PENGARUH PENAMBAHAN TEPUNG DAUN TALAS (Colocasia esculenta) DALAM RANSUM TERHADAP PERSENTASE KARKAS SERTA PERSENTASE BAGIAN-BAGIAN KARKAS DAN INCOME OVER FEED COST PADA ITIK TALANG BENIH

Authors

  • Liza Heriyati Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Wismalinda Rita Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Sunaryadi Sunaryadi Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Bengkulu
  • Rita Zurina Program Studi Peternakan Fakultas Pertanian dan Peternakan Universitas Muhammadiyah Bengkulu

DOI:

https://doi.org/10.36085/jinak.v2i3.3693

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pemberian tepung daun talas terhadap persentase karkas, serta Persentase Bagian-Bagian Karkas dan Income Over Feed  Cost pada itik talang benih. Penelitian ini dilaksanakan pada Bulan November 2019 – Januari  2020 di Experimental Farm Jalan Danau 4 Kelurahan Dusun Besar Kota Bengkulu. Penelitian  ini menggunakan 80 ekor Itik Talang Benih jantan umur 2 minggu, dan ransum yang  digunakan adalah jagung kuning giling, dedak padi, ampas kelapa, ampas tahu, tepung ikan  rucah. Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan Acak Kelompok (RAK)  dengan 5 perlakuan dan 4 pengulangan. Setiap ulangan berisi 4 ekor Itik Talang Benih jantan  umur 2 minggu. Pada penelitian ini parameter yang diamati adalah, persentase karkas,  persentase bagian bagian karkas ( dada, paha dan sayap) dan Income Over Feed Cost itik  talang benih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penambahan tepung daun talas dalam  ransum itik talang benih hingga level tertinggi 8% berpengaruh tidak nyata terhadap  persentase karkas dan bagian bagian karkas itik talang benih, namun berpengaruh sangat  nyata  terhadap Income Over Feed Cost. 

 

Kata kunci : Tepung Daun Talas, Persentase Karkas, Bagian-bagian Karkas (sayap, paha,  dada), Income Over Feed Cost, Itik Talang Benih. 

Published

2022-10-30
Abstract viewed = 141 times