PENDIDIKAN KARAKTER DAN REPOSISI SOSIAL: MENILAI DAMPAK PADA PERKEMBANGAN KARAKTER PASCA PERPISAHAN

Authors

  • Yunita Ayu Noviyanti Universitas Pendidikan Indonesia
  • Mirna Nur Alia Abdullah Universitas Pendidikan Indonesia
  • Muhammad Retsa Rizaldi Mujayapura Universitas Pendidikan Indonesia

Abstract

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak pendidikan karakter dan reposisi sosial terhadap perkembangan karakter anak pasca perceraian orang tua. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui studi literatur dan wawancara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perceraian orang tua berdampak signifikan pada aspek emosional, sosial, dan akademik anak. Anak yang mengalami perceraian cenderung menghadapi kesulitan dalam mengelola emosi, membangun hubungan sosial, dan mempertahankan motivasi belajar. Namun, pendidikan karakter yang terstruktur dapat membantu anak membangun ketangguhan emosional, memperkuat identitas diri, serta meningkatkan kemampuan adaptasi terhadap perubahan struktur keluarga. Selain itu, reposisi sosial menjadi proses penting dalam membantu anak menyesuaikan diri dengan peran dan lingkungan sosial yang baru. Dukungan keluarga, lingkungan sekolah, dan program pendidikan karakter menjadi faktor kunci dalam meminimalkan dampak negatif perceraian serta mendorong perkembangan karakter anak secara optimal. Simpulan penelitian menegaskan pentingnya integrasi pendidikan karakter dan reposisi sosial dalam pendampingan anak pasca perceraian agar tumbuh menjadi individu yang tangguh, adaptif, dan berkarakter baik.

 

Kata Kunci: pendidikan karakter, reposisi sosial, perkembangan karakter, perceraian orang tua

Downloads

Published

2025-04-23
Abstract viewed = 0 times