PENGARUH KOMUNIKASI PEMASARAN, KEBUTUHAN DAN LOKASI TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK UMKM DI KOTA BENGKULU

Authors

  • Eti Arini Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Yora Andrayani Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jems.v5i1.5985

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of marketing communications, needs and location on purchasing decisions for MSME products in Bengkulu City (Case Study of Batik Al-Sufi UMKM). This research is a type of quantitative research. Data collection techniques are observation, documentation and questionnaires. Data analysis techniques using descriptive analysis, multiple regression analysis, coefficient of determination (R2) and hypothesis testing. The results showed that marketing communications had a positive effect on purchasing decisions at the Al-Sufi Batik Shop in Bengkulu City, thus the higher the marketing communications, the higher the purchasing decision at the Al-Sufi Batik Shop in Bengkulu City. The need has a positive effect on the purchasing decision of the Al-Sufi Batik Shop, Bengkulu City, thus the higher the need, the higher the purchase decision at the Al-Sufi Batik Shop, Bengkulu City. Location has a positive effect on the purchasing decision of the Al-Sufi Batik Shop, Bengkulu City, thus the higher the location, the higher the purchasing decision at the Al-Sufi Batik Shop, Bengkulu City. Marketing communications, needs and location together show an influence on purchasing decisions at the Al-Sufi Batik Shop, Bengkulu City.

Keywords: Marketing communication, needs, location, purchase decision

References

Aaker. (2018). Manajemen ekuitas merek. Jakarta : Mitra Utama.

Arifin, Z. (2022). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Kualitas Produk, Lokasi, Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Umkm Bakso Rosak Kecamatan Silo Kabupaten Jember (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Jember).

Amirullah. (2012). Perilaku Konsumen. Yogyakrta: Graha Ilmu.

Assauri, Sofjan. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Raja Grapindo.

Asmajasari, Magdalena. (2017). Perilaku Konsumen dan Strategi Pemasaran. Jakarta : Mitra Wacana Media.

Azhari, R. D & Fachry, M. F. (2020). Pengaruh Citra Merek dan Promosi terhadap Keputusan Pembelian Batik Karawang di Ramayana Mall, Karawang. Jurnal Ilmiah Manajemen Ubhara, 2(1), 37-44.

Daryanto.(2011). Manajemen Pemasaran. Cetekan 1. Bandung : Satu Nusa.

Etta,Mamang Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta.

Fuady, K. (2019). Analisis Penerapan Strategi Komunikasi Pemasaran Dalam Pengambilan Keputusan Pembelian (Studi Kasus Umkm Sablon 5pm Art di Desa Bakaran Wetan Kecamatan Juwana Kabupaten Pati. (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Fure, H. (2013). Lokasi, keberagaman produk, harga, dan kualitas pelayanan pengaruhnya terhadap minat beli pada pasar tradisional Bersehati Calaca. Jurnal Emba: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 1(3).

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Pogram IBM SPSS Edisi. Sembilan.Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hair J.F., et al. (2010). Multivariate Data Analysis.Seventh Edition. New Jersey: Pearson Prentice

Harsanto, L. F., & Hidayat, W. (2017). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Pada UKM Martabak Mas Ipung di Perumahan Plamongan Indah Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, 6(3)

Holwati, R., Setyowati, T., & Reskiputri, T. D. (2021). Pengaruh Viral Marketing, Online Marketing, Dan Store Location Terhadap Keputusan Pembelian (Studi kasus Pada UMKM Arsa Holtikultura Desa Karangsono). Jurnal Penelitian IPTEKS, 6(2), 157-163.

Harahab, D. F., Mryanti, Y., & Herawati, H. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Harga Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian (Studi Konsumen Umkm Mie Ayam Dan Bakso Barokah Ina Kabupaten Bungo). In National Conference on Applied Business, Education, & Technology (NCABET) (Vol. 1, No. 1, pp. 533-546).

Kartikasari, N. P. (2014). Pengaruh komunikasi pemasaran terpadu terhadap ekuitas merek. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi, 3(2), 162-167.

Kotler, Philip dan Keller, Kevin Lane. (2018). Manajemen Pemasaran. Edisi 12. Jilid. 2. Jakarta: PT Indeks

Limakrisna, Nandan & Togi Parulian Purba. (2018). Manajemen Pemasaran. Teori dan Aplikasi dalam Bisnis di Indonesia Edisi 2. Jakarta: Mitra. Wacana Media.

Lupiyoadi dan Hamdani. (2011).Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba. Empat.

Morissan. (2010). Periklanan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Jakarta : Penerbit Kencana

Muflih, Muhammad. (2016). Perilaku Konsumen dalam Perspektif Ilmu Ekonomi. Islam, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Ni’mah, W. U. (2022). Pengaruh Harga, Promosi dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian pada UMKM Jelsa Parfum Kudus (Doctoral dissertation, IAIN KUDUS).

Olson dan Peter J. Paul. (2014). Perilaku konsumen dan strategi pemasaran. Edisi. Sembilan. Buku 2. Jakarta: Salemba empat.

Pranoto, Bambang. (2018). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk TerhadapKeputusan Konsumen Membeli Kendaraan Bermotor. Jurnal IlmiahFaktor Extra Vol.1 No. 2

Paendong, M. (2016). Pengaruh Kebutuhan Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Ponsel Smartfren Di Galeri Smartfren Cabang Manado. Jurnal Berkala Ilmiah Efisiensi, 16(4).

Rachman, R., & Abadi, T. W. (2017). Komunikasi word of mouth dan keputusan pembelian batik Bangkalan. Jurnal Aspikom, 3(2)

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardi. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan(Kompetensi dan Praktiknya). Jakarta: Bumi Aksara.

Suwarman, Ujang. (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam. Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia

Suswardji dkk. (2012). Pengaruh Atribut Produk TerhadapKeputusan Pembelian

Sepeda Motor Suzuki satria FU (Studi kasus pada Dealer Suzuki Sanggar

Mas Jaya Karawang. Jurnal Manajemen. Vol: 1(1)

Sutisna. (2012). Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran, Edisis kedua,. Bandung: Remaja Rosdakarya

Sapitri, L., & Onsardi, O. (2021). The Effect of Brand Image and Product Quality toward Wardah Cosmetics Consumers’ Loyalty as A Study on Students Management Study Program, Faculty of Econom ics and Business, Muhammadiyah University of Bengkulu. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Review, 1(2), 139-146.

Sonatasia, D., Onsardi, O., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. (Jmmib) Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1).

Suwarman, Ujang. (2011). Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam. Pemasaran. Jakarta: Ghalia Indonesia

Swastha, Basu, Dharmmesta. (2014).Manajemen Pemasaran. BPFE: Yogyakarta

Syahrial, Y. A. (2015). Analisis pengaruh produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan pembelian pada UD. Aneka Karya Glass di Surakarta (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).

Tjiptono, Fandy. (2014). Pemasaran Jasa-Prinsip, Penerapan, dan Penelitian. Yogyakarta: Andi Offset

Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel, Strategi dan Implementasi Operasional. Bisnis Ritel Modern di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat

Walukow, A. L. P, and Lisbeth, M. (2014).Pengaruh kualitas produk, harga, promosi dan lokasi terhadap keputusan Pembelian konsumen Di Bentenan Center Sonder Minahasa. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 2.3

Yuliantari, K & Widayati, K. (2020). Kualitas Komunikasi Pemasaran Terhadap Keputusan Pembelian Pada PT ABC. Jurnal Perspektif, 18(1), 60-67.

Downloads

Published

2024-01-21

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 55 times