share Berbasis Lesson Study Terhadap Keterampilan Metakognisi dan Hasil Belajar Kognitif Mahasiswa Pada Mata Kuliah Anatomi Tumbuhan. Desertasi. Malang. Universitas Negeri Malang.

Khadjooi, K. Rostami, K. Ishak,S. 2011. How to Use Gagne's Model of Instructional Design in Teaching Psikmotor Skills. Gastroenterol Hepatol Bed Bench. 4 (3):116-119.

Lewis, C. & Perry, R. 2009. Profesional Development Through Lesson Study: Progress and Challenges In The U.S. Mills Collage, Oakland, California. Tsukuba Journal of Educational Study in Mathematichs. Vol. 25, Hal 89-106.

Loisa, J. 2016. Penyusunan Kurikulum Sebagai Salah Satu Implementasi Manajemen Pengetahuan di Lembaga Pendidikan Tinggi. Kalbiscientia: Jurnal Sains Dan Teknologi.

Lukitasari, M,. Hasan, R, Handika, et al. 2018. Content validity study: instrument development to measure professional learning communities through lesson study. International Conference on Mathematics and Science Education of Universitas Pendidikan Indonesia.Vol. 3. Hal 75-78.

Machmud, H. 2014. Urgensi Pendidikan Moral Dalam Membentuk Kepribadian Anak. Al- Ta’dib.

Masruroh, A. Ibrohim, Susilo, H. 2019. Pengembangan Pembelajaran Sains Berbasis Inquiry Terintegrasi Nature of Science (NoS) dan Pengaruhnya Terhadap Penguasaan Konsep. Jurnal Pendidikan. Vol. 4, No.4, Hal 462-467.

McGarry, K., Garfield, S., Morris, N. 2006. Recent trends in knowledge and data integration for the life sciences. Expert Systems.

Melda, E,. Kashardi dan Hidayat, T. 2019. Kemampuan Kognitif Belajar Siswa Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Inquiry dan Project Based Learning SMPN 5 Seluma. Jurnal Prosiding Seminar Nasional Sains dan Enterpreneurship VI tahun 2019. ISBN : 978-602-99975-3-8. Prodi Pendidikan Biologi, Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Bengkulu.

Mitasari, Z. & Prasetiyo, N. A. 2016. Penerapan Metode Diskusi-Presentasi Dipadu Analisis Kritis Artikel Melalui Lesson Study Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep, Kemampuan Berfikir Kritis. dan Komunikasi. Jurnal BIOEDUKATIKA. Vol. 4, No. 1. Tahun 2016. ISSN:2338-6670. Hal 11-14.

Muruganantham. G. 2015. Developing of E-Content Package By Using ADDIE Model. International Journal of Applied Research. ISSN Print 2394-7500. ISSN Online 2394-5869. Department of Education Annamalai University, India.

Noffke, S., Somekh, B., Lewis, C., et al. 2014. Lesson Study as Action Research. In The SAGE Handbook of Educational Action Research.

Nursafitri, L. 2015. Peningkatan Kualitas Pembelajaran Melalui Lesson Study. Portal Garuda.

Pantiwati, Y. 2015. Pemanfaatan Lingkungan Sekolah sebagai Sumber Belajar dalam Lesson Study untuk Meningkatkan Metakognitif. Jurnal BIOEDUKATIKA.

Permendikbud RI No 64 Tahun 2014 Tentang Lintas Minat

Permendikbud RI No. 20. 2016. Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah. Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2016.

Rahmadani, W., Harahap, F., Gultom, T. 2017. Analisis Faktor Kesulitan Belajar Biologi Siswa Materi Biotekhnologi di SMA Negeri Se-kota Medan. Jurnal Pendidikan Biologi, Vol. 6, No, 2.

Riafadillah, A. dan Dewi, L. 2018. Evaluasi Terhadap Imlementasi Minat Dalam Kelompok Peminatan di SMA/MA Kecamatan Lembang Jurnal Penelitian dan Ilmu Pendidikan. Vol. II, No. 2.

Rijal, S dan Bachtiar, S. 2015. Hubungan antara Sikap Kemandirian Belajar, dan Gaya Belajar dengan Hasil Belajar Kognitif Siswa. JURNAL BIOEDUKATIKA.Vol 3 No. 2, ISSN:2338-6630. Hal 15-20.

Soenarto, S. 2011. Pengaruh Startegi Pembelajaran dan Cara Befikir Terhadap Hasil Belajar Fisika. Prosiding Seminar Nasional Penelitian, Pendidikan, dan Penerapan MIPA. UNY

Wisada, P.D., Sudarma,I.K., Yuda. 2019. Pengembangan Media Video Pembelajaran Berorientasi Pendidikan Karakter. Jurnal of EducationTechnology.Vol 3 (3)pp. 140-146.

Yendrita, Syafitri, Y. 2019. Pengaruh Penggunaan Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Biologi. Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains BIOEDUSAINS. Vol, 2. No. 1.

Young. S. H. 2010. Holistic Learning How to Study Better Understanding More and Actually Get What You Want to Learn. http://www.scotthyoung.com/blog/Programs/Holistic Learning Ebook,pdf. Akses tgl 20 Nopember 2019.

Downloads

Published

2021-03-24

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 543 times