ANALISIS USAHA TERNAK AYAM BROILER (Studikasus di Peternakan Kendra) di Desa Keban Agung Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma

Authors

  • Nando Pitro Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Maheran Mulyadi Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Anton Feriady Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Elni mutmainnah Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jinak.v3i3.5844

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jumlah pendapatan, efisiensi dan kelayakan pada usaha ternak ayam broiler milik Pak Kendra di Desa Keban Agung Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma.

Penelitian ini di lakukan dari bulan Juni sampai bulan Juli 2023 di Desa Keban Agung Kecamatan Air Periukan Kabupaten Seluma Pada Peternakan Ayam Broiler Milik Kendra, penentuan responden dilakukan secara sengaja (Purposive). Metode yang digunakan adalah studi kasus. Alasan pemilihan responden yaitu karena usaha peternakan ayam broiler milik pak Kendra paling besar di antara peternak lain.

Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa usaha ayam broiler milik Pak Kendra menguntungkan atau pendapatan positif yakni sebesar Rp 31.724.416,67 per periode produksi (34 hari) dengan total produksi DOC 18.000 ekor ayam.  berdasarkan hasil perhitungan R/C Ratio 1,04>1, yang artinya usaha peternakan ayam broiler milik Pak Kendra Efisien dan dari hasil perhitungan B/C Ratio 0,04<1 yang artinya usaha ayam broiler milik Pak Kendra Tidak layak untuk diusahakan dalam waktu jangka panjang.

 Kata Kunci: Usaha Peternakan, Efisiensi (R/C Ratio), Kelayakan (B/C Ratio).

Published

2023-10-10
Abstract viewed = 64 times