DEKONSTRUKSI CITRA KECANTIKAN DALAM KAMPANYE STREET CASTING RUCAS DI TIKTOK: STUDI SEMIOTIKA ROLAND BARTHES
Abstract
This research aims to evaluate the street casting marketing tactics employed by Rucas in deconstructing the image of beauty in Indonesia, as well as to understand the impact of Rucas's street casting on public perceptions of beauty. This study uses a qualitative approach by analyzing the deconstruction of the beauty image in Rucas's street casting campaign on TikTok. This qualitative research does not use detailed and strict theories, hypotheses, or variables, but uses theory as a basis for exploration in the field. Based on the research results, Rucas's street casting campaign on TikTok is a real example of how a brand can combine effective marketing strategies with positive social messages. This campaign demonstrates that beauty is something universal and can be enjoyed by everyone, regardless of physical or social background. As a suggestion, Rucas can continue to develop innovative and socially impactful marketing strategies by combining theoretical and practical analysis.
Keywords: The deconstruction of beauty standards, Rucas's street casting campaign, TikTok's influence, and Roland Barthes's semiotics are all interconnected.
References
Adzkiya, T. A. (2023). Analisis Resepsi Penonton Terhadap Mitos Kecantikan dalam Video Musik “Tutur Batin.” Journal of Communication Management.
Agustin, A. E., Widayati2, Y. T., & Prakoso3, S. A. (2024). Strategi Digital Marketing Tiktok Untuk Meningkatkan Brand Awareness Koding Next Surabaya Tiktok Digital Marketing Strategy To Increase Brand Awareness For Koding Next Surabaya. Journal of Information Technology and Computer Science (INTECOMS).
Alga Sapanca. (2022). Representasi Perempuan Ideal dalam Iklan New Veet Silk & Fresh Tahun 2017. JURNAL AUDIENS.
Anestya Hayatunufus Hafsyah. (2020). Pengaruh Kepuasan Konsumen, Perilaku Konsumtif, Dan Gaya Hidup Hedonis Terhadap Transaksi Online(Ecommerce). Prisma.
Asnat Riwu. (2018). Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Film 3 Dara (Kajian Semiotika). DEIKSIS.
Aulia Nur Rois. (2024). Perilaku Keterlibatan TikTok oleh Penggemar K-Pop: Kepuasan yang di Cari, Narsisme, dan Ciri-Ciri Kepribadian. Https://Www.Jurnal-Umbuton.Ac.Id/Index.Php/Pencerah Open Https://Doi.Org/10.35326/Pencerah.V10i3.5630 Access.
Auliya Fathamsyah1. (2019). Representasi Citra Muslimah Dalam Iklan Kecantikan Wardah “20 Tahun.” EJournal Ilmu Komunikasi,.
Bawono, A., Isanawikrama, K. A., & Yohanes Jhony Kurniawan. (2018). Pengaruh Perilaku Konsumen, Brand Image Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Online Pada Situs Belanja Online (Studi Kasus pada Situs Belanja Online XYZ). Jurnal Pengabdian Dan Kewirausahaan.
Blasius Manggu dan Sabinus Beni. (2021). Analisis Penerapan Segmentasi, Targeting, Positioning (Stp) Dan Promosi Pemasaran Sebagai Solusi Meningkatkan Perkembangan Umkm Kota Bengkayang. Sebatik.
Cindy Megasari Manik. (2022). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen Starbucks Di Kota Medan. Journal of Social Research.
Defriyanti1, A., & Fitri3, N. E. (2024). Pendekatan Kualitatif Dalam Mengkaji Media Sosial Dan Pola Konsumsi Generasi Milenial. Adela Defriyanti1 , Nur Elisa Fitri3.
Desiana E. Pramesti. (2018). Dekontruksi Mitos Kecantikan Kajian Semiologi Struktural Atas Iklan Sabun Dove “Real Beauty Campaign: Inner Critic.” Jurnal Semiotika.
Dhiyah Syafitri Nurlia. (2021). Putih dan Tidak Belang: Penggambaran Kulit Ideal Perempuan Indonesia dalam Iklan Citra Tone Up. JURNAL AUDIENS.
Dimas Okta Briyanti2. (2023). Strategi Identitas Digital: Analisis Personal Branding Di Platform Tiktok. Jurnal Digital Media & Relationship.
Donna Yulinda Putri 1, E. N. J. (2024). Kecantikan Di Balik Tirai: Membongkar Stereotip dalam Drama Korea “My ID Is Gangnam Beauty.” DIALOGIA.
Dwi Ari Lestari. (2021). Pengaruh Citra Merek Dan Kualitas Produkterhadaployalitas Merek Produk Kosmetik Wardah Di Surabayaselatan. Menara Ekonomi,.
Edward F. McQuarrie, Jessica Miller, dan B. J. P. (2013). Efek Megafon:Selera dan Pemirsa di Fashion Blogging. Jurnal Riset Konsumen, Inc.
Ella Afnira. (2023). Mitos Dalam Kampanye Politik (Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Film Our Brand is Crisis). Ella Afnira.
Felix1, A., Briyanti2, D. O., Young3, F. M., Livaro4, I., & William Wijaya5. (2023). Strategi Identitas Digital: Analisis Personal Branding Di Platform Tiktok. Jurnal Digital Media & Relationship.
Garcia1, G., & Septia Winduwati2. (2023). Representasi Standar Kecantikan Wanita di Media Sosial Instagram @springsummerstyle. Koneksi.
Ghozi Daffa Satria. (2022). Representasi Kecantikan Perempuan Dalam Iklan Garnier Sakura White Dan Wardah White Secret. Journal Komonikasi Dan Teknologi Komonikasi.
Giorgiana Garcia1. (2023a). Representasi Standar Kecantikan Wanita di Media Sosial Instagram @springsummerstyle. Koneksi.
Giorgiana Garcia1, S. W. (2023b). Representasi Standar Kecantikan Wanita di Media Sosial Instagram @springsummerstyle. Koneksi.
Giovanni Gilbert, K. D. D. (2024). Representasi Humanisme Dalam Film Lovely Man. EJournal Ilmu Komunikasi,.
Hardanti, P. P., & Kirana, R. P. (2020). Analisis Resepsi Harajuku Street Fashion Sebagai Bentuk Perlawanan: Studi Kasus Anggota Komunitas Harajuku Street Surabaya. Japanology.
Haris, A., & Amalia2, A. (2018). Makna Dan Simbol Dalam Proses Interaksi Sosial (Sebuah Tinjauan Komunikasi). Jurnal RISALAH.
Herry Hermawan, R. E. H. (2017). Objektifikasi Perempuan dalam Iklan Televisi : Analisis Lintas Budaya terhadap Iklan Parfum Axe yang Tayang di Televisi Indonesia dan Amerika Serikat. Herry Hermawan, Radja Erland Hamzah.
Imalay Naomi Lasono, A. N. (2024). Analisis Strategi Komunikasi Pemasaran di Platform TikTok Kajian Konten pada Akun @optikalunett_official. Imalay Naomi Lasono, Alma Novita2.
Imam Mukti & Asriadi, M. (2023). Representasi Perempuan Pada Tayangan Video Dalam Media Sosial Tiktok. Core : Journal Of Communication.
Mangihut Siregar. (2019). Kritik Terhadap Teori Dekonstruksi Derrida. Jurnal Op Urban Sociologi.
Melan Rosmayanti. (2023). Pengaruh Brand Image Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Mixue. Journal on Education.
Melano, F. L. (2024). Komodifikasi Konten Visual Pemain Diaspora Di Akun Instagram @Timnasindonesia. Jurnal Ilmia Dinamika Sosial.
Mitha Novia Diyanti. (2024). Representasi Wajah Perempuan Berhijab Ideal dalam Iklan Wardah Versi “NEW!! Wardah Acnederm Serum! Kita dan Jerawat, End!” Mitha Novia Diyanti.
Muhammad Rais Padma Saputra. (2022). Putih yang Ideal: Representasi Warna Kulit Perempuan dalam Iklan Kosmetik Vaseline Insta Fair Tahun 2013. Putih Yang Ideal: Representasi Warna Kulit Perempuan Dalam Iklan Kosmetik Vaseline Insta Fair Tahun 2013.
Nuning Zaidah. (2024). Mitos dalam Uba-rampe Buka Luwur di Makam Nyai Ageng Ngerang: Kajian Semiotika Roland Barthes. JURNAL RAHNARESEARCH.COM.
Okta Pratiwi. (2020). Dari Kuning Langsat Menjadi Putih: Representasi Identitas Kulit Perempuan Ideal Indonesia dalam Iklan Citra. JURNAL AUDIENS.
Oktavian Adiastanto. (2022). Makna Ibuisme pada Iklan Acer I.B.U (Ia Berjuang Untukmu) di Youtube Idntimes.Com (Sebuah Analisis Semiologi Roland Barthes). Jurnal Pendidkan Tambusai.
Pramesti, D. E. (2018). Dekontruksi Mitos Kecantikan Kajian Semiologi Struktural Atas Iklan Sabun Dove “ Real Beauty Campaign : Inner Critic .” Jurnal Semiotika, 12(1), 1–15. https://core.ac.uk/download/pdf/268047752.pdf
Pratiwi, R. Z. B., & Susilowati, E. (2020). Solo Hijabers Community’s Perception of Women’s Image Construction in Beauty Contest. Social and Political Science Faculty, 08(2), 381–405.
Qona’ah1, S., & A. Munanjar. (2021). Konstruksi Sosial Media Massa Pada Iklan Lux Versi “Botanicals All-In-One Magical.” Jurnal Ilmu Komunikasi.
R.A Granita Dwisthi Ismujihastuti , Adi Bayu Mahadian, S.Sos., M. I. K. (2015). Representasi Wanita Dalam Sampul Album Raisa (Analisis Semiotik Roland Barthes Terhadap Sampul Album Raisa Andriana “Raisa” dan “Heart to Heart”). E-Proceeding of Management.
Rahmawati, C. D., Busri, H., & Badrih, M. (2024). Makna Denotasi dan Konotasi Meme Dalam Media Sosial Twitter: Kajian Semiotika Roland Barthes. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa Dan Sastra,.
Raisa Monica Putri. (2024). Peningkatan Penjualan Di Tokopedia: Dampak Impulse Buying Pada Live Streaming Tiktok Terhadap Peningkatan Penjualan Di Tokopedia. Jurnal Economica.
Randy Wijaya, S. W. (2022). Peran Brand Ambassador Arya Saloka dan Amanda Manopo dalam Membangun Brand Awareness. Kiwari.
Ratih Indriyani, A. S. (2020). Pengaruh Media Sosial Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Motivasi Konsumen Pada Produk Fast Fashion. Jurnal Manajemen Pemasaran,.
Rhesa Zuhriya Briyan. (2020). Persepsi Komunitas Solo Hijabers Mengenai Konstruksi Citra Perempuan dalam Kontes Kecantikan. Jurnal Aristo (Social, Politic, Humaniora).
Rhesa Zuhriya Briyan Pratiwi. (2018). Perempuan Dan Kontes Kecantikan (Analisis Mengenai Konstruksi Citra dalam Bingkai Komodifikasi). Jurnal An-Nida,.
Ridwan Setya Nugraha. (2023). Analisis Positioning Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pelanggan Perusahaan Ekspedisi (Studi Kasus Perusahaan Lalamove). Wawasan : Jurnal Ilmu Manajemen, Ekonomi Dan Kewirausahan.
Rio Gaury Perdana. (2022). Makna Ibuisme pada Iklan Acer I.B.U (Ia Berjuang Untukmu) di Youtube Idntimes.Com (Sebuah Analisis Semiologi Roland Barthes). Jurnal Pendidkan Tambusai.
Ronawaty Anasiru. (2011). Implementasi Model-Model Kebijakan Penanggulangan Anak Jalanan Di Kota Makassar. Sosiokonsepsia.
Sari, E. K. (2019). Tari Remo (Ngremong): Sebuah Analisis Teori Semiotika Roland Barthes Tentang Makna Denotasi Dan Konotasi Dalam Tari Remo (Ngremong). Jurnal Seni Drama,Tari Dan Musik.
Selvie Eurodani. (2022). Makna Ibuisme pada Iklan Acer I.B.U (Ia Berjuang Untukmu) di Youtube Idntimes.Com (Sebuah Analisis Semiologi Roland Barthes). Jurnal Pendidkan Tambusai.
Suciningtyas, W. (2012). Pengaruh Brand Awareness, Brand Image, Dan Media Communication Terhadap Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal.
Sunarya. (2024). Mitos dalam Uba-rampe Buka Luwur di Makam Nyai Ageng Ngerang: Kajian Semiotika Roland Barthes. JURNAL RAHNARESEARCH.COM.
Supiya Wilda, Yusak Hudiyono, P. (2021). Citra Perempuan Dalam Novel Di Atas Siang Di Bawah Malam Karya Putu Oka Sukanta: Kajian Feminisme. Jurnal Bahasa, Sasra ,Seni Dan Budaya.
Suwanto. (2023). Konvergensi Jurnalistik Tabloid Metrolima Depok di Era Pandemi Covid-19. JURNAL PUSTAKA KOMUNIKASI, V.
Syaiful Qadar Basri. (2019). Tari Remo (Ngremong): Sebuah Analisis Teori Semiotika Roland Barthes Tentang Makna Denotasi Dan Konotasi Dalam Tari Remo (Ngremong). Jurnal Seni Drama,Tari Dan Musik.
Syaiful Qadar Basri1, E. K. S. (2019). Tari Remo (Ngremong): Sebuah Analisis Teori Semiotika Roland Barthes Tentang Makna Denotasi Dan Konotasi Dalam Tari Remo (Ngremong). Online.
Tri Pujiati. (2018). Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Film 3 Dara (Kajian Semiotika). DEIKSIS.
Uyuuna, S. N., & Renny Dwijayantib. (2022). Pengaruh Influencer Marketing Dan Brand Awareness Terhadap Keputusan Pembelian Produk Scarlett Whitening Pada Mahasiswa Feb Unesa. Jurnal Jempper.
Wahab Afwan. (2024). Konstruksi K-Beauty Iklan Ponds Dalam Perspektif Semiotika Barthes. Jurnal Komunikasi Peradaban.
Yosephina Agitya Intan Dewi Utari. (2024). Representasi Budaya Tionghoa dalam Film Kung Fu Panda 4: Analisis Semiotika Roland Barthes. Url.Jurnal.Ideaspupublishing.Co.Id.
Yusmawati, & Restiawan Permana. (2021). Konstruksi Pesan Dan Pemaknaan Visual Dalam Video Marketing Campaign “Nike Pro Hijab” Dan “Noore Sport Hijab.” JURNAL KOMUNIKA ISLAMIKA: JURNAL ILMU KOMUNIKASI DAN KAJIAN ISLAM.
Zulkarnain; Samsir. (2024). Peningkatan Penjualan Di Tokopedia: Dampak Impulse Buying Pada Live Streaming Tiktok Terhadap Peningkatan Penjualan Di Tokopedia. Jurnal Economica.
Downloads
Published
Issue
Section
License

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.