PENGARUH IKLAN DAN CITRA MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PADA MOBIL ALMAZ PT. WULING MOTOR ARISTA DI KOTA BENGKULU

Authors

  • Roynaldi Putra P Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Meiffa Herfianti Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jems.v5i1.5978

Abstract

The aim of this research is to find out how the influence of Advertising and Brand Image on the decision to buy a car Almaz PT. Wuling Motor Arista in Bengkulu City. The population used in this study were consumers at Almaz PT. Wuling Motor Arista in Bengkulu City totaled 85 respondents. The sampling technique used total sampling based on predetermined criteria totaling 85 respondents. Observation data collection techniques, documentation and questionnaires. The data that has been processed was analyzed using the SPSS 24 formula. The research that has been conducted on the effect of Advertising and Brand Image on Purchasing Decisions on Almaz Cars PT. Wuling Motor Arista in Bengkulu City, it can be concluded as follows: Advertising has a significant effect on Purchasing Decisions on Almaz Cars PT. Wuling Motor Arista in Bengkulu City. Brand Image has a significant effect on Purchasing Decisions on Almaz Cars PT. Wuling Motor Arista in Bengkulu City.

Keywords : Advertising, Brand Image, Purchase Decision.

References

Andayasari, L., Muljati, S., Sihombing, M., Arlinda, D., Opitasari, C., Fajar, D.,

Widianto, M. 2015. Proporsi Seksio Sesarea dan Faktor yang Berhubungan

dengan Seksio Sesarea di Jakarta. Buletin Penelitian Kesehatan, 43, 105–116.

Arikunto. (2011). Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka

Cipta.

Arikunto. 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta : PT.

Rineka Cipta

Aryandi, J., & Onsardi, O. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 117-127.

Assael, Henry. (2001). Consumer Behavior. Edisi keenam. New York: Thomson

Learning.

Assauri, Sofjan. 2004. Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Press.

Baridwan, Zaki. 2010. Sistem Akuntansi Penyusunan Prosedur dan Metode. Edisi 5.Yogyakarta: BPPE

Basu Swastha Dharmesta dan Irawan. 2007. Manajemen Pemasaran, PT.

Garmedia Pustaka Utama Jakarta, Jakarta

Fandy Tjiptono & Anastasia Diana. 2007. Pemasaran Esesi dan Aplikasi, Andi

Offset, Yogyakarta.

Fandy Tjiptono. 2015. Strategi Pemasaran, Edisi 4, Andi Offset, Yogyakarta.

Ghozali, Imam. 2011. “Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS”.

Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Gitosudarmo, Indriyo. 2015. Manajemen Pemasaran Edisi Pertama. Yogyakarta :

BPFE.

Hurriyati, Ratih. (2010). Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen. Bandung:

ALFABETHA.

Imanullah, M., Onsardi, O., Toyib, R., Hidayat, M. T., Wahyudi, I., Abimanyu, A., & Susanto, A. (2021). Pengenalan Website Sekolah Dasar Muhammmadiyah 1 Unggulan Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran Dan Promosi Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 4(1), 483-492.

Khanza, M., Toyib, R. T., & Onsardi, O. (2021). Implmentasi Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Penjualan Handphone di Toko Mardha Cell. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 4(2), 221-235.

Kotler, Philip., Keller, Kevin L. (2016). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua,

Jakarta: Erlangga

Kusumawati. 2011. Pengaruh Motivasi Terhadap Minat Berinvestasi di Pasar

Modal dengan Pemahaman Investasi dan Usia Sebagai Variabel Moderat.

Jurnal Ekonomi dan Akuntansi. STIE Musi Palembang

Machfoedz, Mahmud. (2010). Komunikasi Pemasaran Modern. Yogyakarta: Cakra

Ilmu.

Monlee Lee & Carla Johnson. (2011). Prinsip-Prinsip Pokok Periklanan Dalam

Perspektif Global. Jakarta: Kencana Prenada Media.

Munandar, J. A., & Onsardi, O. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Di Bank Sumsel Babel Kcp Tanjung Sakti. (Jems) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 2(1), 43-52.

Onsardi, O., Ekowati, S., Yulinda, A. T., & Megawati, M. (2022). Dampak Digital Marketing, Brand Image Dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lina Ms Glow Kota Bengkulu. Creative Research Management Journal, 5(2), 10-19.

Onsardi, O., Wulandari, K., Finthariasari, M., & Yulinda, A. T. (2021). Impact Of Service Marketing On Student Decisions. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan), 7(2), 234-254.

Rahmawati, R., & Onsardi, O. (2022). Korelasi Mutu Pelayanan Dengan Impulse Buying Konsumen UD. Mantan Karyawan Kota Bengkulu. In Prosiding Seminar Nasional Business Corporate (Vol. 1, No. 1, Pp. 23-29).

Sapitri, L., & Onsardi, O. (2021). The Effect of Brand Image and Product Quality toward Wardah Cosmetics Consumers’ Loyalty as A Study on Students Management Study Program, Faculty of Econom ics and Business, Muhammadiyah University of Bengkulu. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Review, 1(2), 139-146.

Sonatasia, D., Onsardi, O., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. (Jmmib) Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1).

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung :

Alfabeta, CV.

Sunarto, dkk. 2010. Pakematik Strategi Pembelajaran Inovatif Berbasis TIK.

Jakarta : Elex Media Komputindo.

Sutherlad, M. (2004). Advertising And The Mid Of The Customer (Alih Bahas). Jakarta: PPM.

Suwanto. (2017). Komunikasi Pemasaran Konstektual. Bandung: Simbiosa Rekatama Media.

Tanoni, R. V. (2012). Pengaruh Iklan Terhadap Niat Beli Melalui Citra Merek Dan Sikap Produk Mizone Di Surabaya. Jurnal Unika Widya Mandala, 1 No 6.

Toyib, R., Onsardi, O., & Muntahanah, M. (2020). Promosi Produk Pertanian Dan Kerajinan Menggunakan Website Serta Pembukuan Sederhana di Desa Sido Dadi Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 3(1).

Downloads

Published

2024-01-22

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 29 times