PENGARUH BRAND IMAGE, VOUCHER DISCOUNT DAN KEAMANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENGGUNA JASA ONLINE GRAB PADA FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS DI KOTA BENGKULU
Abstract
The purpose of the study was to determine the effect of brand image, discount vouchers, and security on user decisions for grab online services at the faculty of economics and business in the city of Bengkulu. And to find out which factors are most dominant in influencing online service user decisions. This study uses quantitative methods on 160 respondents. The population used in this study were consumers of Grab Online Service Users at the Faculty of Economics and Business in Bengkuludan City and the sampling in this study was non probability sampling technique. Based on the results of multiple linear regression, the regression equation Y = 1.294 + 1.001 (X_1) + 0.276 (X2) + 0.200 (X3) is obtained. The research results and hypotheses show that brand image, discount vouchers, and security have a positive effect partially or simultaneously on service user decisions.
Keywords: Brand Image, Discount Voucher, Security and Service User Decisions.
References
Agustiningrum, D., & Andjarwati, A. L. (2021). Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian di Marketplace. Jurnal Ilmu Manajemen, 9(3), 896–906. https://doi.org/10.26740/jim.v9n3.p896-906
Alma. (2017). Pengaruh Citra Merek, Harga, dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Handphone Merek Xiaomi di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Dan Keuangan Unsam, 6(1), 660–669.
Anandita, D. (2015). Analisis Pengaruh Kepercayaan, Keamanan, Kualitas Pelayanan, Dan Persepsi Akan Risiko Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Situs Jejaring Sosial. Jurnal Ekonomi Dan Kewirausahaan, 15(2), 203–210.
Anisa Jayanti, N., Saroh, S., & Zunaida, D. (2020). Pengaruh Potongan Harga, Voucher Kupon Dan Garansi Produk Terhadap Loyalitas Pelanggan (Studi Pada Pelanggan Toko Quds Textille Kota Malang). Jiagabi, 9(2), 322–329.
Aryatiningrum, S. W., & Insyirah, A. I. (2020). Pengaruh Price Discount terhadap Loyalitas Konsumen pada Pengguna Online Marketplace. Jurnal Ilmu Manajemen, 8(3), 946. https://doi.org/10.26740/jim.v8n3.p946-953
Astuti, R., & Arsha, S. A. (2024). The Effect of Hedonic Shopping Motivation and Shopping Lifestyle on Impulse Buying on Zalora Online Shop. Proceeding International Seminar on Islamic Studies, 5(1), 1035–1041.
Belisa. (2018). Pengaruh Sales Promotion Voucher Diskon Melalui Media Sosial Instagram @Brosisdeal Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Di Merchant Lokal Pekanbaru. 1(1), 1–12.
Desky, H., Murinda, R., & Razali, R. (2022). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kualitas Informasi dan Kepercayaan terhadap Keputusan Pembelian Online. Owner, 6(2), 1812–1829. https://doi.org/10.33395/owner.v6i2.772
Endang, Sugianto, & Valentino, Y. B. (2023). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kafe Cupfee di Pontianak. Jurnal Ekonomi Dan Bisnis, 5(1), 49–57.
Farohi, M. I. (2017). Pengaruh Keamanan, dan Kepercayaan terhadap Keputusa Pembelian Melalui Sosial Networking Site (Studi Pada Buyer Toko Online Lazada. co. id di Kota Semarang). Universitas Negeri Semarang, 1–86. http://lib.unnes.ac.id/30722/1/7311413217.pdf
Fauziah, I. N. (2024). Pengaruh Persepsi Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian pada Mesin Cuci Merek LG di Kota Surabaya. Jurnal Manajemen Dan Sains, 9(1), 573–578. https://doi.org/10.33087/jmas.v9i1.1714
Gergely, S. (2024). Npengaruh Brand Image Dan Promosi Terhadap Keputusan Menabung Nasabah Dengan Kepercayaan Sebagai Variabel Intervening (Studi Kasus Nasabah Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Karangkobar Purwokerto). February, 4–6.
Gustini, S., & Lestari, C. (2021). Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Pada Dealer Pd. Panca Motor Sekayu. Jurnal Manajemen Kompeten, 3(2), 35. https://doi.org/10.51877/mnjm.v3i2.175
Hafidhah, Q., & Gilang Saraswati, T. (2024). Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Minat Beli Sebagai Variabel Intervening Pada Produk Kanzler. 11(1), 1132.
Ihsan, N. (2022). Pengaruh Brand Image, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung. www.aging-us.com
Irawati, R., & N, S. H. (2024). Pengaruh Harga , Voucher Diskon Dan Gratis Ongkir Di Aplikasi Shopee Food Terhadap Keputusan Pembelian Mixue Malang. 5(2), 2020–2025.
Italia, & Islamuddin. (2021). Pengaruh Promosi, Kualitas Produk Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Handphone Merek Nokia. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis1JURNAL MANAJEMEN MODAL INSANI DAN BISNIS (JMMIB), 2(1), 1–13.
Juliani, D., Mendrofa, Y., Zega, Y., Harefa, I., & Nias, U. (2024). Pengaruh Marketing Mix ( 7P ) Terhadap Keputusan Pembelian Pada Toko Rindang Serba 35 . 000 Di Pasar Lahewa Kabupaten Nias Utara. 4, 7366–7376.
Junior, O. M. S., Areros, W. A., & Pio, R. J. (2019). Pengaruh Brand Image dan Persepsi Harga Terhadap Kualitas Pelayanan dan Kepuasan Pelanggan (Studi pada Pelanggan Datsun Nissan Martadinata). Jurnal Administrasi Bisnis, 8(2), 1. https://doi.org/10.35797/jab.8.2.2019.23508.1-9
Keller, kotler dan. (2016). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pengguna Jasa Transportasi Teman Bus Pt. Trans Musi Palembang Jaya di Kota Palembang. Jurnal EK&BI, 5(2), 364–372. https://doi.org/10.37600/ekbi.v5i2.599
Kenora, O. M. (2024). Prodi ekonomi syariah fakultas syariah dan ekonomi islam institut agama islam negeri curup 2024.
Kurniawan C, A., Dewi, R. S., & Ngatno. (2021). Pengaruh E-Service Quality Dan Keamanan Terhadap Keputusan Penggunaan Jasa Marketplace Tokopedia (Studi Kasus Seller Tokopedia). Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 10(1), 762–771. https://doi.org/10.14710/jiab.2021.29784
Machfoedz. (2023). Pengaruh Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Lakosa Coffe & Roastery. Jurnal Manajemen, Akuntansi, Ekonomi Dan Perbankan Perbankaan, 4(1), 79–92.
Mahmudah, A. R. (2020). Pengaruh Shopping Lifestyle, Fashion Involvement Dan Discount Terhadap Impulse Buying Pada Mahasiswa Pengunjung Rita Pasaraya Wonosobo (Studi Kasus pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi UNSIQ). Journal of Economic, Business and Engineering (JEBE), 1(2), 290–299. https://doi.org/10.32500/jebe.v1i2.1224
Mubarok, M. M. (2018). Pengaruh Brand Image Dan Sikap Konsumen Terhadap Keputusan Pembelian Batik Jetis Sidoarjo Dimediasi Oleh Minat Beli.
Nicklouse Christian Lempoy. (2015). Pengaruh Harga, Lokasi, Dan Fasilitas, Terhadap Keputusan Menggunakan Jasa Taman Wisata Toar Lumimuut (Taman Eman) Sonder. Emba, 3(1), 1072–1083. https://doi.org/10.1007/s00101-004-0690-4 [doi]
Ningrum, N. I. P., Oktaviany, V., & Sadikin, A. (2023). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Merek Maybelline. DEVELOP : Jurnal Ekonomi Pembangunan, 4(1), 46–54. https://doi.org/10.53990/develop.v4i1.195
Prilano, K., Sudarso, A., & Fajrillah, F. (2020). Pengaruh Harga, Keamanan dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Toko Online Lazada. Journal of Business and Economics Research (JBE), 1(1), 1–10. https://doi.org/10.47065/jbe.v1i1.56
Puanda, F., & Rahmidani, R. (2021). Pengaruh Kepercayaan dan Keamanan terhadap Keputusan Pembelian Online Melalui Aplikasi Shopee. Jurnal Ecogen, 4(3), 367. https://doi.org/10.24036/jmpe.v4i3.11507
Putri, D. (2023). Pengaruh harga, voucher diskon, dan e-service quality terhadap loyalitas pelanggan layanan grabfood. Skripsi Manajemen Bisnis Syariah, Universitas Rade.
Rahman, T., & Wijayanti, R. F. (2023). Pengaruh E-Service Quality Dan Price Discount Terhadap Keputusan Pembelian Di Marketplace Shopee. Jurnal Ilmu Manajemen (JIMMU), 8(2), 232–239. https://doi.org/10.33474/jimmu.v8i2.20558
Rahmawati, S. D. (2023). Pengaruh diskon, persepsi harga, dan keamanan transaksi terhadap keputusan pembelian makanan pada aplikasi shopeefood di kota surakarta. 26.
Saputri, M. eka, & Pratama, T. R. (2014). Pengaruh Band Image terhadap Pengguna Smartphone IPhone. Sosio Teknologi, 13(3), 3.
Sari, Y. O., Handayani, S., & Astuty, K. (2024). the Effect of Service Quality, Brand Image and Sales Promotion on Consumers’ Satisfaction At Pt. Astra Honda Motor of Bengkulu City. Jurnal Akuntansi, Manajemen Dan Bisnis Digital, 3(1), 99–112. https://doi.org/10.37676/jambd.v3i1.5357
Sheldy, Y. P., Sidanti, H., & Setiawan, H. (2023). Pengaruh Gaya Hidup, Kemudahan Penggunaan, dan Keamanan Transaksi Terhadap Keputusan Penggunaan E-Wallet DANA (Studi Kasus Pada Masyarakat Kota Madiun). Seminar Inovasi Manajemen Bisnis Dan Akuntansi (SIMBA) 5, September 2023, 1–14.
Sugiyono. (2011). Pendekatan Penelitian Pendidikan: Metode Penelitian Kualitatif, Metode Penelitian Kuantitatif dan Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Method). Jurnal Pendidikan Tambusai, 7(1), 2896–2910.
Tambun, C., Moniharapon, S., & Kawet, R. C. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah di Indomaret Krida Malalayang. Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 11(3), 231–243. https://doi.org/10.35794/emba.v11i3.49660
Tua, C. N. R. (2019). Pengaruh Keamanan, Kualitas Pelayanan Dan Persepsi Risiko Terhadap Keputusan Pembeli E-Commerce Shopee (Studi Kasus Mahasiswa STIE Indonesia Jakarta Pengguna Shopee). 2012, 8–24.
Wahyudi. (2017). PENGARUH PRICE DISCOUNT TERHADAP IMPULSE BUYING. Block Caving – A Viable Alternative?, 21(1), 1–9.
Wahyuningsih, I., & Damayanti, D. (2024). Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management Pengaruh Kualitas Produk, Voucher Diskon dan Shopping Lifestyle terhadap Keputusan Pembelian yang Dimediasi oleh E-WOM pada Live Streaming Shopee (Study pada Mahasiswa di DIY). Bisman (Bisnis Dan Manajemen), 7(1), 1–18.
Wahyuningsih, Y., & Agustin, L. (2024). J-Macc Pengaruh Promosi Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Pada Market. 7(1).
Wijaya, S., & Kusnawan, A. (2021). Pengaruh Diskon, Promosi, Digital Marketing, Brand Image, dan Kepercayaan Konsumen terhadap Keputusan Pembelian pada Aplikasi Shopee Kota Tangerang. Prosiding: Ekonomi Dan Bisnis, 2(2). https://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/view/2215%0Ahttps://jurnal.ubd.ac.id/index.php/pros/article/download/2215/1457
Yulianti, N. M. D. R. (2020). Pengaruh Brand Image, Green Marketing Strategy dan Emotional Desire terhadap Keputusan Pembelian Produk McDonald’s. Jurnal Ilmiah Manajemen Dan Bisnis, 5(1), 69–79.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.