PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA POWER POINT TERHADAP MINAT DAN HASIL BELAJAR KIMIA SISWA DI SMA IDHATA KOTA BENGKULU

Authors

  • Rukiah Rukiah
  • Yuliza Yuliza

Abstract

Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Numbered Head Together (NHT) dengan menggunakan media Power Point terhadap minat dan hasil belajar kimia siswa di SMA Idhata Kota Bengkulu. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Dengan menggunakan rancangan penelitian Non-Randomized control-group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian ini siswa dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok eskperimen dan kelompok kontrol. Adapun teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis dalam penelitian ini adalah menggunakan uji-t. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh minat dan hasil belajar biologi siswa pada materi larutan asam dan basa antara model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) dengan menggunkan media Power Point dan pembelajaran konvensional. Minat belajar siswa kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, nilai rata - rata minat belajar siswa kelas eksperimen adalah 81,06 sedangkan pada kelas kontrol adalah 57,78. Sedangkan hasil belajar siswa pada kelas eksperimen lebih tinggi dari kelas kontrol, nilai rata-rata pada kelas eksperimen adalah 78,15 dan kelas kontrol adalah 69,07. Berdasarkan
hipotesis dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Numbered Head Together (NHT) dengan menggunakan media Power Point pada kelas eksperimen secara signifikan berpengaruh terhadap minat dan hasil belajar kimia siswa di SMA Idhata Kota Bengkulu.
Kata Kunci: NHT, Power Point , Minat,Hasil Belajar

Downloads

Published

2020-02-06

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 221 times