Perspektif Islam Terhadap Pendidikan Karakter Era Society 5.0
Abstrak
Abstrak
                       Artikel ini bertujuan untuk mengetahui: 1) perspektif Islam terhadap pendidikan karakter mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Bengkulu, 2) karakteristik atau ciri khas pendidikan karakter mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Bengkulu; 3) keefektifan implementasi pendidikan Islam dan pendidikan karakter mahasiswa di Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Metode Penelitian menggunakan analisis secara kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data meggunakan 3 cara, yaitu interview, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis dan pengolahan data yang digunakan selama penelitian adalah analisis deskriptif, teknik pengambilan kesimpulan dan verifikasi data. Prosedur dalam penelitian ini melakukan hal-hal yang diperlukan dalam pelaksanaan penelitian seperti menyiapkan format observasi pendidikan Islam dan pendidikan karakter, menyusun jadwal kegiatan, dan menyusun instrumen berupa angket untuk mahasiswa dan dosen.Hasil penelitian dapat terlihat bahwa perspektif Islam di itu adalah pertama, supaya mahasiswa dan dosen terbiasa melakukan perbuatan baik. Kedua, supaya interaksi manusia dengan Allah SWT dan sesama makhluk lainnya senantiasa terpelihara dengan baik dan harmonis. Karakteristik pendidikan karakter pada mahasiswa terlihat sudah mencerminkan 19 indikator pendidikan karakter.
Â
Kata Kunci: Perspektif, kurikulum, pendidikan agama Islam, pendidikan karakter.
Â
Referensi
Aman, Saifuddin. (2008). 8 Pesan Lukman Al-Hakim. Jakarta: Kencana.
Asmani, Jamal Makmur. (2013). Buku Panduan Internalisasi Karakter di Sekolah, Yogjakarta: Diva Press.
Aunillah. (2011). Panduan menerapkan pendidikan karakter disekolah. Jakarta: Trans Media.
Babbie, Earl. (2002). The Basics of Social Research: Belmont. CA: Wadsworth & Thomson.
Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum dan Perbukuan. (2010). Desain Induk Pembangunan Karakter. Jakarta: Kemdiknas.
Fadlullah. (2008). Orientasi Baru Pendidikan Islam. Jakarta: Diadit Media.
Fathurroman, Pupuh, dkk. (2013). Pengembangan Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Jurnal Pendidikan Agama Islam -Ta’lim Vol. 10 No. 2 – 2012)
Kartono, Kartini. (1988). Psikologi Remaja. Bandung: Rosda Karya.
Khalid, Amru. (2008). Tampil Menawan Dengan Akhlak Mulia. Jakarta: Cakrawala Publishing.
Majid, Abdul, & Andayani, Dian. (2010). Pedidikan karakter dalam perspektif Islam. Bandung: Insan Cita Utama.
Megawangi, Ratna. (2007). Semua Berawal Pada Karakter. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.
Muhaimin. (2003). Arah Baru Pengembangan Pendidikan Islam. Bandung: Penerbit Nuansa.
Murdaningsih. (1975). Perilaku Remaja. Jakarta: Sinar Baru.
Mu’in, Fatchul. (2011). Pedidikan karakter kontruksi teoritik dan praktek. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Mawardi. (2008). Evaluasi Pendidikan Nilai: Perkembangan Moral Keagamaan Mahasiswa PTAIN. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Nata, Abuddin. (2007). Manajemen Pendidikan Mengatasi Kelemahan Pendidikan Islam di Indonesia. Jakarta: Prenada Media.
Perpres No. 87 Tahun 2017 Tentang Pengembangan Penguatan Pendidikan Karakter.
Ramli, Mansyur. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter (Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan). Jakarta: Badan Penelitian dan Pengembangan Pusat Kurikulum.
Samani, Muchlas, & Hariyanto (2013). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Silalahi, Ulber. (2010). Metode Penelitian Sosial. Bandung: Refika Aditama.
Sunarto, Kamanto. (2004). Pengantar Sosiologi. Jakarta: Lembaga Penerbit Fakulutas Ekonomi Universitas Indonesia. Hlm. 178.
http://tobroni.staff.umm.ac.id/2010/11/24/pendidikan-karakter-dalam-perspektif-islam-pendahulan/
UU. No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Zayadi, Ahmad, & Majid, Abdul. (2005). Tadzkirah Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berdasarkan Pendekatan Kontekstual. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Zubaedi, Al Mawardi, Prima. (2011). Design pendidikan karakter. Jakarta: Kencana.