PENGARUH PROSES POLITIK, SEBELUM SELAMA DAN SESUDAH PILPRES 2019 TERHADAP HARGA SAHAM

Authors

  • arum arupi kusnindar Universitas Muhammadiyah Pringsewu (Umpri)
  • Aditia Yudis Puspitasari Universitas Muhammadiyah Pringsewu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jam-ekis.v3i2.741

Abstract

. Pasar modal merupakan pintu gerbang investasi masuk ke dalam sebuah negara, semakin besar investasi yang masuk menjadi indikator makin baiknya perekonomian suatu negara. Terdapat banyak hal yang bisa mempengaruhi pergerakan harga saham pada pasar bursa. Bukan saja kinerja finansial perusahaan dan faktor internal lain di dalam perusahaan namun faktor di luar perusahaan atau faktor eksternal. diantaranya kondisi politik suatu Negara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pergerakan nilai saham sebelum pemilu April 2019, selama proses pemilu sampai dengan setelah proses pemilu.

Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan studi peristiwa sebelum, selama dan sesudah peristiwa / event day. Analisa dilakukan dengan menghitung dan membandingkan abnormat return dan normal return serta melakukan beda mean dari return saham selama peristiwa.

Hasil penelitian ini menunjukan tidak terjadi Abnormal Return yang signifikan selama periode pengamatan yaitu 10 hari sebelum peristiwa, pada saat peristiwa dan 10 hari setelah peristiwa serta tidak terdapat perbedaan abnormal return antara ketiga periode pengamatan Peritiwa politik di Indonesia yaitu pemilu yang pada 17 April 2019, tidak memberikan dampak yang signifikan pada harga saham. Pasar memiliki kepercayaan bahwa pemilu akan berjalan dengan baik dan lancar serta tidak akan terjadi gejolak ekonomi dan politik sehingga investor tidak melakukan aksi jual yang berlebihan. Investor cenderung menahan diri/wait and see terhadap kondisi ekonomi dan politik hal ini di tunjukan dengan indeks yang tetap stabil, kalaupun terjadi trend negative dalam beberapa hari akan kembali terkoreksi positif. 

Author Biographies

arum arupi kusnindar, Universitas Muhammadiyah Pringsewu (Umpri)

Arum, Manajemen, fokus dalam pengembangan ekonomi kreatif dan UMKM

Aditia Yudis Puspitasari, Universitas Muhammadiyah Pringsewu

Aditia, Manajemen, Penulis Buku and Traveller

Downloads

Additional Files

Published

2020-11-12

Issue

Section

Edisi Juli 2020 Vol 3 No 2
Abstract viewed = 279 times