PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PROBLEM BASED LEARNING) UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR BIOLOGI DI SMP NEGERI 22 BENGKULU UTARA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dan mengetahui hasil belajar siswa pada pembelajaran Biologi siswa kelas VIII.B SMP Negeri 22 Bengkulu Utara. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi berguna untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa pada proses belajar mengajar, sedangkan lembar tes bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa. Pada siklus I diketahui dari lembar observasi aktivitas guru memperoleh nilai rata-rata 27 dengan kategori cukup dan observasi siswa memperoleh nilai rata-rata 21,5 dan dikategorikan kurang. Pada siklus II untuk observasi guru memperoleh nilai rata-rata 32 dan nilai rata-rata observasi aktivitas siswa 30 dan
keduanya termasuk kategori baik. Hasil belajar siswa pada siklus I rata-rata 75,75 dan ketuntasan belajar 75,75 % (belum tuntas ) sedangkan hasil belajar pada siklus II rata-rata 78,8 dan untuk ketuntasan belajar pada siklus II adalah 88,23 % (tuntas ). Peningkatan aktivitas guru dan siswa pada siklus II menunjukan bahwa model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar biologi siswa kelas VIII B SMP Negeri 22 Bengkulu Utara.
Kata kunci : Pembelajaran Berbasis Masalah (PBL), Aktivitas Guru dan Siswa, Hasil Belajar.