PENGARUH LOKASI DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN PADA COFFEESHOP THE COFFEEBOX MANNA

Authors

  • Tita Risky Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Taufik Bustami Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jems.v4i2.5549

Abstract

The purpose of this study was to determine the effect of location on customer satisfaction at Coffee Shop The Coffeebox Manna. To determine the effect of service quality on customer satisfaction at Coffee Shop The Coffeebox Manna. To determine the effect of location and service quality on customer satisfaction at Coffee Shop The Coffeebox Manna. This research is a type of quantitative research. The method used in this research is a quantitative descriptive method. Data collection techniques are interviews, observations, field studies and questionnaires. Data analysis techniques used descriptive analysis, multiple linear regression analysis, coefficient of determination (R2) and hypothesis testing. There is an effect of location (X1) on consumer satisfaction (Y) Coffee Shop The Coffeebox Manna. There is an influence of service quality (X2) on customer satisfaction (Y) Coffee Shop The Coffeebox Manna. There is a simultaneous influence of location and service quality on purchasing decisions for Coffee Shop The Coffeebox Manna.

Keywords: Location, Service Quality, Consumer Satisfaction

References

Alma, Buchari. (2013). Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung: Alfabeta.

Anggraeni, Anita Dan Hartiwi Prabowo. (2013). Analisis Pengaruh Persepsi

Kualitas Dan Citra Merek Terhadap Kepuasan Pelanggan Dan

Dampaknya Pada Pembelian Ulang (Studi Kasus : Pelanggan Majalah

Mix Di Jakarta Selatan. Journal E Prints Binus. 23471

Anggraeni, R. (2017). Pengaruh lokasi, promosi, dan kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen Vanilla Café Tulungagung. Universitas Nusantara PGRI Kediri. Simki-Economic, 1(03).

Antonio, N. E. (2014). Pengaruh Motivasi Dan Kepuasan Kerja Karyawan Terhadap Organizational Citizenship Behavior Di CV Supratex. Agora, 2(1)

Aprih, Santoso dan Sri Widowati, 2011. Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas dan Lokasi terhadap Keputusan Pembelian, Jurnal Dinamika Sosial Budaya, No. 2, FE-USM,

Assauri, Sofjan. (2012). Manajemen Pemasaran. Jakarta : PT Raja Grapindo

Bailia, J. F., Soegoto, A. S., & Loindong, S. S. R. (2014). Pengaruh kualitas produk, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada warung-warung makan lamongan di kota Manado. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2(3).

Bitner, Zeithaml, V.A., M.J. D.D. Gremler. (2013). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm 6 Th Ed. Mc.Graw-Hill.

Desrianto, D., & Afridola, S. (2020). Lokasi Dan Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Coffee Town Bakery Di Kota Batam. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis Dan Akuntansi, 8(1).

Dewi, P. V. A., Agung, A. A. P., & Prayoga, I. M. S. (2021). Pengaruh Store Atmosphere, Lokasi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Langkah Coffee Shop. EMAS, 2(2).

Etta, Mamang, Sopiah. (2013). Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Ferdinand, Augusty. (2014). Metode Penelitian Manajemen. BP Universitas. Diponegoro.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 25. (9th Ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.

Hariaji, G. U., & Iriyanto, S. (2019). Pengaruh Kualitas Pelayanan, Lokasi, Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Pada Warung Kopi Srintil Di Temanggung). Value Added: Majalah Ekonomi dan Bisnis, 15(2).

Hasan, Ali. (2014). Marketing Dan Kasus-Kasus Pilihan. Yogyakarta: CAPS.

Heizer & Barry Render (2012). Manajemen Operasi Edisi Ke-. 11. Jakarta: Salemba Empat.

Husein, Umar. (2015). Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis. Jakarta: Rajawali

Irawan, A. (2014). Analisis Pengaruh Bauran Pemasaran Jasa Terhadap Keputusan Memilih Program Studi (Studi Pada Jurusan Akuntansi Dan Jurusan Administrasi Bisnis Di Politeknik Negeri Banjarmasin). Jurnal Wawasan Manajemen, Vol.2, Nomor 2

Kotler, Philip dan Keller, Kevin L. (2013). Manajemen Pemasaran, Jilid Kedua. Jakarta: Erlangga.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. (2014). Manajemen Pemasaran, Edisi Ke-. 13, Jilid 1&2, Alih Bahasa: Bob Sabran. Jakarta: Erlangga

Kotler, Philip. (2012). Manajemen Pemasaran Edisi 13, Bahasa Indonesia Jilid 1 Dan. 3 Cetakan. Jakarta: Rajawali.

Krisdayanto, I., Haryono, A. T., & Gagah, E. (2018). Analisis pengaruh harga, kualitas pelayanan, fasilitas, dan lokasi terhadap kepuasan konsumen di i cafe lina putra net bandungan. Journal of Management, 4(4).

Kurniadi, F. (2010). Pengaruh Biaya Promosi dan Distribusi Terhadap Peningkatan Volume Penjualan pada CV. Sejati di Sragen (Doctoral dissertation, Univerversitas Muhammadiyah Surakarta).

Lamb, W.Et.Al. (2010). Pemasaran. Edisi Revisi. Salemba Empat: Jakarta

Lestari, V. A. D. (2022). Pengaruh Harga, Lokasi Dan Kualitas Layanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Coffee Shop History Coffee Palembang (Doctoral Dissertation, 021008 Universitas Tridinanti Palembang).

Lupiyoadi Dan Hamdani. (2011). Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Salemba. Empat

Malayu, Hasibuan. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Penerbit. Bumi Aksara.

Mariansyah, A., & Syarif, A. (2020). Pengaruh kualitas produk, kualitas pelayanan, dan harga terhadap kepuasan konsumen cafe kabalu. Jurnal Ilmiah Bina Manajemen, 3(2), 134-146.

Moenir, H.AS. (2012). Manajemen Pelayanan Umum Di Indonesia. Jakarta : Bumi Aksara.

Nurhanifah, A., & Sutopo, S. (2014). Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Promosi Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada PT. Maharani Tri Utama Mandiri Cabang Semarang). Diponegoro Journal of Management.

Onsardi, O., Wulandari, K., Finthariasari, M., & Yulinda, A. T. (2021). Impact Of Service Marketing On Student Decisions. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan), 7(2), 234-254.

Pelayanan Publik. Bandung: Pengantar PUSTAKA SETIA Bandung.

Rangkuti, Freddy. (2011). SWOT Balanced Scorecard Teknik Menyusun Strategi Korporat Yang Efektif Plus Cara Mengelola Kinerja Dan Risiko. Jakarta: Gramedia

Sastradipoera, Komaruddin . (2012). Asas-Asas Manajemen Perkantoran : Suatu Pendekatan Sistem Informasi Manajemen. Bandung : Kappa-Sigm

Schiffman Dan Kanuk, Michal. (2017). Keputusan Pembelian. (Alih Bahasa Rio, Yulihar, Dan. Reni). Francis

Senjaya, V. (2013). Pengaruh Customer Experience Quality Terhadap Customer Satisfaction & Customer Loyalty Di Kafe Excelso Tunjungan Plaza Surabaya: Perspektif B2c. Jurnal Strategi Pemasaran, 1(1).

Situmeang, L. S. (2017). Pengaruh kualitas pelayanan, harga dan lokasi terhadap kepuasan konsumen pada rumah makan istana hot plate Medan (Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sumatera Utara).

Sonatasia, D., Onsardi, O., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. (Jmmib) Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1).

Sukardi. (2013). Metodologi Penelitian Pendidikan : Kompetensi Dan Praktiknya. Jakarta : PT Bumi Aksara

Tjiptono F. (2014). Service, Quality & Satisfaction. Edisi 3. Yogyakarta: Penerbit Andi.

Tjiptono, Fandy. (2015). Strategi Pemasaran, Edisi 4. Yogyakarta: Andi Offset

Utami, C. W. (2010). Manajemen Ritel, Strategi Dan Implementasi Operasional. Bisnis Ritel Modern Di Indonesia. Jakarta: Salemba Empat.

Wulandari, N., & Mudiantono, M. (2013). Analisis Pengaruh Kualitas Produk, Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus Pada Konsumen KOPIKITA Semarang). Diponegoro Journal of Management

Zaenal Mukarom, M., & Muhiibudin Wijaya Laksana, S. M. (2015). Manajemen Pelayanan Publik. Bandung: Pengantar PUSTAKA SETIA Bandung.

Zeithaml, V.A., M.J. Bitner, D.D. Gremler. (2015). Services Marketing: Integrating Customer Focus Across The Firm 6 Th Ed. Mc.Graw-Hill.

Downloads

Published

2023-07-30

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 145 times