FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN GENERASI Z PADA APLIKASI SHOPPE ERA DIGITAL

Authors

  • Aditya Dwi Kurniawan Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

The title of this research is factors that influence Generation Z's purchasing decisions on the Shopee application in the digital era. This research is based on the importance of the influence of purchasing decisions on the Shopee application. Purchase decisions can be influenced by several factors. These factors are thought to be price, product quality and promotion. This research aims to analyze the influence of price, product quality and promotion on purchasing decisions of Generation Z consumers on the Shopee application.

The object of this research is Generation Z in Bengkulu City. This research uses survey methods to obtain data from certain places and uses questionnaires as a data mining tool. The number of respondents in this research was 97 people. By using multiple regression data analysis techniques, the results of this research can be concluded that the price variable partially has no positive influence on purchasing decisions, product quality partially has a positive and significant influence on purchasing decisions, promotion partially has a positive and significant influence on purchasing decisions, while simultaneously price, product quality and promotion have an influence on purchasing decisions by 66.7%.

Keywords: Price, Product Quality, Promotion and Purchasing Decisions.

References

Adhi bawono, Isanawikrama, Kusumah arif, Yohanes jhony kurniawan, “Pengaruh Perilaku Konsumen, Brand Image dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Online pada situs belanja Online (Studi kasus pada situs belanja online xyz)”, Jurnal Pengabdian dan Kewirausahaan, Vol. 2 No.2: 131-144.

Agung ratih saraswati, Ketut rahyuda (2017) dalam jurnal yang berjudul “Brand image memediasi kualitas produk dan harga dengan keputusan pembelian smartphone apple di kota denpasar”, Junal Manajemen Unud, VOL.6, No.6:3252-3282.

Andres Prijaya Chandra Dan Thomas Santoso, “Pengaruh Kualitas Produk, dan Harga yang dimediasi Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Di Outlet Mini Melts Surabaya”, Jurnal Manajemen Bisnis, Vol. 7, No. 1:120- 134.

Anik Lestari, Isna Ayu, ” Penggunaan Harga dalam Keputusan Pembelian”,

Jurnal Manajemen, (Surabaya: Fakultas Ekonomi), hlm 58.

Bayu Januar Rachman, Suryono Budi Santoso, “Analisis Pengaruh Desain Produk dan Promosi terhadap Kemantapan Keputusan Pembelian yang dimediasi oleh Citra Merek (Studi pada Customer Distro Jolly Roger Semarang)”, Jurnal Manajemen Bisnis, Vol.2 No.3:1336-2132.

Charlie bernando halomoan samosir, Arief bowo prayoga K, “Pengaruh Persepsi Harga dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Produk Enervon-C”, Jurnal Ilmiah Manajemen dan Bisnis, Vol 1, No 3:241- 258.

Denny Kristian, Rita Widayanti , “Pengaruh kualitas produk dan harga terhadap keputusan pembelian sepeda motor honda pada mahasiswa kampus 1 universitas kristen krida wacana”, Jurnal Manajemen, Vol .4, No 2:2338- 8840.

Eldo Steven Markus Simanjuntak, Gusti Ketut Sri Ardani, “Peran Brand Image Memediasi Pengaruh Promosi dan Harga terhadap Loyalitas Konsumen Uber Taksi di Denpasar”, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 7 No. 2:874-904.

Erina permata ambarwati, Imroatul , “Analisis pengaruh persepsi harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian dengan variabel citra merek sebagai variabel intervening (studi pada konsumen toyota avanza nasmoco Majapahit kota semarang)”, Journal of Management, Vol.7, No. 4:2337- 3792.

Fransisca Paramitasari Musay, “Pengaruh Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian (Survei Pada Konsumen Kfc Kawi Malang)”, Jurnal Administrasi, Vol.4, No. 2:1337-2750

Kadek Ayuk Riska Oktavenia, Gusti Agung Ketut Sri Ardani, “Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Handphone Nokia dengan Citra Merek Sebagai Pemediasi”, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 8, No. 3: 1374 – 1400.

Kesia Giovani Erlitna, Harry Soesanto, “Analisis Pengaruh Harga, Kualitas Produk Dan Positive Word Of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Brand Image Sebagai Variabel Intervening (Studi Pada Pengguna Iphone Di Fakultas Kedokteran Universitas Diponegoro), Journal Of

Management, (Semarang: Fakultas Ekonomika Dan Bisnis).

Kotler, Philip dan Amstrong, Garry, Principles of Marketing, 12th Edition, Jilid 1 terjemahan Bob Sabran, (Jakarta: Erlangga, 2014),

Kotler, Philip dan Gary Armstrong, Desain Produk, Edisi 15, (New Jersey: Pearson Pretice Hall, 2016)

Kotler, Philip danGary Armstrong, Principle Of Marketing,Edisi 15, (New Jersey: Pearson Pretice Hall, 2016)

Kotler, Philip, Manajemen Pemasaran: Analisis Perencanaan Implementasi dan Kontrol, (Jakarta: PT. Prehalindo, 2001

Kotler, Philip, Prinsip-Prinsip Manajemen Pemasaran, (Jakarta: PT. Prehalindo, 2000), hlm 43

Lupiyoadi, Hamdani, Menejemen Pemasaran Edisi Kedua, (Jakarta: Salemba Empat, 2006), hlm 120

Muhammad Agus Wahid “Analisis Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Melalui Citra Merek dan Nilai Pelanggan (Studi Pada Pengguna Motor Matik Suzuki Nex Fi)”, Jurnal Manajemen, Vol 3 No.1: 2143-2254

Panji usmar wicaksono, Mudianton, “Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Persepsi Harga, Promosi terhadap Citra Merek dan Minat Beli serta dampaknya pada Keputusan Pembelian Kartu Perdana Xl Axiata di Semarang”, Jurnal Inovasi dan Bisnis, Vol.4 No. 2:2338-4840.

Downloads

Published

2025-07-11

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 0 times