SUATU KAJIAN TENTANG PELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN YANG BERBASIS SEJARAH TERHADAP SIKAP NASIONALISME SISWA KELAS VII DI SMP 20 KABUPATEN REJANG LEBONG

Authors

  • Meli Nia Rahmadani Meli UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH BENGKULU
  • Rekho Adriadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Abstrak

Berbicara tentang Indonesia, tentu banyak sekali hal yang perlu dan penting kita catat, terutama mmengenai perkembangan indonesia dari masa ke masa. Indonesia adalah bangsa yang besar, yang didalamnya terdapat beraneka ragam etnis, suku, ras, agama, hingga budaya. Tidak hanya itu, indonesia adalah negara yang kaya raya. Potensi kekayaan alamnya sangat luar biasa, baik kekayaan alam hayati maupun nonhayati. Dilihat dari aspek geografis, dari sabang sampai merauke, terbentang tidak sedikit pulau yang ada di Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Dalam hal ini peneliti menekankan pada penelitian lapangan atau field research yang bersifat deskriptif menggunakan pendekatan kualitatif yaitu uraian naratif suatu proses tingkah laku subjek yang sesuai dengan masalah yang akan diteliti. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan siswa kelas VII. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara tersetruktur, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan langkah- langkah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini sebagai berikut: Sikap Nasionalisme yang ada pada siswa di SMP Negeri 20 Rejang Lebong antara lain yaitu sikap Rela Berkorban, Cinta Tanah Air, Persatuan dan Kesatuan, Disiplin, Berani dan Jujur. Dari sikap nasionalisme tersebut sudah ada dan sudah diterapkan walaupun masih ada yang belum maksimal. Menanamkan sikap nasionalisme siswa pada mata pelajaran PKn di SMP Negeri 20 Rejang Lebong antara lain dengan kebiasaan guru, pemberian, keteladanan, contoh yang kontekstual, pembelajaran melalui cerita, serta penggunaan media seperti gambar pahlawan dan menyanyikan lagu-lagu nasional. Hal yang paling efektif dilakukan oleh guru untuk menanamkan sikap nasionalisme kepada siswa dari sekian cara tersebut adalah melalui kegiatan pembiasaan guru. Faktor pendukung dan penghambat penanaman sikap nasionalisme siswa di SMP Negeri 20 Rejang Lebong Faktor pendukung penanaman sikap nasionalisme siswa antara lain dengan adanya sarana dan prasarana yang ada disekolah, untuk penanaman sikap nasionalisme siswa diminta untuk bangga dengan sekolah sendiri bisa dengan cara membersihkan dan menata halaman sekolah serta menanam bunga.

 

Kata Kunci: Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, Sikap Nasionalisme

 

Published

2022-11-27
Abstract viewed = 89 times