PENGARUH BEBAS ONGKOS KIRIM, CASH ON DELIVERY DAN KEPERCAYAAN KONSUMEN TERHADAP MINAT PEMBELIAN SECARA ONLINE

Authors

  • Gilang Ratna Sari Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Onsardi Onsardi Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jems.v5i1.5964

Abstract

This study aims to explain the effect of free shipping, cash on delivery and consumer trust on online purchasing intentions with a special study of Management Study Program students at the Faculty of Economics and Business, Bengkuu Muhammadiyah University. The method used is quantitative method and uses descriptive data analysis. The data analysis technique is a step that has been taken by the researcher. Sampling uses the Simple Random Sampling technique. to infer the meaning of the data that has been collected. This study uses multiple regression analysis. The results of research that has been done on the effect of Free Shipping, Cash On Delivery and Consumer Confidence on Buying Interest at Online Shops in Bengkulu City based on the correlation coefficient test obtained the value of R = 0.871 and the coefficient of determination R^2 = 0.758 value means that Free Shipping (X_1), Cash On delivery (X_2) and Consumer Trust (X3) contributed 0.758 or 75.8% to Purchase Interest (Y) at Online shops in Bengkulu City while the remaining 0.242 or 24.2% was influenced by variables others that were not included in this study.

Keywords: Free Shipping, Cash on Delivery, Consumer Trust, purchase interest

 

References

Ajang, & Hasanudin. (2020). Pengaruh Periklanan, Bebas Ongkos Kirim Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Barang Pada Aplikasi Lazada Di Kecamatan Rangkui Kota Pangkalpinang. Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 6(2443–2164), 90–98.

Andriani, E. R., Pujianto, A., & Andayani, S. (2022). Pengaruh Sistem Pembayaran COD, Gratis Ongkir Dan Review Pembeli terhadap Minat Beli Baju Di Lazada. Seminar Nasional Hasil Skripsi, 1(01), 297–301.

Anwar, R., & Adidarma, W. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Risiko Pada Minat Beli Belanja Online Rosian Anwar 1 Wijaya Adidarma 2. Jurnal Manajemen Dan Bisnis Sriwajaya, 14, 2.

Armiani, A. (2022). E-Commerce berbasis Cash On delivery Guna Meningkatkan Omset Penjualan Produk UMKM pada Masa Pandemi Covid-19. Owner, 6(1), 668–676. https://doi.org/10.33395/owner.v6i1.639

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Alifa Syafna, 2021. Strategi Komunikasi Pemasaran Online Shop “Youth_Millennial” dalam Meningkatkan Kesadaran Merek dan Penjualan Journal of Servit

Aryandi, J., & Onsardi, O. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 117-127.

Fandy Tjiptono, (2018). Marketing Management. Edisi 14, Global Edition Pearson Prentice Hall.

Furi, R., Hidayati, N., & Asiyah, S. (2020). Pengaruh Keamanan, Kemudahan, Kepercayaan dan Pengalaman Berbelanja terhadap Minat Beli Onlinepada Situs Jual Beli Shopee. Jurnal Riset Manajemen, 96–109. www.fe.unisma.ac.id

Haekal, A., & Widjajanta, B. (2016). Pengaruh Kepercayaan Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Membeli Secara Online Pada Pengunjung Website Classifieds Di Inonesia. Journal of Business Management Education (JBME), 1(1), 183–195. https://doi.org/10.17509/jbme.v1i1.2287

Halim, N. R., & Iskandar, D. A. (2019). Pengaruh Kualitas Produk, Harga dan Strategi Promosi Terhadap Minat Beli. Jurnal Ilmu Dan Riset …, 4(3), 415–424. http://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/2605

Istiqomah, M., & Marlena, N. (2020). Pengaruh promo gratis ongkos kirim dan online customer rating terhadap keputusan pembelian produk fashion. Jurnal Manajemen, 12(2), 288–298.

Kosanke, R. M. (2019). Pengaruh Online Customer Review Dan Sistem Pembayaran Cash on Delivery (Cod) Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Aplikasi Lazada. Paper Knowledge . Toward a Media History of Documents, 3(April), 1–23.

Kevin Andromeda. (2014) Analisis Pengaruh Kepercayaan, Kemudahan, Dan Keragaman Produk Pakaian via Online Terhadap Keputusan Pembelian Secara Online (Studi Kasus Pada Mahasiswa Belanja Online Pada Feb Universitas Muhammadiyah Surakarta),Jurnal Ekonomi dan Bisnis Universitas Muhamadiyah.

Kennedy (2016). Perilaku Konsumen: Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran, Cetakan Pertama. Jakarta: Ghalia Indonesia

Kotler & Keller, (2017). Manajemen Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1 dan 2, Alih Bahasa : Bob Sabran, Erlangga, Jakarta

Kotler, Philip; Armstrong, Garry, 2018. Prinsip-prinsip Pemasaran,Jilid 1, Erlangga, Jakarta.

Maulana, H. A., & Asra, Y. (2019). Analisa Pengaruh Promo Gratis Ongkos Kirim terhadap Keputusan Pembelian pada E-Commerce oleh Generasi Z di Daerah Pedesaan. Inovbiz: Jurnal Inovasi Bisnis, 7(2), 162. https://doi.org/10.35314/inovbiz.v7i2.1220

Munandar, J. A., & Onsardi, O. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Di Bank Sumsel Babel Kcp Tanjung Sakti. (Jems) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 2(1), 43-52.

Nonis, M. F. (2019). Pengaruh Persepsi Keamanan, Kemudahan Bertransaksi Dan Kepercayaan Konsumen Terhadap Minat Beli Secara Online Pada Marketplace Shopee. Skripsi, 1–27.

Onsardi, O., Ekowati, S., Yulinda, A. T., & Megawati, M. (2022). Dampak Digital Marketing, Brand Image Dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lina Ms Glow Kota Bengkulu. Creative Research Management Journal, 5(2), 10-19.

Onsardi, O., Wulandari, K., Finthariasari, M., & Yulinda, A. T. (2021). Impact Of Service Marketing On Student Decisions. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan), 7(2), 234-254.

Pratama, W. C., Ley-Ley, W. L., & Sanjaya, V. F. (2021). Pengaruh Promosi Big Sale dan Gratis Ongkos Kirim Shopee Terhadap Minat Beli Anak Muda di Kabupaten Tanggamus. Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi, 3(1), 1–9. http://jema.unw.ac.id

Rahmawati, R., & Onsardi, O. (2022). Korelasi Mutu Pelayanan Dengan Impulse Buying Konsumen UD. Mantan Karyawan Kota Bengkulu. In Prosiding Seminar Nasional Business Corporate (Vol. 1, No. 1, Pp. 23-29).

Sari, S. P. (2020). Hubungan Minat Beli Dengan Keputusan Pembelian Pada Konsumen. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 8(1), 147. https://doi.org/10.30872/ 4870

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Manajemen : Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, Kombinasi, Penelitian Tindakan, Penelitian Evaluasi. Alfabeta.

Setiadi, (2013). Konsep dan praktek penulisan riset (Ed.2) Yogyakarta: Graha

Sugiyono. (2017). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sapitri, L., & Onsardi, O. (2021). The Effect of Brand Image and Product Quality toward Wardah Cosmetics Consumers’ Loyalty as A Study on Students Management Study Program, Faculty of Econom ics and Business, Muhammadiyah University of Bengkulu. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Review, 1(2), 139-146.

Sonatasia, D., Onsardi, O., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. (Jmmib) Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1).

Tilaar, F., Lapian, S. L. H. V. J., & Roring, F. (2018). Pengaruh kepercayaan, dan motivasi terhadap minat beli pengguna shoppe secara online pada anggota pemuda gmim zaitun mahakeret. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 6(4), 2028–2037.

Terence. 2014. Komunikasi Pemasaran Terpadu dalam periklanan dan Promosi. Jakarta: Salemba Empat

Yohanda Rahmadi (2020)Pengaruh Electronic Word Of Mouth TerhadapKeputusan Pembelian Followers Instagram @Kulinerpku, JOM FISIP, vol7

Downloads

Published

2024-01-19

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 60 times