Implementasi Moderasi Beragama Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Siswa SMAN 02 Mukomuko

Authors

  • Yetri Aini Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Amnah Qurniati Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jupank.v4i1.5026

Abstract

Abstrak

Penelitian ini mengkaji tentang Implementasi Moderasi Beragama Dalam Menumbuhkan Sikap Toleransi Siswa SMAN 02 Mukomuko. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : 1) Sikap toleransi siswa terhadap moderasi beragama di SMAN 02 Mukomuko, 2) Implementasi Moderasi Beragama Siswa di SMAN 02 Mukomuko, 3) Faktor penghambat dalam Implementasi Moderasi Beragama Siswa di SMAN 02 Mukomuko. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan data dianalisis secara diskriptif dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan menarik kesimpulan. Penelitian ini menghasilkan temuan: 1) Sikap toleransi siswa terhadap moderasi beragama di SMAN 02 Mukomuko sudah terlaksana dengan cukup baik ditandai dengan adanya penerimaan perbedaan agama diantara siswa, tidak memandang perbedaan dan keyakinan, saling bertegur sapa, menghormati teman yang berbeda agama, memberi kesempatan untuk melakukan ibadah bagi yang ingin beribadah menurut kepercayaannya, tidak saling mengganggu, tidak saling menghina serta menjalin kekerabatan dan tidak membeda-bedakan teman, 2) Implementasi moderasi beragama siswa di SMAN 02 Mukomuko sudah berjalan dengan cukup baik dimana sudah tertanamnya nilai-nilai pancasila kepada siswa dalam menanamkan nilai-nilai pancasila itu diajarkan bagaimana menghormatii, menghargai, memberikan hak kepada siswa untuk memilih agama sesuai keyakinan  masing-masing. Tidak memilih teman, menjalin kebersamaan sehingga terbentuklah rasa kenyamanan dan rasa kekeluargaan yang cukup dilingkungan sekolah yang kemungkinan dapat berlanjut di luar lingkungan sekolah. 3) penghambat dalam implementasi moderasi beragama siswa di SMAN 02 Mukomuko guru belum dapat mengkondisikan siswa non muslim pada saat proses pengajaran agama islam. Dan masih terdapat beberapa siswa yang belum menerapkan sikap sesuai dengan moderasi beragama karena masih ada siswa yang berkelompok sesuai dengan agamanya.

Kata Kunci: Implementasi moderasi beragama, sikap toleransi

Downloads

Published

2024-07-17
Abstract viewed = 26 times