Upaya meningkatkan rasa nasionalisme melalui kegiatan ekstrakurikuler paskibra pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Bengkulu Utara

Upaya meningkatkan rasa nasionalisme melalui kegiatan ekstrakurikuler paskibra pada siswa kelas X SMA Negeri 4 Bengkulu Utara

Authors

  • Helina Yulita Sari Helina Universitas muhammadiyah bengkulu
  • Elfahmi Lubis Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

ABSTRAK 

Penelitian ini membahas tentang upaya meningkatkan rasa nasionalisme melalui kegiatan ekstrakurikuler paskibra pada siswa kelas X di SMA Neheri 4 Bengkulu Utara. Tujuan dari skripsi ini untuk mengetahui bagaimana bentuk kegiatan ekstrakurikuler Paskibra dalam meningkatkan rasa nasionalisme siswa kelas X di SMA Negeri 4 Bengkulu Utara. Selain itu, skripsi ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi dalam kegiatan ekstrakurikuler Paskibra yang dapat membentuk karakter siswa dan menanamkan sikap tegas pada mereka dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam meningkatkan rasa nasionalisme pada siswa kelas X dengan melalui kegiatan ekstsrakurikuler paskibra . Dalam konteks ini, keberadaan kegiatan ekstrakurikuler Paskibra tidak hanya berperan positif dalam membangun sikap disiplin, tetapi juga nasionalisme, yang sejalan dengan tujuan pendidikan nasional untuk membentuk siswa yang memiliki rasa cinta pada tanah air dan bangsa. Oleh karena itu, skripsi ini memiliki tujuan yang penting dalam meningkatkan pemahaman tentang pentingnya kegiatan ekstrakurikuler Paskibra dalam membentuk rasa nasionalisme siswa SMA kelas X.

Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kegiatan ekstrakurikuler Paskibra yakni Latihan Peraturan baris – berbaris ( PBB ), Latihan kepemimpinan, Latihan fisik dan mental, Latihan tata cara upacara bendera, Menghafal UUD 1945 dan Pancasila lalu menyanyikan lagu – lagu kebangsaan. Serta upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam meningkatkan rasa nasionalisme pada siswa yaitu 1) Memberikan dorongan, memotivasi  siswa. 2) Memberikan penjelasan yang memadai tentang pentingnya rasa nasionalisme. 3)Menerapkan nilai – nilai kebangsaan siswa. 4) Mengintegrasikan aspek-aspek nasionalisme seperti cinta tanah air dan rela berkorban dalam setiap pelaksanaan program kegiatannya. 5) Meningkatkan kedisipilan siswa. 6)Mendemostrasikan kepada siswa kelas X yang baru mengikuti paABSTRAK
Penelitian ini membahas tentang upaya meningkatkan rasa nasionalisme melalui kegiatan ekstrakurikuler paskibra pada siswa kelas X di SMA Neheri 4 Bengkulu Utara. Tujuan dari skripsi ini untuk mengetahui bagaimana bentuk kegiatan ekstrakurikuler Paskibra dalam meningkatkan rasa nasionalisme siswa kelas X di SMA Negeri 4 Bengkulu Utara. Selain itu, skripsi ini juga bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi dalam kegiatan ekstrakurikuler Paskibra yang dapat membentuk karakter siswa dan menanamkan sikap tegas pada mereka dan untuk mengetahui upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam meningkatkan rasa nasionalisme pada siswa kelas X dengan melalui kegiatan ekstsrakurikuler paskibra . Dalam konteks ini, keberadaan kegiatan ekstrakurikuler Paskibra tidak hanya berperan positif dalam membangun sikap disiplin, tetapi juga nasionalisme, yang sejalan dengan tujuan pendidikan nasional untuk membentuk siswa yang memiliki rasa cinta pada tanah air dan bangsa. Oleh karena itu, skripsi ini memiliki tujuan yang penting dalam meningkatkan pemahaman tentang pentingnya kegiatan ekstrakurikuler Paskibra dalam membentuk rasa nasionalisme siswa SMA kelas X.
Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bentuk kegiatan ekstrakurikuler Paskibra yakni Latihan Peraturan baris – berbaris ( PBB ), Latihan kepemimpinan, Latihan fisik dan mental, Latihan tata cara upacara bendera, Menghafal UUD 1945 dan Pancasila lalu menyanyikan lagu – lagu kebangsaan. Serta upaya yang dilakukan oleh pihak sekolah dalam meningkatkan rasa nasionalisme pada siswa yaitu 1) Memberikan dorongan, memotivasi siswa. 2) Memberikan penjelasan yang memadai tentang pentingnya rasa nasionalisme. 3)Menerapkan nilai – nilai kebangsaan siswa. 4) Mengintegrasikan aspek-aspek nasionalisme seperti cinta tanah air dan rela berkorban dalam setiap pelaksanaan program kegiatannya. 5) Meningkatkan kedisipilan siswa. 6)Mendemostrasikan kepada siswa kelas X yang baru mengikuti paskibra supaya berminat dan termotivasi untuk menjadi anggota paskibra, 7) dan memastikan bahwa kegiatan ekstrakurikuler Paskibra diadakan dengan baik dan memberikan manfaat yang optimal bagi siswa kelas X dalam meningkatkan rasa nasionalisme dan membentuk generasi muda yang mencintai bangsa dan negara. Dan faktor yang mempengaruhi dalam upaya meningkatkan rasa nasionalisme pada x siswa yaitu ) Kurang minat dan motivasi siswa 2) Kurangnya pemahaman siswa terhadap pentingnya rasa nasionalisme. 3) Kurangnya kesadaran siswa akan nilai-nilai kebangsaan, 4) Sasaran perencanaan program ekstrakurikuler yang terbatas. 5) Ketidakmampuan siswa dalam kegiatan fisik. 6) Siswa kurang antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. 7) Pengaruh lingkungan teman sebaya yang negatif. Dalam kegiatan tersebut, para siswa dilatih untuk menghormati dan mencintai lambang negara serta disiplin dalam melaksanakan tugas sebagai Paskibra. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler Paskibra juga dapat memperkuat rasa persatuan dan kesatuan antar siswa dalam memperjuangkan kepentingan negara. Oleh karena itu, kegiatan ekstrakurikuler Paskibra sangat penting untuk meningkatkan rasa nasionalisme pada siswa SMA Negeri 4 Bengkulu Utara kelas X.

 

Kata Kunci : Ekstrakurikuler, Paskibra, nasionalisme

 ABSTRACT

 

This thesis discusses efforts to increase a sense of nationalism through extracurricular activities for class X students at SMA Neheri 4 Bengkulu Utara. The purpose of this thesis is to find out how the Paskibra extracurricular activities form in increasing the sense of nationalism of class X students at SMA Negeri 4 Bengkulu Utara. In addition, this thesis also aims to determine the factors that influence Paskibra extracurricular activities that can shape the character of students and instill a firm attitude in them and to find out the efforts made by the school in increasing a sense of nationalism in class X students through Paskibra extracurricular activities. In this context, the existence of Paskibra extracurricular activities not only plays a positive role in building discipline, but also nationalism, which is in line with the goals of national education to form students who have a sense of love for the motherland and nation. Therefore, this thesis has an important objective in increasing understanding of the importance of Paskibra extracurricular activities in forming a sense of nationalism in class X high school students.

The research method used is qualitative with data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. The results of the study showed that the form of Paskibra extracurricular activities were Marching

supaya berminat dan termotivasi untuk menjadi anggota paskibra, 7) dan memastikan bahwa kegiatan ekstrakurikuler Paskibra diadakan dengan baik dan memberikan manfaat yang optimal bagi siswa kelas X dalam meningkatkan rasa nasionalisme dan membentuk generasi muda yang mencintai bangsa dan negara. Dan faktor yang mempengaruhi dalam upaya meningkatkan rasa nasionalisme pada x siswa yaitu ) Kurang minat dan motivasi siswa 2) Kurangnya pemahaman siswa terhadap pentingnya rasa nasionalisme. 3) Kurangnya kesadaran siswa akan nilai-nilai kebangsaan, 4) Sasaran perencanaan program ekstrakurikuler yang terbatas. 5) Ketidakmampuan siswa dalam kegiatan fisik. 6) Siswa kurang antusias dan semangat dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. 7) Pengaruh lingkungan teman sebaya yang negatif. Dalam kegiatan tersebut, para siswa dilatih untuk menghormati dan mencintai lambang negara serta disiplin dalam melaksanakan tugas sebagai Paskibra. Selain itu, kegiatan ekstrakurikuler Paskibra juga dapat memperkuat rasa persatuan dan kesatuan antar siswa dalam memperjuangkan kepentingan negara. Oleh karena itu, kegiatan ekstrakurikuler Paskibra sangat penting untuk meningkatkan rasa nasionalisme pada siswa SMA Negeri 4 Bengkulu Utara kelas X.

Kata Kunci : Ekstrakurikuler, Paskibra, nasionalisme
ABSTRACT

This thesis discusses efforts to increase a sense of nationalism through extracurricular activities for class X students at SMA Neheri 4 Bengkulu Utara. The purpose of this thesis is to find out how the Paskibra extracurricular activities form in increasing the sense of nationalism of class X students at SMA Negeri 4 Bengkulu Utara. In addition, this thesis also aims to determine the factors that influence Paskibra extracurricular activities that can shape the character of students and instill a firm attitude in them and to find out the efforts made by the school in increasing a sense of nationalism in class X students through Paskibra extracurricular activities. In this context, the existence of Paskibra extracurricular activities not only plays a positive role in building discipline, but also nationalism, which is in line with the goals of national education to form students who have a sense of love for the motherland and nation. Therefore, this thesis has an important objective in increasing understanding of the importance of Paskibra extracurricular activities in forming a sense of nationalism in class X high school students.
The research method used is qualitative with data collection techniques in the form of observation, interviews, and documentation. The results of the study showed that the form of Paskibra extracurricular activities were Marching Regulations (PBB), leadership training, physical and mental training, flag ceremony procedures, memorizing the 1945 Constitution and Pancasila and then singing the national anthem. As well as the efforts made by the school in increasing a sense of nationalism in students, namely 1) Providing encouragement, motivating students. 2) Provide an adequate explanation of the importance of a sense of nationalism. 3) Applying student national values. 4) Integrating aspects of nationalism such as love for the motherland and willingness to sacrifice in every implementation of its program of activities. 5) Increase student discipline. 6) Demonstrate to class X students who have just joined Paskibra so that they are interested and motivated to become Paskibra members, 7) and ensure that Paskibra extracurricular activities are carried out properly and provide optimal benefits for class X students in increasing a sense of nationalism and forming a young generation that loves nation and state. And the influencing factors in an effort to increase the sense of nationalism in students are ) lack of interest and motivation of students 2) lack of students' understanding of the importance of a sense of nationalism. 3) Lack of students' awareness of national values, 4) Limited extracurricular program planning goals. 5) The inability of students in physical activities. 6) Students are less enthusiastic and passionate about participating in extracurricular activities. 7) The influence of negative peer environment. In these activities, students are trained to respect and love the national symbol and to be disciplined in carrying out their duties as Paskibra. In addition, Paskibra extracurricular activities can also strengthen the sense of unity among students in fighting for the interests of the country. Therefore, Paskibra extracurricular activities are very important to increase a sense of nationalism in class X SMA Negeri 4 Bengkulu Utara.

 

Keywords: Extracurricular, Paskibra, nationalism

Regulations (PBB), leadership training, physical and mental training, flag ceremony procedures, memorizing the 1945 Constitution and Pancasila and then singing the national anthem. As well as the efforts made by the school in increasing a sense of nationalism in students, namely 1) Providing encouragement, motivating students. 2) Provide an adequate explanation of the importance of a sense of nationalism. 3) Applying student national values. 4) Integrating aspects of nationalism such as love for the motherland and willingness to sacrifice in every implementation of its program of activities. 5) Increase student discipline. 6) Demonstrate to class X students who have just joined Paskibra so that they are interested and motivated to become Paskibra members, 7) and ensure that Paskibra extracurricular activities are carried out properly and provide optimal benefits for class X students in increasing a sense of nationalism and forming a young generation that loves nation and state. And the influencing factors in an effort to increase the sense of nationalism in students are ) lack of interest and motivation of students 2) lack of students' understanding of the importance of a sense of nationalism. 3) Lack of students' awareness of national values, 4) Limited extracurricular program planning goals. 5) The inability of students in physical activities. 6) Students are less enthusiastic and passionate about participating in extracurricular activities. 7) The influence of negative peer environment. In these activities, students are trained to respect and love the national symbol and to be disciplined in carrying out their duties as Paskibra. In addition, Paskibra extracurricular activities can also strengthen the sense of unity among students in fighting for the interests of the country. Therefore, Paskibra extracurricular activities are very important to increase a sense of nationalism in class X SMA Negeri 4 Bengkulu Utara.

Keywords: Extracurricular, Paskibra, nationalism

Downloads

Published

2023-12-20
Abstract viewed = 71 times