https://jurnal.umb.ac.id/index.php/kependidikan/issue/feedKependidikan2025-07-25T11:05:49+08:00Open Journal SystemsJurnal FKIP Universitas Muhammadiyah Bengkuluhttps://jurnal.umb.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/8774PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN MURDER TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMAN 9 BENGKULU SELATAN2025-07-25T11:03:23+08:00Nasralnasralbkl16@gmail.comSaparudin Saronisaparudin@umb.ac.idMonica Fransiscamonica@gmail.com<p class="p1">Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran MURDER (Mood, Understand, Recall, Digest, Expand, Review) terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMAN 9 Bengkulu Selatan. Model MURDER merupakan strategi pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk meningkatkan pemahaman dan retensi materi melalui tahapan yang sistematis dan interaktif. Metode penelitian yang digunakan adalah quasi eksperimen dengan desain <em>pretest-posttest control group</em>. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMAN 9 Bengkulu Selatan, dengan sampel dua kelas yang dipilih secara purposive. Kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran MURDER, sedangkan kelas kontrol menggunakan pembelajaran konvensional. Instrumen yang digunakan berupa tes hasil belajar. Analisis data dilakukan dengan uji-t untuk melihat perbedaan hasil belajar antara kedua kelompok. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar siswa yang mengikuti model pembelajaran MURDER dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model pembelajaran MURDER berpengaruh positif terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini merekomendasikan penerapan model MURDER sebagai alternatif strategi pembelajaran yang efektif di sekolah.</p> <p class="p1"><strong>Kata kunci:</strong> <em>model pembelajaran MURDER, hasil belajar, siswa SMA, strategi kooperatif</em></p>2025-07-25T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 Kependidikanhttps://jurnal.umb.ac.id/index.php/kependidikan/article/view/8773THE ENGLISH STUDENTS’ ABILITIES IN SPEAKING THROUGH PjBL2025-07-25T11:00:10+08:00Epi Wadisonepiwadison@umb.ac.id<p class="p1">This research investigates the speaking abilities of fourth-semester students of the English Education Study Program at Universitas Muhammadiyah Bengkulu through the implementation of Project-Based Learning (PjBL). The study involved 20 participants. A descriptive qualitative method was employed to analyze students’ speaking development andtheir responses toward the PjBL approach. Data were gathered through observation, speaking performance assessment, and interviews. The findings revealed significant improvement in students’ fluency, vocabulary mastery, and speaking confidence. Furthermore, students showed high engagement when working on local culture-themed projects. It is concluded that PjBL is an effective pedagogical model to enhance speaking skills in EFL contexts.</p> <p class="p1"><strong>Keywords</strong>: <em>Speaking Ability, Project-Based Learning, English Education, EFL Students</em></p>2025-07-25T00:00:00+08:00Copyright (c) 2025 Kependidikan