PENGARUH VARIASI PRODUK DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN KUE KERING TIARA KOTA BENGKULU

Authors

  • Lefi Mardiansyah Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sri Ekowati Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jems.v5i1.5967

Abstract

This study aims to determine the effect of product variation and product quality on purchasing decisions of Tiara Cookies in the city of Bengkulu. This type of research is a type of quantitative descriptive research. The sampling method uses a non probability technique, namely accidental sampling. The number of respondents in this study were 120 respondents. Methods of data collection using a questionnaire. Data analysis techniques using Multiple Linear Regression Analysis Test, Determination Coefficient Analysis, and Partial Test (t test), Simultaneous Test (f test). The results of the study show that partially the Product Variable Variable has a positive effect on the Purchase Decision Variable, H1 is accepted and Product Quality has a positive effect on the Purchase Decision Variable, H2 is accepted. While the f Test of Product Variation (X1) and Product Quality (X2) has a positive influence on Purchase Decision (Y) Tiara Cookies Bengkulu City, so H3 is accepted. Product Variation and Product Quality together have a positive effect on the Purchase Decision of Tiara Cookies, Bengkulu City.

Keywords: Product Variation, Product Quality and Purchase Decision

References

Aaker, A. David. (2008). Manajemen Ekuitas Merek. Alih bahasa oleh Aris Ananda . Jakarta: Mitra Utama.

Abdullah, Thamrin & Francis Tantri. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawali Pers

Amrullah, Pamasang, S, & Siburian, Saida Zainurossalamia, ZA, (2016), “Pengaruh Kualitas Produk Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda”. Jurnal Ekonomi dan ManajemenI, Vol. 13. No. 2. ISSN print. 1907-3011, ISSN online. 2528-1127. Hal. 2528-1127.

Andriansyah, Yusuf, Rois Arifin & Afi Rachmat, S, (2013), “Pengaruh Label Halal, Citra Merek Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Teh Racek (Studi Kasus Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Islam Malang)”. Jurnal Riset Manajemen Prodi Manajemen.

Ariani, Maulida, (2018), “Pengaruh Variasi Produk Terhadap Pembelian Ulang Pada Cafe Vin’z Ice Cream Di Kota Samarinda”. eJournal Administrasi Bisnis, Vol. 6. No. 1. ISSN 2355-5408. Hal. 278-287.

Aryandi, J., & Onsardi, O. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 117-127.

Bairizki, Ahmad (2017), “Pengaruh Harga, Promosi Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Dalam Meningkatkan Penjualan (Studi Kasus Pada Ud Ratna Cake & Cookies)”. Jurnal Valid, Vol. 14. No. 2. Hal. 71-86

Basu Swastha, Hani Handoko. (2011). Manajemen Pemasaran-Analisis Perilaku. Konsumen. Yogyakarta : BPFE.

Belch, G.E and M.A. Belch. (2004). Advertising And Promotion: An Integrated Marketing Commnunications Perspective, Sixth Edition, The McGraw Hill/Irwin: New York

Dharmmesta, Basu Swastha., Handoko, T. Hani. (2012). Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. BPFE, Yogyakarta.

Efnita, Titik, (2017), “Pengaruh Variasi Produk, Kualitas Pelayanan, Harga Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Wedding Organizer”. Jurnal AdBispreneur, Vol.2. No. 2. Hal. 107-115.

Farida, Nur, & Shokhibatus Saidah, (2017), “Pengaruh Variasi Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sambal Indofood Di Supermarket Sarikat Jaya Gresik”. Jurnal Cema Ekonomi, Vol. 06. No. 02. Hal. 156-168.

Groover., Mikel, P., (2010). Fundamental of Modern Manufacturing Materials, Process, and System.

Habibah, Ummu & Sumiati, (2016), “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk Kosmetik Wardah Di Kota Bangkalan Madura”. Jurnal Ekonomi & Bisnis, Vol. 1. No. 1. JEB. 17. Hal. 31- 48.

Imanullah, M., Onsardi, O., Toyib, R., Hidayat, M. T., Wahyudi, I., Abimanyu, A., & Susanto, A. (2021). Pengenalan Website Sekolah Dasar Muhammmadiyah 1 Unggulan Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran Dan Promosi Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 4(1), 483-492.

Irawan & Wijaya, Farid. (2000). PEMASARAN Prinsip dan Kasus. Edisi Kedua. BPFE : Yogyakarta.

Kembaren Muhammad, (2009). Loyalitas Pelanggan dan Aspek pemasaran produk Jasa. Erlangga Utama. Malang.

Khanza, M., Toyib, R. T., & Onsardi, O. (2021). Implmentasi Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Penjualan Handphone di Toko Mardha Cell. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 4(2), 221-235.

Kotler, K. (2009). Manajemen Pemasaran 1. Edisi ketiga belas. Jakarta: Erlangga

Kristian, Denny & Rita Widayanti, (2016), “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Honda Pada Mahasiswa Kampus 1 Universitas Kristen Krida Wacana”. Jurnal Ilmiah Manajemen Bisnis, VOL. 16. NO. 1. Hal. 45-58.

Lubis Nurhalimah, (2018). Pengaruh Harga, Keberagaman Produk Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Aice Ice Cream. Skripsi. Medan: Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan.

Mariana, (2015), “Pengaruh Kualitas Produk Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Produk”. eJournal Ilmu Administrasi Bisnis, , Vol. 3. No. ISSN 2355-5408. 2. Hal. 388-402.

Michael Stringer & C. Dennis. (2000). Chilled Foods. England: TJI Digital padstow comwall.

Mullins, Orville, Larreche, dan Boyd. (2005). Marketing Management: A Strategic,.Decision Making Approach, 6 th edition. New York City: McGraw-Hill.

Munandar, J. A., & Onsardi, O. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Di Bank Sumsel Babel Kcp Tanjung Sakti. (Jems) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 2(1), 43-52.

Onsardi, O., Ekowati, S., Yulinda, A. T., & Megawati, M. (2022). Dampak Digital Marketing, Brand Image Dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lina Ms Glow Kota Bengkulu. Creative Research Management Journal, 5(2), 10-19.

Onsardi, O., Wulandari, K., Finthariasari, M., & Yulinda, A. T. (2021). Impact Of Service Marketing On Student Decisions. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan), 7(2), 234-254.

Purwanti Fitria Nurlita, (2015). Pengaruh Harga dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Susu Mak Tam Kediri. Skripsi Tidak Diterbitkan.Fakultas Ekonomi. Universitas Negeri Surabaya.

Rahmawati, R., & Onsardi, O. (2022). Korelasi Mutu Pelayanan Dengan Impulse Buying Konsumen UD. Mantan Karyawan Kota Bengkulu. In Prosiding Seminar Nasional Business Corporate (Vol. 1, No. 1, Pp. 23-29).

Safitri, Lisa, Mona & Sri, (2016), “Pengaruh Variasi Produk, Kemasan, Kepercayaan Dan Fasilitas Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Oleh-Oleh Kerupuk Jangek Buk Kai Di Kota Padang”. Jurnal.

Sapitri, L., & Onsardi, O. (2021). The Effect of Brand Image and Product Quality toward Wardah Cosmetics Consumers’ Loyalty as A Study on Students Management Study Program, Faculty of Econom ics and Business, Muhammadiyah University of Bengkulu. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Review, 1(2), 139-146.

Saputra, Tri, Kadarisman Hidayat, dan Sunarti, (2017). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya Terhadap Kepuasan Konsumen Pengguna Iphone. (Survei Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang). Jurnal Administrasi Bisnis. Vol. 50 No. 6

Sonatasia, D., Onsardi, O., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. (Jmmib) Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1).

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Toyib, R., Onsardi, O., & Muntahanah, M. (2020). Promosi Produk Pertanian Dan Kerajinan Menggunakan Website Serta Pembukuan Sederhana di Desa Sido Dadi Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 3(1).

Tupadela, J., & Onsardi, O. (2020). Pengaruh Pengembangan Karir Dan Promosi Jabatan Terhadap Semangat Kerja Karyawan Perusahaan Daerah Air Minum Kota Bengkulu. (Jems) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 1(2).

Wicaksono Bagas Rifki, (2016). Pengaruh Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Layanan Internet Yang Dimediasi Oleh Minatbeli. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Downloads

Published

2024-01-19

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 79 times