PENGARUH AIDA (ATTENTION, INTEREST, DESIRE, ACTION) TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN PRODUK BATIK BASUREK AL-SUFI DI KOTA BENGKULU

Authors

  • Ade Heriansya Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Eti Arini Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jems.v4i1.4396

Abstract

The purpose of this study is to determine the effect of AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) on purchasing decision Batik Basurek Al-SufiOf Bengkulu City and to find out which factors having the more dominant effect on the purchasing decision. The researcher used the questionnaire method to 102 respodents. The Population used were Batik Basurek Al-Suficonsumerof Bengkulu city. The sampling was the accindental sampling technique. Based on the results of multiple linear regression, the form of regression equation isY =0.869 + -0.068 () + 0.255 () + 0.893 (X3) + 0.551 (X4).The results of the research and the hypothesis show that the Attentionshows the value of >(-0.694< 1.988)and (sig  = 0,489> 0,050),Interestshows the value of tcount>(2.498>1.988)and (sig  = 0,014< 0,050), Desire shows the value of tcount>(18.864>1.988) and (sig  = 0,000 < 0,050),Actionshows the value of tcount>(5.046>1.988)and (sig  = 0,000 < 0,050). Parsial eously Attention haven’t a significant effect on purchasing decision. Parsial eously Interest, Desire, Action have a significant effect on purchasing decision. SimultaneouslyAttention, Interest, Desire, Actionhave a significant effect on purchasing decision. It is better if the producers can continue to maintain and even improve their products so that the main objectives of marketing can be achieved.

Keywords : AIDA (Attention, Interest, Desire, Action),  Buying Decission.

 

References

Aryandi, J. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Dan Lokasi Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada Cafe Wareg Bengkulu. Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis (Jmmib), 1(1), 117-127.

Asiani, Ani dkk.2016.”Penerapan model Attention, Relevance, Confidence, and Satifaction (ARCS) untuk meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X pemasaran 1 SMK negeri 1 Surakarta”.Jurnal.Surakarta

Assael, H.2012.Consumer Behavior.Edisi Bahasa Indonesia.New Jersey: Prentice-Hall Inc.

Assael, H.2012.Costumer Beharviar and Marketing Action.Fourth Edition. Boston. Pws – Kent Publishing Company.

Basu Swastha Dharmamesta dan Handoyo.2014.Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen.Yogyakarta.

Brightayati, Liera.”Efektifitas Iklan POND’S Flawless White dengan menggunakan model AIDA terhadap minat Beli”.Jurnal.Surabaya

Dewi, Ida Ayu Pradnya Maha.2016.Efektivitas Iklan dengan analisis AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) studi pada pengguna sepeda motor merek Yamaha di Kota Singaraja.Jurnal.Singaraja : Universitas pendidikan Ganesha

Ekowati, S., Finthariasari, M., & Aslim, A. (2020). Pengaruh Harga Dan Promosi Terhadap Keputusan Pembelian Produk Pada Eleven Cafe Bengkulu. Jurnal Ilmiah Akuntansi, Manajemen Dan Ekonomi Islam (Jam-Ekis), 3(1).

Faragih, Hega Vadia dkk.2010.Penerapan konsep AIDA pada konsumen jasa E-Tiketing (via.com) di PT Charies Berkah Abadi.Jurnal.Semarang : Universitas Pandanaran Semarang

Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi AnalisisMultivariate dengan Program IBM SPSS 21Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit UniversitasDiponegoro.

Handoyo.2014.Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen.Bandung, Alfabeta

Imanullah, M., Toyib, R., Hidayat, M. T., Wahyudi, I., Abimanyu, A., & Susanto, A. (2021). Pengenalan Website Sekolah Dasar Muhammmadiyah 1 Unggulan Dalam Rangka Meningkatkan Mutu Pembelajaran Dan Promosi Sekolah. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 4(1), 483-492.

Itriadi.2017.”Pengaruh Attention, Interest, Desire, Action terhadap Keputusan Pembelian handphone Samsung pada Mardha Cell Kota Surabaya”.Jurnal.Surabaya

Jefkins, Frank.2016.Public Relationship Edisi Kelima.Terjemahan Haris Munandar.Jakarta : Erlangga

Johar, Diah Syafira dkk.2015.”Pengaruh AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) terhadap Efektivitas iklan online (survey pada pembeli di Toko Online Adorable Project)”.Jurnal.Semarang

Khanza, M., Toyib, R. T. (2021). Implmentasi Algoritma Apriori Untuk Meningkatkan Penjualan Handphone di Toko Mardha Cell. JSAI (Journal Scientific and Applied Informatics), 4(2), 221-235.

Kotler, P., & Amstrong, G. 2008.Dasar-Dasar Pemasaran (13 ed).Jakarta: Erlangga.

Malunsenge, Surandy dkk.2017.”Pengaruh Periklanan terhadap keputusan pembelian konsumen pada PT Asia International Daihatsu”.Jurnal.Manado

Munandar, J. A. (2021). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Menabung Di Bank Sumsel Babel Kcp Tanjung Sakti. (Jems) Jurnal Entrepreneur Dan Manajemen Sains, 2(1), 43-52.

Muntahanah, M., & Toyib, R. (2020). Penerpan Algoritma Binary Search Dalam Pencarian Data Potensi Investasi Di Kabupaten Seluma Dengan Smartphone. Jsai (Journal Scientific And Applied Informatics), 3(3), 129-136.

Onsardi, O., Ekowati, S., Yulinda, A. T., & Megawati, M. (2022). Dampak Digital Marketing, Brand Image Dan Relationship Marketing Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Lina Ms Glow Kota Bengkulu. Creative Research Management Journal, 5(2), 10-19.

Poetra, Reza riesnanda.2017.”Model AIDA: pola penggunaan social media meningkatkan kepuasaan penjualan di Toko Online Goldies Hijab”.Jurnal.Jakarta

Rahmawati, R. (2022). Korelasi Mutu Pelayanan Dengan Impulse Buying Konsumen UD. Mantan Karyawan Kota Bengkulu. In Prosiding Seminar Nasional Business Corporate (Vol. 1, No. 1, Pp. 23-29).

Rofiq, Abdul dkk.2012.Pengaruh penerapan AIDA (Attention, Interest, Desire, Action) terhadap Keputusan Pembelian (survei pada pembeli kartu perdana IM3 di Lingkungan Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Angkatan 2012).Jurnal.Universitas Brawijaya.

Sapitri, L. (2021). The Effect of Brand Image and Product Quality toward Wardah Cosmetics Consumers’ Loyalty as A Study on Students Management Study Program, Faculty of Econom ics and Business, Muhammadiyah University of Bengkulu. Jurnal Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi Review, 1(2), 139-146.

Schiffman dan Kanuk. 2007.Perilaku Konsumen. Edisi Kedua. Jakarta: PT. Indeks Gramedia

Shofian, Fitrohanna.2014.”Efektifitas metode Attention, Interest, Desire, Action (AIDA) dalam advertising terhadap keputusan pembelian pada produk PT. Djarum (Djarum Super)”.Jurnal.Semarang

Silviana, Purnama Putra.2017.”Model AIDA sebagai strategi pemasaran bagi nasabah mengambang perbankan syariah (survey masyarakat Kota Bekasi)”.Jurnal. Bekasi

Sonatasia, D., & Arini, E. (2020). Strategi Meningkatkan Loyalitas Konsumen Makanan Khas Kota Curup Kabupaten Rejang Lebong. (Jmmib) Jurnal Manajemen Modal Insani Dan Bisnis, 1(1).

Sugiyono.2009.Metode Penelitian Bisnis, Cetakan keempat, Penerbit Alfabeta, Bandung.

Sumanto.2017.”Efektivitas Iklan TV berdasarkan model AIDA terhadap minat beli konsumen (studi kasus iklan TV indomie pada konsumen di indomaret)”. Jurnal. Tangerang

Suriyadi, Agus dkk.2018.Pengaruh Metode AIDA terhadap kepuasaan konsumen pada Dealer Honda Sinar Baru.Jurnal.Madura : Universitas Madura

Suyanto, M.2014.Marketing Strategy: Top Brand Indonesia, Andi, Yogyakarta

Toyib, R., & Muntahanah, M. (2020). Promosi Produk Pertanian Dan Kerajinan Menggunakan Website Serta Pembukuan Sederhana di Desa Sido Dadi Kecamatan Arma Jaya Kabupaten Bengkulu Utara. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bumi Raflesia, 3(1).

Vadia, Hega dkk.2010.”Efektivitas iklan dengan analisis AIDA pada penggunaan sepeda motor merek Yamaha di Singaraja”.Jurnal.Singaraja

Wulandari, K., Finthariasari, M., & Yulinda, A. T. (2021). Impact Of Service Marketing On Student Decisions. JBMP (Jurnal Bisnis, Manajemen dan Perbankan), 7(2), 234-254.

Downloads

Published

2023-01-06

Issue

Section

Articles
Abstract viewed = 314 times