PENGARUH PENGGUNAAN TEKNOLOGI INFORMASI DAN KEAHLIAN SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS INFORMASI PELAYANAN PUBLIK (STUDI PADA SKPD KOTA BENGKULU)

Authors

  • Marsidi Marsidi Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Herman Ginting Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu
  • Supawanhar Supawanhar Sekolah Tinggi Ilmu Administrasi Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jam-ekis.v5i1.2996

Abstract

Sebuah sistem informasi berbasis komputer adalah kumpulan dari berbagai perangkat keras (hardware) dan perangkat lunak (software) yang mengubah data menjadi informasi yang dapat memberikan manfaat bagi penggunanya.Komponen tersebut disebut dengan teknologi informasi. tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Keahlian Sumber Daya Manusia dan pemakai teknologi informasi terhadap kualitas informasi  Pelayanan Publik. Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif.  Populasi sebanyak 52 orang dari 26 SKPD yang ada di Kota Bengkulu, pemilihan sampel penelitian ini dilakukan dengan menggunakan kuesioner. Sumber data dari penelitian ini adalah pegawai SKPD Kota Bengkulu bagian pelayanan sistem informasi manajemen , Koesioner hanya di berikan 1 dari masing-masing SKPD.. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan program SPS ( Statistical Package for Social Science). Hasil penelitian ini yaitu, nilai signifikansi variabel Sumber Daya Manusiasebesar 0,000. Hal menunjukkan bahwa nilai signifikansi variabel ini lebih besar dari 0,05. Nilai signifikansi variabel Sumber Daya Manusiasebesar 0,150. Hal ini berati bahwa nilai signifikansi variabel keahlian pemakai lebih besar dari 0,05.2. Berdasarkan uji F diketahui, nilai signifikansi lebih besar dari 0,05 berarti bahwa variabel independen secara bersamaan memiliki pengaruh terhadap variabel dependen. Kesimpulan penelitian ini Sumber Daya Manusiaberpengaruh terhadap kualitas informasi  Pelayanan Publik, keahlian pemakai tidak berpengaruh terhadap kualitas informasi  Pelayanan Publik dan variabel independen secara bersamaan memiliki pengaruh terhadap variabel dependen.

References

Ariesta, Fadila. 2013. Pengaruh Kualitas Sumber Daya Manusia, Pemanfaatan Teknologi Informasi, dan Pengendalian Intern Pelayanan Publik terhadap Nilai Informasi Pelaporan Keuanagan Daerah. Skripsi tidak dipublikasikan. FE UNP.

Belkauoi, Ahmed. 2000. Teori Pelayanan Publik. Edisi 4. Jakarta : Salemba Empat.

Bodnar, George H dan William S Hopwood. 2000. Sistem Informasi Pelayanan Publik(terjemahan Amir Abadi Yusuf dan Tambunan), Jakarta: Salemba Empat.

Citra, Nurul. 2011. Analisis Sumber Daya Manusiae-filling dalam Perpajakan. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

DeLone, W. H & McLean, E. R. 2003. The DeLone and McLean Model of Information System Success: A Ten-Tear Update. Journal of Management Information System. Volume 19.

Fajri, Dian. 2011. Pengaruh Sumber Daya ManusiaTerhadap Kinerja Karyawan Perusahaan Konsultas Perencana di Surakarta. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Ghozali, Abbas 2000, Pendidikan : Antara Kamoto Mohamad, 2004, SDM, Kunci Investasi Manusia dan Alat Menuju Prestasi, Majalah Info Diskriminasi. Jumal Pendidikan Bank No. 303, Juni.dan Kebudayaan No. 23 Tahunke-S, Mei.

Ghozali, Imam. 2011. Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang : Badan penerbit-UNDIP.

Indriantoro, Nur & Bambang Supomo. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta : BPFE.

Krismiaji. 2002. Sistem Informasi Pelayanan Publik. Yogyakarta : AMP YKPN.

Kuncoro, Mudrajad. 2003. Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta : Erlangga.

Laudon, Kenneth C, dan Jane P. L. 2008. Sistem Informasi Manajemen; Mengelola Perusahaan Digital. Edisi 10. Jakarta: Salemba Empat

Lind, Douglas A. William G marchal. Samuel A Wathen. 2007. Teknik-teknik Statistika dalam Bisnis dan Ekonomi Menggunakan Kelompok Data Global. Edisi 13. Jakarta : Salemba Empat.

Mulyono, Imam. 2012. Uji Empiris Model Kesuksesan Sistem Informasi Keuangan Daerah (SIKD) dalam rangka Peningkatan transparansi dan Akuntabilitas Keuangan Daerah. Skripsi tidak dipublikasikan. Politeknik Negeri Malang.

Nasir, Azwir dan Ranti Oktari. 2012. Pengaruh Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Pengendalian Intern terhadap Kinerja Instansi Pemerintah. Skripsi tidak dipublikasikan. Universitas Riau.

Nordiawan, Deddi dan Ayuningtyas Hertianti. 2010. Pelayanan Publik Sektor Publik. Edisi 2. Jakarta : Salemba Empat.

Nordiawan, Deddi dan Rahmawati. 2008. Pelayanan Publik Pemerintahan. Edisi 2. Jakarta : Salemba Empat.

Peraturan Daerah Provinsi Bengkulu nomor 6 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Sekretariat Daerah, Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Bengkulu.

Peraturan Daerah Provinsi Bengkulu nomor 7 tahun 2008 tentang Organisasi Tata Kerja Dinas Daerah Provinsi Bengkulu.

Peraturan Daerah Provinsi Bengkulu nomor 8 tahun 2008 tentang Organisasi dan Tata Kerja Inspektorat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Lembaga Teknis Daerah.

Peraturan Daerah Provinsi Bengkulu nomor 9 tahun 2008 tentang Pembentukan Organisasi dan Tata Kerja Lembaga Lain Perangkat Daerah Provinsi Bengkulu.

PP nomor 08 Tahun 2006 tentang Pelaporan Keuangan dan Kinerja Instansi Pemerintah.

PP nomor 71 tahun 2010 tentang Standar Pelayanan Publik Pemerintah (SAP).

Rahmi, Mardiah. 2013. Pengaruh Sumber Daya Manusiadan Keahlian Pemakai terhadap Kualitas Informasi Pelayanan Publik. Skripsi FE UNP.

Supawanhar; Rudi Hartono;Romdana. (2021). The Effect Of Complexity, Service Authority And Tax Administration Applications On Taxpayer Compliance With Internet Understanding As A Moderating Variabel. Jurnal Akuntansi, Keuangan Dan Tekonologi Informasi Akuntans, 2(2), 72–87.

Yusmaniarti, Yusmaniarti, B. A. (2014). Pengaruh Penyajian Informasi Akuntansi pemerintahan daerah terhadap transparansi dan akuntabilitas publik ( studi pada pemerintahan kota Bengkulu). PPE Press Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Muhammdiyah Surakarta, 563–576.

Zufiyardi;Yusmaniarti;, Fraternesi;, & Ibrahim, A. (2021). Mengukur niat pengguna aplikasi akuntansi dengan pendekatan theory technology acceptance model (tam). Jurnal Akuntansi, Keuangan Dan Tekonologi Informasi Akuntansi, 2(2), 341–369. http://jurnal.umb.ac.id/index.php/JAKTA/article/view/2805

Downloads

Published

2022-01-27
Abstract viewed = 140 times