PENGARUH PANDANGAN IKLAN, KREDIBILITAS IKLAN, DAYA TARIK IKLAN DAN KEKUATAN IKLAN TERHADAP MINAT BELI (Studi Kasus Penggunaan Sepeda Motor Matic Beat di Kota Bengkulu)

Authors

  • Meiby Yasir Alim Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Merta Kusuma Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jems.v5i2.6473

Abstract

Consumer buying interest is a source of motivation that encourages consumers to do what they want to do when they are free to choose, when consumers judge that something can be useful, they can become interested, then this can bring satisfaction, when satisfaction decreases then their interest can also decrease. So interest is not permanent, but interest is temporary or can change. This type of research is a quantitative approach. The method used in this research is descriptive method. Data collection methods used here include interviews, observation, documentation, and questionnaires. Based on the results of research on the influence of advertising views, advertising credibility, advertising attractiveness and advertising strength on purchasing decisions of Beat automatic motorbike users in Bengkulu City, Bengkulu, the Fsig value is 0.000 < 0.05 and Fcount > Ftable (42.612> 2.47) , so it can be concluded that together the views of the advertisement, the credibility of the advertisement, the attractiveness of the advertisement and the strength of the advertisement influence the purchasing decisions of users of Beat automatic motorbikes in Bengkulu City.

Keywords: Views, Credibility, Attractiveness, Advertising Strength, Purchase Interest

References

Aisyah, S. 2017. Pengaruh citra merek DBL terhadap keputusan pembelian kaos olahraga basket di DBL Store Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Alkatiri, S., Tumbel, A. L., & Roring, F. 2017. Pengaruh Daya Tarik Iklan Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Matahari Departement Store Manado Town Square. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 5(2).

Alma, Buchari. 2014. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: CV Alfabeta.

Amijaya,G.R. 2010. Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi, Kemudahan, MinatUlang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking. Skripsi.Universitas Diponegoro. Semarang.

Andiyaksa, M., & Khasanah, I. 2017. Pengaruh Pesan Iklan, Kreativitas Iklan, Kredibilitas Celebrity Endorser dan Media Komunikasi Terhadap Efektivitas Iklan dalam Menumbuhkan Brand Awareness Produk Sampo Lifebuoy. Diponegoro Journal of Management, 6(2), 134-144.

Andrian, K., & Utami, H. N. 2017. Pengaruh Rekrutmen dan Seleksi terhadap Kinerja dan Intention To Leave (Studi pada Karyawan PT Cahaya Kurnia Motor, Bekasi) (Doctoral dissertation, Brawijaya University).

Andrianto, N. F., & Sutrasmawati, R. E. 2016. Pengaruh Celebrity Endorser dan Brand Image pada Proses Keputusan Pembelian. Management Analysis Journal, 5(2).

Ariani, Y. P & Sutopo, S. 2010. Analisis pengaruh pandangan iklan, kredibilitas iklan, daya tarik iklan dan kekuatan iklan terhadap minat beli (Studi kasus terhadap pengguna sepeda motor matic merek Honda Vario di kota Semarang) (Doctoral dissertation, UNDIP: Fakultas Ekonomika dan Bisnis).

Asmajasari, Magdalena. 2017. Periklanan Dalam Perspektif Komunikasi Pemasaran. Malang: UMM Press

Dekeyser, T. 2018. Subvertising: on the life and death of advertising power (Doctoraldissertation, University of Southampton).

Dewi, R. 2021. Pengaruh Daya Tarik dan Keuatan Iklan Terhadap Minat Beli Di Kota Makassar. AkMen Jurnal Ilmiah, 18(2), 209-218.

Durianto, Darmadi, Sugiarto, Sitinjak, Tony, 2017, Strategi Menaklukan PasarMelalui Riset Ekuitas dan Perilaku Merek. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Fandy, Tjiptono & Anastasia Diana. 2016. Pemasaran Esesi dan Aplikasi. Yogyakarta : Andi Offset

Irpansyah, M. A., Ramdan, A. M., & Danial, R. D. M. 2019. Kredibilitas dan kekuatan selebgram dalam meningkatkan minat beli pada toko online di instagram. COSTING: Journal of Economic, Business and Accounting, 2(2), 248-255.

Jacob et al, Nashir, Tripathi. 2018. Pengaruh Daya Tarik danKeuatan Iklan terhadap Minat Pembelian. E-Jurnal Institut Teknologi danBisnis Nobel Indonesia. Vol: 8(2).

Jatmiko, R. 2018. Pengaruh kredibilitas celebrity endorser terhadap minat beli konsumen. Jurnal Ilmu Manajemen Dan Akuntansi Terapan (JIMAT), 4(1), 49-57.

Kotler, Philip dan Armstrong, Gary. 2011. 10 th. Edition. Marketing an Introduction. Indonesia: Perason.

Kotler, Phillip dan Kevin Lane Keller. 2016. Manajemen Pemasaran edisi 12 Jilid 1. & 2.Jakarta: PT. Indeks

Lamb, Charles W, Joseph F. Hair dan Carl Mcdaniel. 2014. Pemasaran Edisi Pertama. Jakarta: Salemba Empat.

Mapakhir, A.2021.Pengaruh Komunikasi Pemasaran dan Kepercayaan Terhadap Minat Menggunakan Bank Syariah Pada Masyarakat Cisauk Kabupaten Tangerang (Bachelor's thesis).

Machfoedz, Mahmud. 2010. Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra Ilmu.

Oktaviana, F. 2015. Analisa Pengaruh Kredibilitas Endorse Dan Kreativitas Iklan Terhadap Sikap Terhadap Merek Melalui Efektivitas Iklan Sebagai Variabel Intervening (Studi Iklan LINE AADC). Jurnal Strategi Pemasaran, 3(1).

Pratiwi, P. 2019. Pengaruh Kualitas Produk, Citra Merek, dan Daya Tarik Iklan terhadap Minat Beli sepeda motor Yamaha NMAX (Studi Kasus pada Mahasiswa di Universitas Bhayangkara Jakara Raya Bekasi) (Doctoral dissertation, Universitas Bhayangkara Jakarta Raya).

Pristiwa, N. 2019. Pengaruh Pandangan Iklan Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Sepeda Motor Matic Merek Scoopy Di Pt. Capella Dinamik Nusantara Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Manajemen Muhammadiyah Aceh (JIMMA). Vol, 9

Pohan, M. M., & Sukmal, J. 2020. Pengaruh Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli (Studi Pada Smartphone Merk Oppo). Kapital: Jurnal Ilmu Manajemen, 2(1), 13-17.

Rita dan AR Saliman. 2011. Periklanan Yang Efektif. Jakarta : Gramedia.

Royan, M Frans. 2015. Marketing Selebrities.Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sanjaya, Wina. 2013. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Sandra Moriaty, dkk. 2010. Advertising Priciples and Practise. London: Prentice-Hall Inc

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharto, C. A. S. A., & Trang, I. 2016. Analisis Pengaruh Citra Merek, Harga, Dan Daya Tarik Iklan Terhadap Minat Beli Konsumen Pada PT. Remaja Jaya Mobilindo Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 4(3).

Supriyono, Rachmat. 2010. Desain Komunikasi Visual. Yogyakarta: Andi

Suryani, W., & Margery, E. 2020. The Influence Of Social Media Advertising, E-Marketing And Product Quality On The Process of Purchasing NatureCosmetics. International Journal of Chemistry and Chemical EngineeringSystems, 5.

Suyono, Sri Sukmawati, Pramono. 2012. Pertimbangan Dalam MembeliProduk Barang Maupun Jasa. Jakarta: Intidayu Press.

Stephanie, E. 2014. Pengaruh kredibilitas endorser terhadap minat beli melalui sikap atas iklan pada produk Shampo L’oreal di Surabaya. CALYPTRA, 2(2), 1-21.

Sapitri, L., & Onsardi, O. (2021). The Effect of Brand Image and Product Quality toward Wardah Cosmetics Consumers’ Loyalty as A Study on Students Management Study Program, Faculty of Econom ics and Business, Muhammadiyah University of Bengkulu. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Review, 1(2), 139-146.

Sonatasia, D., Onsardi, O., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. (Jmmib) Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1).

Sundalangi, M., Mandey, S. L., & Jorie, R. J. 2014. Kualitas Produk, Daya Tarik Iklan, Dan Potongan Harga Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Pizza Hut

Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(1).

Swastha, Basu dan Irawan. 2013. Manajemen Pemasaran Modern. Yogyakarta: Liberty

Syamsudin, Lukman. 2011. Manajemen Keuangan Perusahaan, Edisi Baru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Tang, M. J., & Chan, E. T. 2017. The impact of online advertising on generation Y’spurchase decision in Malaysia. International Journ.

Ulus, Algrina Agnes. 2013. Bauran Pemasaran Pengaruhnya Terhadap KeputusanPembelian Mobil Daihatsu Pada PT. Astra Internasional Manado. Jurnal EMBA: Jurnal RisetEkonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Vol. 1 No. 4.

Wijaya, P. 2015. Pengaruh Pesan Iklan, Keterlibatan Iklan, Kredibilitas, Dan Kecocokan Endorser Pada Minat Beli Melalui Sikap Konsumen. Jurnal Siasat Bisnis, 19(1), 36-55.

Downloads

Published

2024-07-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 85 times