PENGARUH VIRAL MARKETING, KUALITAS PRODUK, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN THRIFTING DI KOTA BENGKULU

Authors

  • Juwita Ayu Wijayani Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sri Ekowati Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

This study aims to determine the effect of Viral marketing, product quality, and price on Thrifting purchasing decisions in Bengkulu city (Case study on UMB students of the faculty of economics and business). This research was conducted in January 2025 until completion. The method used in this research is quantitative method. The sample in this study amounted to 78 respondents. Sampling in this study using Purposive Cluster Random Sampling. With multiple linear regression data analysis.

Based on the results of this study, it shows that viral marketing variables have a positive and significant effect on purchasing decisions, product quality variables have a positive and significant effect on purchasing decisions and prices have a positive and significant effect on Thrifting purchasing decisions in Bengkulu city for UMB students, faculty of economics and business.

Keywords: Viral Marketing, Product Quality, Price, and Purchasing Decisions

 

References

Alma, & Buchari. (2023). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Alfabeta.

Amelia, R. (2024). Keutusan pembelian pakaian impor second pada onebillion store id di kota Bandung. Skripsi Program Studi S1 Administrasi Bisnis Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik Universitas Sangga Buana Ypkp Bandung.

Arella, R. (2018). Manajemen Pemasaran dan Kualitas Produk. Jakarta: Penerbit Grafindo.

Arikunto, S. 2017. (2017). Pengembangan Instrumen Penelitian dan Penilaian Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Bahren, Y. (2021). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian produk fashion sycho (studi kasus marpoyan-pekanbaru). Skripsi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau Pekanbaru

Bahrudin, N., Sajali, M., Pramudya, S., & Hastuti, L. (2024). Thrifting dalam Perspektif Fikih Prioritas. Jolsic, 12(2), 123–132. https://doi.org/10.20961/jolsic.v12i2.941

Basu, S., & Dharmmesta, M. B. A. (2014). Peran Pemasaran dalam Perusahaan dan Masyarakat. BPEE.

Buchory, H. A., & Saladin, D. (2010). Marketing management. Lindu Karya.

Bukit, E. F., Femmy, F., & Mayangsari, F. D. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Celebrity Endorser, dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Thrifting. WACANA: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 22(2), 323–332. https://doi.org/10.32509/wacana.v22i2.3361

Cesariana, C., Juliansyah, F., & Fitriyani, R. (2022). Model Keputusan Pembelian Melalui Kepuasan Konsumen Pada Marketplace. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 211–224.

Daga, R. (2019). Citra,kualitas produk dan kepuasan pelanggan. Global research and consulting institute.

Dave Chaffey, F. E. (2022). Digital Marketing. Pearson Education Limited.

Dobele, A. R., Beverland, M. B., & Toleman, D. J. (2005). E-talking: viral marketing to spread brand messages. https://api.semanticscholar.org/CorpusID:167578274

Eza Faisal, M., & Savitri, suroso. (2023). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Thrift Di Toko Buttress Market Muhammad. Management Studies and Entrepreneurship Journal, 4(6), 7857–7862. http://journal.yrpipku.com/index.php/msej

Ghozali, I. (2016a). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program IBM SPSS 23. Edisi 8. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. (2021). Aplikasi Analisis Multivariat dengan Program SPSS . Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Ghozali, I. 2009. (2009). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program SPSS. Semarang : UNDIP.

Ghozali, I. 2018. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25. Universitas Diponegoro: Semarang.

Hanafi, I., & Sumitro, E. A. (2020). Perkembangan Kognitif Menurut Jean Piaget Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran. Alpen: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2). https://doi.org/10.24929/alpen.v3i2.30

Haque, M. G. (2020). Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. E-Mabis: Jurnal Ekonomi Manajemen Dan Bisnis, 21(1), 31–38. https://doi.org/10.29103/e-mabis.v21i1.476

Harahap, M. G., Krahara, Y. D., Polimpung, L. J. C., Hasanah, Ramadhi, Fikriando, E., Nurdin, Siddiqa, H., Annas, M., Rachmadi, K. R., Anggraini, D. T., Sangadah, H. A., Shofia, Al., Junaida, E., Meliana, & Chakim, M. H. R. (2024). Perilaku Konsumen Teori Dan Praktik. PT. Sada Kurnia Persabda

Hidayah, A., & Sumiyarsih, S. (2018). Dampak ketidakpuasan konsumen pada sikap konsumen berdasarkan dimensi kualitas jasa dan perbedaan karakteristik demografi. Jurnal Perilaku Dan Strategi Bisnis, 6(1), 47. https://doi.org/10.26486/jpsb.v6i1.420

Hidayati, L. N. (2018). Pengaruh Viral Marketing, Online Consumer Reviews Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Shopee. Jurnal Pendidikan Tata Niaga (JPTN), 06(3), 77–84.

Julekhah. (2023). pengaruh harga, kualitas produk dan fashion lifestyle terhadap keputusan pembelian pakaian bekas (Thrifting) (studi kasus mahasiswa uin walisongo semarang angkatan 2019-2022. Skripsi Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang.

Kaplan, A. M., & Haenlein, M. (2010). Users of the world, unite! The challenges and opportunities of social media. Business Horizons, 53(1), 59-68.

Kotler. (2002). Manajemen Pemasaran. Jakarta : Edisi Milenium 1, P.T. Prenhallindo.

Kotler & keller. (2018). Manajemen Pemasaran Edisi 13 (Edisi 13). Edisi 13, Jilid 2, Cetakan ke Tiga”. Jakarta: PT. Indeks.

Kotler, P. (2018). Prinsip-prinsip Marketing Edisi Ke Tujuh. Salemba Empa.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2019). Principles of Marketing. Pearson, 1–21.

Kotler, P., & Armstrong, G. (2021). Principles of Marketing, Global Edition. Pearson Education. https://books.google.co.id/books?id=yqc5EAAAQBAJ

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management. (15th, berilu ed.). Pearson. https://books.google.co.id/books/about/Marketing_Management.html?id=UbfwtwEACAAJ&redir_esc=y

Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing Management (15th ed.). Pearson Education.

Krisdanu, C. A., & Kiranastari Asoka Sumantri. (2023). TikTok sebagai Media Pemasaran Digital di Indonesia. Jurnal Lensa Mutiara Komunikasi, 7(2), 24–36. https://doi.org/10.51544/jlmk.v7i2.4173

Martianto, I. A., Iriani, S. S., & Witjaksono, A. D. (2023). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmiah Manajemen, Ekonomi, & Akuntansi (MEA), 7(3), 1370–1385. https://doi.org/10.31955/mea.v7i3.3543

Maryana, S., & Permatasari, B. (2021). Pengaruh Promosi Dan Inovasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian. Technobiz, 4(2), 62–69.

Pratiwi, A., Junaedi, D., & Prasetyo, A. (2021). Pengaruh Harga terhadap Keputusan Pembelian Konsumen: El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 2(2), 150–160. https://doi.org/10.47467/elmal.v2i2.473

Puriwat, W., & Tripopsakul, S. (2021). The role of viral marketing in social media on brand recognition and preference. Emerging Science Journal, 5(6), 855–867. https://doi.org/10.28991/esj-2021-01315

Puspita, C. M., & Budiatmo, A. (2012). Pengaruh Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Minat Beli Sebagai Variabel Intervening. 3(29), 175–185.

Qurrotaayun, B., Putri, M. L. E., Ferdiansyah, Y. P., & Wikansari, R. (2024). Dampak Pelarangan Impor Pakaian Bekas (Thrift) terhadap Pedagang di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 8(1), 1326–1337.

Raharjo, S. (2016). Cara Melakukan Uji F Simultan dalam Analisis Regresi Linear Berganda.

Rahmandani, D. (2023). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian di Bandar Lampung pada thrifth shop (pakaian bekas branded) Bandar Lampung. Skrips Program Studi Manajmen Fakultas Pertanian Dan Bisnis Universitas Teknokrat Indonesia, VIII(I), 1–19.

Ratnasari, D., & Aksa, M. (2011). Manajemen Kualitas. Graha Ilmu.

Richardson, Matthew P Bachman, E. (2004). Viral Marketing dalam Seminggu. Prestasi Pustaka.

Riyanto, S., & Hatmawan, A. A. (2020). Metode Riset Penelitian Kuantitatif Penelitian di Bidang Manajemen, Teknik, Pendidikan dan Eksperimen. https://agosbookstore.com/product/buku-pemasaran-kreatif-untuk-segala-bisnis-2/

Robbins, S. P., & Judge, T. A. (2008). Perilaku Organisasi Jilid II. Salemba Empat.

Rorong, G. A., Tamengkel, L. F., Mukuan, D. D. S., Studi, P., & Bisnis, A. (2021). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk terhadap Keputusan Pembelian Pakaian Bekas Import di Pasar Baru Langowan. Productivity, 2(3), 228–233. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/productivity/article/view/34769

Sahati, A., Ali, M. M., Fanji, F. W., & Salsabila, F. (2024). Pengaruh Kualitas Produk dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian. Jurnal Ilmu Sosial, Manajemen, Akuntansi Dan Bisnis, 5(3), 688–707. https://doi.org/10.47747/jismab.v5i3.1976

Sandra, N. A., Deriani, N. W., & Panjaitan, P. (2023). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen yang di Mediasi Oleh Minat Beli. Widya Manajemen, 5(2), 147–158. https://doi.org/10.32795/widyamanajemen.v5i2.4172

Sari, N. (2020). Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian konsumen pakaian impor second di pasar jongkok (pj) tembilahan kabupaten indragiri hilir dalam perspektif ekonomi islam. Skripsi Program Studi Ekonomi Syari’ah Fakultas Syari’ah Dan Hukum Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau-Pekanbaru.

Satria, B. (2024). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Pakaian di Toko DS Store Second Branded. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Program Studi Manajemen Universitas Pakuan Bogor,

Siagian, A. O. (2016). Manajemen pemasaran (Vol. 4, Issue 1).

Skrob, J. R. (2005). Open Source Software To Reach the Critical Mass for Global Brand Awareness. Vienna, April.

Soewito, Y. (2019). Keputusan Pembelian. Surabaya: Penerbit Universitas Tomo.

Sugiyono. (2013a). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. CV Alfabeta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Supariyani. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta. Penerbit Salemba Empat.

Thompson, A. A., & Peteraf, M. A. (2016). Crafting and executing strategy: the quest for competitive advantage, concepts and readings. McGraw-Hill Education.

Tjiptono, F. (2014). Pemasaran. Edisi ke-2. Andi.

Tjiptono, F. 2011. (2011). Strategi Pemasaran. Eisi 3. . Yogyakarta : andi.

Widiyaningrum, E. (2023). Pengaruh Viral Marketing, Kepercayaan, Fashion Lifestyle, Harga Kompetitif Dan Store Image Terhadap Minat Beli Produk Thrifting Di Toko Outfit.Bymee. Skripsi Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta.

Wiludjeng, S., & Nurlela, T. S. (2013). Proceeding Seminar Nasional Pengaruh Viral Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Pada Pt “X.” Proceeding Seminar Nasional Dan Call for Papers Sancall 2013 , 51–59. www.internetworldstats.com

Yuniati, & Siagian, M. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Brand Import, Dan Lifestyle Terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion Thrifting Di Batam. Journal of Management & Business, 6(2), 215–225.

Downloads

Published

2025-07-08

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 0 times