PENGARUH GAYA HIDUP,WORD OF MOUTH DAN IKLAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK WARDAH DI STORE JS MART DI KETAHUN BENGKULU UTARA

Authors

  • Marliza Fitri Universitas Deponegoro Semarang
  • Meyta Ayu Fitriana Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jems.v5i1.5974

Abstract

This study aims to determine the influence of lifestyle , word of mouth and advertising on the decision to purchase wardah products at the JS Mart store in Ketahun , North Bengkulu .  The method used is quantitative method.  Methods of data collection by questionnaire Sampling using the Simple Random Sampling method, with a total of 85 respondents. 

This researcher uses multiple regression analysis.  The results of research that has been done on the influence of lifestyle, word of mouth and advertising on purchasing decisions for wardah products at the JS Mart store in Ketahun, North Bengkulu.  The correlation coefficient test can be assessed as R = 0.890 and (X2) and advertising (X3) contributes an influence of 0.792 or 79.2% to the purchase decision (Y) on wardah products at JS Mart Ketahun North Bengkulu.  While the remaining 0.208 or 20.8% is influenced by other variables not included in this study.

Keywords: Purchase Decision, Lifestyle, Word Of Mouth End Advertisting

References

Adhianti Laras Pratiwi. 2017. Pengaruh Gaya Hidup, Citra Merek, Dan Atribut Produk,terhadap Keputusan Pembelian Hijab Zoya Di Jakarta Selatan [skripsi]. Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah. Jakarta.

Alma, Buchari. (2016) . Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Alfabeta:Bandung.

Arfianto, W., 2010. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Efektivitas Iklan Pada Media Televisi (Studi Pada Iklan Produk Sepeda Motor Honda). Doctoral Dissertation. Universitas Diponegoro.

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Edisi Revisi. Jakarta. PT. Rineka Cipta

Boedijoewono, Noegroho.(2012). Pengantar Statistika Ekonomi dan Bisnis, UPP STIM YKPN : Yogyakarta

Bram, Y. F., 2005. Analisis Efektivitas Iklan Sebagai Salah Satu Strategi Pemasaran Perusahaan Percetakan dan Penerbitan PT. Rambang dengan Menggunakan Metode EPIC Model. Jurnal Manajemen & Bisnis Sriwijaya 3 (6), 1-23

Duwi Priyatno, Dwi. (2013). OlahData Statistik Dengan Program PSPP. (MediaKOM : Yogyakarta

Fahra Destarini, Bono Pramudi. 2020. Pengaruh Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Konsumen 212 Mart Condet Batu Ampar. Jakarta. Jurnal Ekonomi Bisnis & Manajemen, Volume 10 Nomor 1 (2020).

Fitriana, Yandri Sudodo, dan Lukmanul Hakim. 2019. Pengaruh Gaya Hidup, Harga Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik Oriflame (studi kasus pada konsumen oriflame di kabupaten sumbawa. Sumbawa. Jurnal Manajemen dan Bisnis Vol.2 No.120 18.

Hasan, Ali. (2010). Marketing Dari Mulut Ke Mulut. Medpress:Yogyakarta

Hadaita Rahma. 2019. Pengaruh Gaya Hidup, Harga, Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Produk Shopie Martin (Studi Pada Mahasiswa Di Kota Surabaya) [skripsi]. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel. Surabaya.

Khairul Anas, Muhajirin. 2020. Pengaruh Gaya Hidup (Life Style) Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Pada Kantin Yuank Kota Bima. Sumbawa. Journal of Businessand Economics Research (JBE) Vol 1, No 2, june 2020, Hal. 131-138.

Sugiyono. (2005). Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta

Sugiyono.2006. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono, 2010, Metodologi Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R & D, Alfa Beta, Bandung.

Sugiyono. 2005. Statistika untuk Penelitian. Cetakan Ketujuh. Bandung : Alfabeta

Downloads

Published

2024-01-19

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 49 times