PENGARUH DIGITAL MARKETING DAN VARIASI PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA TOKO FROZENFISH88 KOTA BENGKULU

Authors

  • Raju Apriansyah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Islamuddin Islamuddin Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jems.v5i2.6484

Abstract

The aim of the research is to determine Digital Marketing and Product Variations on Purchasing Decisions at the Frozenfish88 Store, Bengkulu City. And to find out which factors most dominantly influence purchasing decisions.

This research used quantitative methods on 150 respondents. The population used in this research was consumers of the Frozenfish88 Store in Bengkulu City and sampling in this research used a non-probability sampling technique.

Based on the results of multiple linear regression, the regression equation Y = 5.905 + 0.314 (X_1) + 0.379 (X2) is obtained. The research results and hypotheses show that Digital Marketing and Product Variations have a partial or simultaneous positive effect on Purchasing Decisions.

Keywords: Digital Marketing and Product Variations on Purchasing Decisions

References

Ambiapuri, E., Setiadi, H., & Parwitasari, N. A. (2023). Inovasi Produk dan Digital Marketing dalam mempengaruhi Keputusan Pembelian pada Teras Soreang Kabupaten Bandung. Ekonomis: Journal of Economics and Business, 7(1), 541. https://doi.org/10.33087/ekonomis.v7i1.1071

Apriani, P. R., & Rubiyanti, N. (2023). Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Minat Beli Di Etalase Pasar Baru Bandung (Etapasbar. Id). EProceedings of Management, 10(1), 362–372.

Aunillah, N., & Himawan, A. F. I. (2023). Pengaruh E-Commerce Shopee, Kualitas Produk dan Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Snack. Master: Jurnal Manajemen Dan Bisnis Terapan, 2(2), 108. https://doi.org/10.30595/jmbt.v2i2.15254

Arikunto, S. (2002). Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Borrego, A. (2021). Pengaruh Digital Marketing Dan Variasi Produk Terhadap Minat Beli Di Era Covid 19 Pada Pengguna Aplikasi Tokopedia. 10(8), 6.

Crystallography, X. D. (2016). Pengaruh Harga, Variasi Produk Dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Ggg_Tanamanbuah Pada E- Commers Shopee. 12(4), 1–23.

Farida, N., & Saidah, S. (2017). Pengaruh Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sambal Indofood Di Supermarket Sarikat Jaya Gresik. Gema Ekonomi: Jurnal Fakultas Ekonomi, 6(2), 156–168.

Febrianti, A. (n.d.). Pengaruh Brand Image , Digital Marketing Dan Influencer Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha Di Kabupaten Bangka Barat Program Studi Manajemen Fakultas Ekonomika dan Bisnis , Universitas Pertiba , Fakultas Ekonomika dan Bisnis , Univ. 47–57.

Ghozali (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan program IBM SPSS 23. Edisi Ke 8.

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi Analisis Multivariate dengan SPSS. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hidayat fahrul, D. (2023). Pengaruh Direct Marketing Dan Kualitasproduk Terhadap Keputusan Pembelian Dengan Variabel Intervening Kepuasan Konsumen Pada Live Streaming Marketing Tiktok. 23(September), 31–41.

Jumarodin, J., Sutanto, A., & Adhilla, F. (2019). Pengaruh Variasi Produk Terhadap Loyalitas Konsumen Bedukmutu Di Umy. Jurnal Manajemen Bisnis, 10(1), 102–119.

Kalsum, U., & Usuli, S. (2021). Pengaruh Variasi Produk dan Iklan Terhadap Keputusan Pembelian Pada Minuman Boba Brown Sugar Gar Fresh. Jurnal Ekonomi, 21(1), 58–68.

Kotler, Keller. 2008. Manajemen Pemasaran. Jakarta : Erlangga.

Kotler, & Amstrong. (2016). Prinsip-Prinsip Pemasaran. Jakarta: Erlangga.

Lombok, V. V., & Samadi, R. L. (2022). Pengaruh Brand Image, Brand Trust Dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Produk Emina (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sam Ratulangi). Jurnal EMBA : Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 10(3), 953. https://doi.org/10.35794/emba.v10i3.43524

Mahfudi, Salim, M. A., & Slamet, A. R. (2023). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Digital Marketing Terhadap KeputusanPembelian Sepatu Aerostreet(Studi Pada Mahasiswa Universitas Islam Malang). Elektronik Jurnal Riset Manajemen, 12(2), 333–344.

Nur Alfiyah, S., & Aminah, S. (2022). Pengaruh Digital Marketing, Inovasi Produk dan Brand Image terhadap Keputusan Pembelian pada Coffee Shop Pabrik Lewo Surabaya. Reslaj : Religion Education Social Laa Roiba Journal, 5(3), 970–985. https://doi.org/10.47467/reslaj.v5i3.2136

Oktavia, E. (2020). Pengaruh Digital Marketing, Brand Image dan Influencer Marketing pada Keputusan Pembelian Online (Studi pada Mahasiswa STIE Malangkucecwara). Manajemen Pemasaran. https://repository.stie-mce.ac.id

Onsardi, O., Ekowati, S., Yulinda, A. T., & Megawati, M. (2022). Dampak Digital Marketing, Brand Image Dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lina Ms Glow Kota Bengkulu. Creative Research Management Journal, 5(2), 10.

Putri, A. W. (2018). pengaruh Variasi Produk, Cita Rasa, Kualitas Produk, Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Di Toko Jenang Teguh Raharjo Ponorogo. Journal of Linguistics, 3(2), 139–157.

Rahmawaty, P. (2015). Pengaruh Variasi Produk, Harga, Dan Customer Experience Terhadap Keputusan Pembelian Ulang Roti Breadtalk Yogyakarta. Jurnal Ilmu Manajemen, 12(1), 89–98. https://doi.org/10.21831/jim.v12i1.11744

Ramdani, A. (2023). Pengaruh Inovasi Produk, Variasi Produk, Dan Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Pada Umkm (Studi Kasus UMKM Binaan Rumah BUMN Purwokerto) SKRIPSI.

Riset, J., Prodi, M., Fakultas, M., & Unisma, B. (2019). Vol. 12. No. 02 ISSN : 2302 - 7061. 12(02), 221–232.

Sapitri, L., & Onsardi, O. (2021). The Effect of Brand Image and Product Quality toward Wardah Cosmetics Consumers’ Loyalty as A Study on Students Management Study Program, Faculty of Econom ics and Business, Muhammadiyah University of Bengkulu. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Review, 1(2), 139-146.

Sonatasia, D., Onsardi, O., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. (Jmmib) Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1).

Styawati, A. L., & Roni, M. (2023). Purchasing Decisions Pengaruh Brand Image dan Digital Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik. 4(6), 7648–7656.

Sulistyorini, O. D., & Rahardjo, S. T. (2018). Pengaruh Kualitas Produk, Variasi Produk, Kesesuaian Harga, Citramerekdan Kesadaran Merekdalamupaya Meningkatkan Keputusan Pembelian (Studi Kasus Pada Strada Coffee Semarang). Diponegoro Journal Of Management, 7, 1–23.

Susanto, Y., & Realize, R. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan dan Kualitas Produk terhadap Minat Beli Konsumen pada PT Ndexindo Mandiri Indonesia. ECo-Buss, 5(2), 508–518.

Sugiyono.2009.Metode Penelitian Bisnis, Cetakan keempat, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&B. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung:

Sugiyono (2018). Penelitian Rumus regresi. 34–51.

Sugiyono.2009.Metode Penelitian Bisnis, Cetakan keempat, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif, dan R&B. Bandung : Alfabeta.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2013.Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D.Bandung:

Waluyo, Amilia, & Zati. (2023). Pengaruh Varian Produk Dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Teh Pucuk Harum Di Kota Langsa. Jurnal Manajemen Akuntansi (Jumsi), 3(1), 41–48.

Yazer, Nasdini. (2012). Digital Marketing Strategies that Millennials Find Appealing, Motivating, or Just Annoying. Journal of Strategic Marketing.Vol. 19, No.6, pp 489-499.

Downloads

Published

2024-07-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 51 times