ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN WISATA DI LUBUK LANGKAP GUNA MENINGKATKAN KUNJUNGAN WISATA AIR TAWAR KECAMATAN AIR NIPIS KABUPATEN BENGKULU SELATAN

Authors

  • Rana Marita Putri Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jems.v5i2.6485

Abstract

The objective of this study is to examine the strategy of tourism development in the Lubuk Langkap in order to increase freshwater tourism visits. This type of research uses qualitative descriptive in field research. The informants in the study are the Tourism Department of Bengkulu District South, the Village Government and Visitors. The findings of this study show that internal strengths and weaknesses have a total score of 3.33, approaching the point position (3.0-4.0) in field II, the green color identifies that has an internal factor that grows. In addition, external opportunities and threats have a overall score of 2.59 in field IV, the blue color identifies that external factors are growing. Recommendation to the Tourism Department of Bengkulu District South and the Village Government to make more efforts to develop the tourism area, manage and promote it so that it is better known to the widespread tourists or tourist visitors.

Keywords: Development strategy and increasing visits

References

Asriandy, I. (2016). Tujuan dari Strategi Pariwisata Air Bisayapu di Kabupaten Bantaeng. Universitas Hasanudin, 82. https://core.ac.uk/download/pdf/77625485.pdf

Buditiawan, K., & Harmono. (2020). Strategi Pengembangan Destinasi Pariwisata Kabupaten Jember. Jurnal Kebijakan Pembangunan, 15(1), 37–50. https://doi.org/ 10.47441/jkp.v15i1.50

Fariyatin, Nuringwahyu, S., & Hardati, R. N. (2021). Strategi pengembangan wisata alam Brukoh Hill dan wisata sawah dalam meningkatkan perekonomian desa (studi pada Desa Bajang Kecamatan Pakong Kabupaten Pamekasan). Jiagabi, 10(1), 90–101.

Ismail, M. (2020). Strategi Pengembangan Pariwisata Provinsi Papua. Matra Pembaruan, 4(1), 59–69. https://doi.org/10.21787/mp.4.1.2020.59-69

Jamaludin, M. (2021). Kelompok Gerakan Pariwisata bertanggung jawab untuk mengelola objek wisata Curug Bojong di Desa Sukahurip, distrik Pangandaran.

Kurmidianata, M., & Suwasono, B. (2022). Strategi pengembangan pariwisata Sewu Lontar akan dianalisis menggunakan metode SWOT.

Jurnal Jaring SainTek, 4(1), 9–14. https://doi.org/10.31599/jaringsaintek.v4i1.994

Lestari, S. (2022). Strategi Pengembangan Wisata Kampung Bandar Kota Pekanbaru. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1349–1358.

Muhammad, A. (2021). Kabupaten Gowa. 2021, 2, 0–6. https://journal.unismuh.ac.id/ index.php/kimap/index

Muhammad, N. D. (2020). Strategi pengembangan pariwisata dalam upaya peningkatan jumlah kunjungan wisatawan di Kota Malang. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/18926

Pengembangan, S., & Peternakan, U. (2020). TESIS Oleh : PATRIZAL PROGRAM STUDI MAGISTER AGRIBISNIS PROGRAM PASCASARJANA UNIVERSITAS MEDAN AREA TESIS Oleh : Sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Magister Agribisnis ( MP ) pada Program Studi Magister Agribisnis , Program Pascasarjana Univ.

Prasetya, N., Budiarto, B., & Kismantoroadji, T. (2020). Rencana ini bertujuan untuk meningkatkan potensi Desa Pariwisata Sangurejo di Distrik Turi Sleman. Jurnal Dinamika Sosial Ekonomi, 20(2), 173. https://doi.org/10.31315/jdse.v20i2.3491

Rahmatillah, T. P., Insyan, O., Nurafifah, N., & Hirsan, F. P. (2019). Strategi Pembangunan Pariwisata pedesaan menggunakan pariwisata sebagai media untuk mempromosikan Desa Sangiang berdasarkan wisata alam dan budaya.Jurnal Planoearth, 4(2), 111. https://doi.org/10.31764/jpe.v4i2.970

Ramdhani, A. M., & Andriana, A. N. (2023). Menggunakan analisis SWOT, minat kunjungan wisata Pengembangan Strategi Atraksi Menggunakan Analisis Swot, Pariwisata Pantai Biru Meningkatkan minat wisata.4(5), 6674–6687.

Riantoro, D., & Aninam, J. (2021). Metode SWOT digunakan untuk menganalisis strategi pengembangan objek wisata hutan Bakau Kormun Wasidori Arfai di Manokwari.Lensa Ekonomi, 15(01), 15. https://doi.org/10.30862/lensa.v15i01.146

Sapitri, L., & Onsardi, O. (2021). The Effect of Brand Image and Product Quality toward Wardah Cosmetics Consumers’ Loyalty as A Study on Students Management Study Program, Faculty of Econom ics and Business, Muhammadiyah University of Bengkulu. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Review, 1(2), 139-146.

Sonatasia, D., Onsardi, O., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. (Jmmib) Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1).

Suartini, S. (2020). Strategi Pengembangan Objek Wisata Air Terjun Sendang Gile Pasca Gempa Di Desa Senaru Kecamatan Bayan Kabupaten Lombok …. http://repository.ummat.ac.id/936/

Tanesab, M., Fanggidae, A. H. J., Fanggidae, R. E., & Bunga, M. (2023). Studi ini mengeksplorasi Strategi Pembangunan Pariwisata Oehala Waterfall di Sub-District Southmollo, South Central Timor District, berfokus pada 63-77 studi.

Wilfrida Klau, W., Fanggidae, A. H. J., Salean, D. Y., & Fanggidae, R. P. C. (2023). The Journal of Tourism and Hospitality Studies menerbitkan sebuah studi tentang pengembangan atraksi wisata di Fulan, Fehan, yang bertujuan untuk meningkatkan jumlah pengunjung. 1(2), 53–61. http://penerbitgoodwood.com/index.php/jspp/article/view/2214

Downloads

Published

2024-07-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 57 times