PENGARUH WORD OF MOUTH DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI CAFÉ DAN RESTO SELEBAR JAYA

Authors

  • Aru Suganda Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Khairul Bahrun Universitas Muhammadiyah Bengkulu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh (Word of Mouth) dan Kuliatas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian di Cafe and Resto Selebar Jaya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah jumlah 110 orang. Dalam penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dengan cara observasi, wawancara, dan penyebaran kuesioner (angket). Analisis menggunakan regresi linier berganda, koefisien determinasi (R2). Hasil pengujian telah dilakukan sehingga dapat diketahui bahwa variabel Word of Mouth (X1) memperoleh nilai thitung sebesar 3.764 > ttabel 1.982 dengan signifikansi 0.002 < 0,05. Kualitas Pelayanan (X2) memperoleh nilai thitung sebesar 4.240 > ttabel 1.982 dengan signifikansi 0.001 < 0,05. Hasil uji F menunjukan fhitung 72.876 > ftabel 3.211 dan nilai signifikansi 0.003 < 0,05. Dari hasil olah data, maka dapat disimpulkan bahwa Word of Mouth dan Kualitas Pelayanan kerja secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.

Kata Kunci : Word of Mouth, Kualitas Pelayanan, Keputusan Pembelian

 

References

Alfabeta. Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, R&D. Bandung:Alfabeta.

Ali. (2021). Word Of Mouth Marketing Berpengaruh Terhadap Keputusan Kuliah. Forum Ekonomi.

Andi Suryoko, S. (2017). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian pada Toko Distro Andi. Jurnal Misi Institut Pendidikan Tapanuli Selatan (IPTS).

Antari Setyawati. (2009). Pengaruh Perceived Quality dan Perceived Value of Cost terhadap Loyalitas Pelangganmelalui Kepuasan Pelanggan pada Fresh.Co. Jembatan: Jurnal Ilmiah Manajemen.

Aryandi, J., & Onsardi, O. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 117-127.

Babin et al. (2010). Pengaruh Iklan dan Word Of Mouth Terhadap Brand Awareness Traveloka.

E-Jurnal Manajemen Unud. Buchari Alma. (2013). PENGARUH KUALITAS PRODUK, CITRA MEREK, KEPERCAYAAN, KEMUDAHAN, dan HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA E-COMMERCE SHOPEE (Survei pada Mahasiswa S1 Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Labuhan Batu). ECOBISMA.

Ekowati, S., Yulinda, A. T., & Megawati, M. (2022). Dampak Digital Marketing, Brand Image Dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lina Ms Glow Kota Bengkulu. Creative Research Management Journal, 5(2), 10-19.

Ennew dkk. (2010). Organic Word of Mouth. Di akses dari

Fadli et al. (2020). PENGARUH RETAILING MIX TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KONSUMEN DI GERAI INDOMARET KOTA GORONTALO. JAMBURA.

Imanullah, M., Onsardi, O., Toyib, R., Hidayat, M. T., Wahyudi, I., Abimanyu, A., & Susanto, A. (2021). Pengenalan Website Sekolah Dasar Muhammmadiyah 1 Unggulan Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran Dan Promosi Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 4(1), 483-492.

Jakarta: Erlangga. Prasetio & Hidayat. (2017). Pengaruh Promosi Dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Produk Xyz Donut. Jurnal akuntansi.

Khanza, M., Toyib, R. T., & Onsardi, O. (2021). Implmentasi Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Penjualan Handphone di Toko Mardha Cell. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 4(2), 221-235.

Kotler & Keler. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran.

Munandar, J. A., & Onsardi, O. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Di Bank Sumsel Babel Kcp Tanjung Sakti. (Jems) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 2(1), 43-52.

Muntahanah, M., & Toyib, R. (2020). Penerpan Algoritma Binary Search Dalam Pencarian Data Potensi Investasi Di Kabupaten Seluma Dengan Smartphone. Jsai (Journal Scientific And Applied Informatics), 3(3), 129-136.

Prenadamedia Group. Tjiptono, Fandy. (2011). Service Quality and Satisfaction. Edisi kedua. Yogyakarta:

Rahmawati, R., & Onsardi, O. (2022). Korelasi Mutu Pelayanan Dengan Impulse Buying Konsumen UD. Mantan Karyawan Kota Bengkulu. In Prosiding Seminar Nasional Business Corporate (Vol. 1, No. 1, Pp. 23-29).

Rangkuti. (2015). Spriritual Leadership in Business. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.

Sapitri, L., & Onsardi, O. (2021). The Effect of Brand Image and Product Quality toward Wardah Cosmetics Consumers’ Loyalty as A Study on Students Management Study Program, Faculty of Econom ics and Business, Muhammadiyah University of Bengkulu. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Review, 1(2), 139-146.

Schiffman & Kanuk. (2018). Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Indeks.

Schiffman dan Kanuk dalam Sangadji. (2013). PENGARUH PROMOSI SECARA ONLINE (Facebook) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK KOSMETIK PADA PT. JAFRA KOSMETIK DI TABALONG (Produk Masker Jafra (Mud Mask) dan Royal Jelly Jafra). Jurnal Mahasiswa Aministrasi Publik dan Adiministrasi Bisnis.

Setiadi. (2010). Pengaruh labelisasi halal terhadap keputusan pembelian sosis di Kuala Simpang kabupaten Aceh Tamiang. Jurnal Manajemen dan Keuangan.

Sonatasia, D., Onsardi, O., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. (Jmmib) Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1).

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung:Alfabeta.

Sutrisno. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta:

Tjiptono, f., & Candra, G. (2012). Pemasaran Strategik. Yogyakarta: Andi Offset.

Toyib, R., Onsardi, O., & Muntahanah, M. (2020). Promosi Produk Pertanian Dan Kerajinan Menggunakan Website Serta Pembukuan Sederhana di Desa Sido Dadi Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 3(1).

Umar dalam Indrasari. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Nilai Pelanggan, Kualitas Produk, Dan Harga Terhadap Kepuasan Pelanggan Ichiban Sushi Di Palembang Trade Center. Publikasi Riset Mahasiswa Manajemen

Wulandari, K., Finthariasari, M., & Yulinda, A. T. (2021). Impact Of Service Marketing On Student Decisions. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan), 7(2), 234-254.

Downloads

Published

2025-07-04

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 0 times