HUBUNGAN KUALITAS JASA DAN HARGA DENGAN KEPUASAN KONSUMEN PANASONIC SERVICE CENTER BENGKULU

Authors

  • Andriyani Prawitasari Universitas Dehasen Bengkulu
  • Rahmad Dhoni Kaypani Universitas Dehasen Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jam-ekis.v3i2.820

Abstract

RINGKASAN

 

Kualitas jasa dan harga merupakan hal yang paling pokok dalam sebuah perusahaan dalam mencapai keuntungan. Dengan kualitas jasa yang baik dan penentuan harga yang tepat akan membuat perusahaan dapat bertahan dalam jangka panjang, karena dengan kualitas jasa dan harga yang sesuai dengan apa yang dipersepsikan oleh masyarakat selaku calon pelanggan maka masyarakat akan bersedia untuk menggunakan jasa tersebut. Tujuan penelitian ini adalah : (1) untuk mengetahui hubungan kualitas jasa  dengan kepuasan konsumen pada Panasonic Service Center Bengkulu, (2) Untuk mengetahui hubungan harga dengan kepuasan konsumen pada Panasonic Service Center Bengkulu. Sampel penelitian ini adalah konsumen yang menggunakan jasa Panasonic Service Center Bengkulu yang berjumlah 60 orang diambil dengan metode sensus. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi rank spearman. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa : (1) Variabel kualitas jasa berhubungan signifikan dengan kepuasan konsumen di Panasonic Service Center Bengkulu, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,790 dan nilai t-hitung 9,816 > t-tabel 1,672. Hasil ini bermakna bahwa jika kualitas jasa baik, maka kepuasaan konsumen akan meningkat. (2) Variabel harga berhubungan signifikan dengan kepuasan konsumen di Panasonic Service Center Bengkulu, dengan nilai koefisien korelasi sebesar 0,630 dan nilai t-hitung 6,178 > t-tabel 1,672. Hasil ini bermakna bahwa jika harga terjangkau maka kepuasan konsumen akan meningkat.

 

Kata kunci : Kualitas Jasa, Harga, Kepuasan Konsumen

Author Biography

Andriyani Prawitasari, Universitas Dehasen Bengkulu

Dosen

References

DAFTAR PUSTAKA

Alma, Buchari. 2013. Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa. Bandung : Alfabeta.

Arikunto, Suharsimi. 2012. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek.

Jakarta: Rineka Cipta.

Dharmmesta, Basu Swastha., Handoko, T. Hani. 2012. Manajemen Pemasaran Analisis Perilaku Konsumen. Edisi Pertama. Yogyakarta. BPFE

Ianatut, Thoifah. 2015. Statistika Pendidikan Dan Metode Penelitian Kuantitatif.

Malang : madani.

Kotler, Philip dan Kevin Lane Keller. 2009. Alih Bahasa : Benyamin Molan. Manajemen Pemasaran. Edisi Ketiga belas. Jilid 1. Cetakan Keempat. Jakarta : PT. Indeks.

. 2010. Manajemen Pemasaran. Edisi tiga belas Bahasa Indonesia.

Jilid 1 dan 2. Jakarta : Penerbit Erlangga.

, Amstrong Gary. 2012. Prinsip-Prinsip Pemasaran, Edisi 13 Jilid 1.

Jakarta : Penerbit Erlangga

, . 2013. Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi ke-12.

Jakarta : Penerbit Erlangga.

Lovelock, C, dan John Wirtz, 2011. Pemasaran Jasa Perspektif, edisi 7. Jakarta : Penerbit Erlangga.

Machfoedz, Mahmud. 2010, Komunikasi Pemasaran Modern, Cetakan Pertama, Yogyakarta: Penerbit Cakra Ilmu

Morissan,M.A. 2010. Media Penyiaran. Jakarta : ramdina prakassa. Nirwana. 2012. Prinsip- Prinsip Pemasaran Jasa. Malang : penerbit dioma

Noor, Juliansyah. 2015. Metedologi Penelitian : Skripsi, Tesis, Disertai & Karya Ilmiah. Jakarta : Prenada Media.

Purnama, Rochmact Aldy. 2016. Analisis Statistik Ekonomi Dan Bisnis Dengan SPSS. Ponorogo : CV. Wade Group

Sugiyono.2009. Metode Penelitian Bisnis. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

. 2015. Statistika Untuk Penelitian. Bandung : Alfabeta.

Sulaksana, wildan. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Pada Kepuasan Konsumen Bengkel Global Motor Center Yogyakarta. Fakultas Ekonomi Jurusan Manajemen Universitas Sanata Dharma Yogyakarta.

Tjiptono, Fandy. 2011. Pemasaran Jasa. Yogyakarta: Bayumedia Publishing.

. 2014. Manajemen Jasa. Yogyakarta: Andi Offset.

Triyono, suryo. 2009. Analisis Pengaruh Kinerja Pelayanan Dan Kepuasan Konsumen Terhadap Kecendrungan Pembelian Kembali (Repurchase). Fakultas Ekonomi Dan Ilmu Sosial Jurusan Manajemen Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta.

Ulfa, Wardani Tri. 2017. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Bisnis Jasa Transportasi GO-JEK. Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Jurusan Manajemen Universitas Islam Sumatera Utara.

Widiyono dan mukhaer pakkana.2013. Pengantar Bisnis : Respon Terhadap Dinamika Global. Jakarta : Mitra Wacana Media

Downloads

Additional Files

Published

2020-11-12

Issue

Section

Edisi Juli 2020 Vol 3 No 2
Abstract viewed = 224 times