POTENSI HIJAUAN PADA LAHAN PERTANIAN HORTIKULTURA SEBAGAI PAKAN RUMINANSIA DI KECAMATAN SELUPU REJANG KABUPATEN REJANG LEBONG

Authors

  • Sudarmanto sudarmanto Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sunaryadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Neli Definiati Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jinak.v3i3.5848

Abstract

Kecamatan Selupu Rejang merupakan sentral pertanian hortikultura di Kabupaten Rejang Lebong, dari proses kegiatan pertanian hortikultura terdapat hijauan atau gulma yang tumbuh di area lahan pertanian hortikultura yang dapat dimanfaatkan sebagai pakan ternak ruminansia, sebagian besar hijauan tersebut belum termanfaatkan bahkan hanya terbuang percuma dilahan, hal tersebut dikarenakan belum adanya data pasti tentang jumlah hijauan dan jenis hijauan.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui potensi hijauan pakan ternak ruminansia di Kecamatan Selupu Rejang Kabupaten Rejang Lebong. Penelitian ini berlangsung dari bulan Agustus  Sampai bulan  September  2021. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei langsung kelapangan di 3 desa yang ada di kecamatan  Selupu Rejang, diikuti dengan pengukuran dan pengamatan di lapangan. Pengambilan sampel dilakukan pada 333 ha lahan pertanian hortikultura atau 30% dari total luas lahan di tiga (3) Desa yang berada dikecamatan Selupu Rejang. Produksi hijauan dihitung dengan menggunakan cuplikan ubin dari kayu berukuran 1 x 1 m, Masing masing lahan diukur menggunakan 80 penetapan cuplikan yang hasilnya di rata-ratakan dan di estimasikan dengan luas lahan.

Hasil dari penelitian ini produksi potensi hijauan pakan ternak ruminansia pada lahan pertanian hortikultura di tiga (3) Desa yang termasuk dalam wilayah Kecamatan Selupu Rejang  yaitu : Produksi potensi hijauan di Desa Karang Jaya 4.643 ton/tahun berat segar dan 943 ton/tahun berat kering  dapat memenuhi 295 ST/tahun, Desa Talang lahat 4.977 ton/tahun berat segar dan 1.045 ton/tahun berat kering dalam satu tahun dapat memenuhi 327  ST/tahun, dan Desa Sumber Urip 5.524 ton/tahun berat segar dan 1.137 ton/tahun berat kering dapat memenuhi 356 ST/tahun. Apabila dijumlahkan, maka dalam satu tahunnya di tiga desa dikecamatan Selupu Rejang menghasilkan produksi potensi hijauan 15.144 ton/tahun berat segar dan 3.125 ton/tahun berat kering  yang berarti bahwa dapat  menampung  978,5 ST/tahun atau setara dengan 978  ekor sapi dewasa. Berdasarkan hasil produksi potensi hijauan pakan diketahui bahwa, jika diestimasikan dengan total luas lahan pertanian hortikultura 1.110 ha maka hasil produksi potensi hijauan sebanyak 50.479,2 ton/tahun berat segar dan 10.416,6 ton/tahun berat kering , hasil ini dapat menampung 3.261,6 ST/tahun atau dengan kata lain dapat memenuhi kebutuhan ternak sapi dewasa sebanyak 3.262 ekor/tahun, dan terdapat 11 Jenis hijauan yaitu. 1.Belulang (Eleusine indica), 2. Setaria (Setaria plicata), 3. Wedusan (Ageratum conyzoides), 4. Lempuyang (Panicum repens L), 5. Teki ladang (Cyperus rotundus), 6. Kentangan  (Borreria latifolia ), 7. Cemplonan (Drymaria cordata Willd), 8. Sintrong (Crassocephalum crepidioides), 9. Shaggy soldier (Galinsoga quadriradiata),  10. Urang aring (Eclipta Alba), 11. Bayam duri (Amaranthus spinosus).

Kata Kunci : Pertanian Hortikultura, Potensi Hijauan Pakan Ternak Ruminansia, Berat Segar dan Berat Kering.

Downloads

Published

2023-10-10
Abstract viewed = 82 times