https://jurnal.umb.ac.id/index.php/eltadib/issue/feed EL-TA’DIB: Journal of Islamic Education 2025-01-17T04:00:54+00:00 Imam Ahmad Amin jeltadib@umb.ac.id Open Journal Systems <p>El-Ta'dib adalah Jurnal Ilmiah Nasional Terbitan berkala di bidang Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Madrasah, Pendidikan Pondok Pesantren, Sosiologi Pendidikan, Kepemimpinan Pendidikan Islami, Manajemen Pendidikan Islam dan Psikologi Pendidikan yang terbit secara berkala setiap tahunnya pada bulan April dan Oktober oleh Program Studi Pendidikan Agama Islam, Fakultas Agama Islam, Universitas Muhammadiyah Bengkulu. Artikel yang dimuat pada Jurnal EL-TA’DIB: Journal of Islamic Education di publikasikan dalam bentuk elektronik atau e-journal dalam rangka menyebarluaskan ilmu pengetahuan tentang Pendidikan Agama Islam, Pendidikan Madrasah, Pendidikan Pondok Pesantren, Sosiologi Pendidikan, Kepemimpinan Pendidikan Islami, Manajemen Pendidikan Islam dan Psikologi Pendidikan dalam lingkup nasional maupun internasional.</p> https://jurnal.umb.ac.id/index.php/eltadib/article/view/7689 Peningkatan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Dengan Metode Pembelajaran Problem Based Learning di Kelas V A SDN 069 Bengkulu Utara Tahun Pelajaran 2024-2025 2025-01-17T02:06:05+00:00 Winda Dwi Ratna Windadwiratna5@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar murid pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Untuk mencapai tujuan ini, penelitian ini menggunakan strategi pembelajaran yang ideal. Salah satu cara yang dapat digunakan oleh guru adalah dengan menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar PAI siswa.</p> <p>&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp;&nbsp; Penelitian tindakan kelas ini dimulai dengan prasiklus dan dibagi menjadi dua siklus. Perencanaan, pelaksanaan tindakan, obeservasi, evaluasi, dan refleksi adalah bagian dari setiap siklus. Studi ini dilakukan pada siswa semester satu (ganjil) kelas V di SDN 069 Bengkulu Utara pada tahun akademik 2024/2025. Menurut hasil penelitian yang dilakukan pada 19 murid, pada kegiatan pra siklus, ada 10 murid yang tuntas (10 %), 9 murid yang belum tuntas (9 %), dengan nilai rata-rata 70,4%. Pada kegiatan siklus I, ada 17 murid yang tuntas (80 %), sedangkan 2 murid yang belum tuntas (2 %), dengan nilai rata-rata 74,4 %.</p> <p>Siklus II menunjukkan peningkatan yang signifikan dibandingkan dengan siklus sebelumnya. Murid yang sudah mencapai KKM berjumlah 18 (18 %) dan murid yang belum tuntas hanya 1 (1 %) dengan nilai rata-rata 81,42%. Studi ini menunjukkan bahwa penerapan metode pembelajaran PBL dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada murid kelas V SDN 069 Bengkulu Utara pada tahun pelajaran 2024/2025.</p> <p>Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Pendidikan Agama Islam, Budi Pekerti</p> 2025-01-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Winda Dwi Ratna https://jurnal.umb.ac.id/index.php/eltadib/article/view/7690 PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MELALUI PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN SIMULASI SISWA SDN 160 BENGKULU UTARA 2025-01-17T02:07:49+00:00 Dwi Yulianingsih dwiyulianingsih96@gmail.com <p>Penelitian ini membahas tentang peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam melalui penerapan metode pembelajaran simulasi pada siswa SDN 160 Bengkulu Utara. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1). Bagaimana penerapan metode pembelajaran simulasi dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam bagi siswa SDN 160 Bengkulu Utara, 2). Bagaimana peningkatkan hasil belajar pendidikan agama Islam melalui penerapan metode pembelajaran simulasi pada siswa SDN 160 Bengkulu Utara. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari prasiklus dan dua ulangan siklus dengan tiga kali pertemuan dan satu kali evaluasi. Prosedur penelitian meliputi perencanaan, pelaksanaan observasi dan evaluasi serta refleksi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari prasiklus sebanyak 15 siswa hanya 1 (7%) siswa yang memenuhi Kriteria Ketuntasan Maksimal (KKM) secara klasikal tidak terpenuhi karena nilai KKM 75. Pada siklus I siswa yang tuntas sebanyak 8 (53%), serta pencapaian nilai pada siklus II sebanyak 13 (87%) siswa yang mencapai nilai KKM.</p> <p>Kata Kunci: Hasil Belajar, Pembelajaran Simulasi, Pendidikan Agama Islam</p> 2025-01-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Dwi Yulianingsih https://jurnal.umb.ac.id/index.php/eltadib/article/view/7691 PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA MATA PELAJARAN PAI DI SDN 074 BENGKULU UTARA 2025-01-17T02:09:16+00:00 Dewi Nikmatul Baroroh nikmatuldewi4@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dengan menerapkan pembelajaran menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dibagi menjadi dua siklus dan di awali dengan prasiklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, obeservasi, evaluasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas V semester satu (ganjil) di SDN 74 Bengkulu Utara tahun pelajaran 2024/2025. Adapun hasil penelitian yang dilaksanakan pada 11 orang siswa, pada kegiatan pra siklus jumlah siswa yang tuntas adalah 2 siswa (18,2%), sedangkan siswa yang belum tuntas 9 siswa (81,8 %) dengan nilai rata-rata 55,9%. Pada siklus I siswa mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas 6 siswa (54,5%) sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 5 siswa (45,5%) dengan nilai rata-rata 70,9. Kemudian pada siklus II ini mengalami peningkatan yang sangat tinggi dibandingkan dengan siklus sebelumnya yaitu siswa yang sudah mencapai KKM berjumlah 10 siswa (90,9 %), sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 1 siswa (9,1 %) dengan nilai rata-rata 86,3. Penelitian ini menunjukan bahwa penerapan pembelajaran dengan media gambar dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas V SDN 074 Bengkulu Utara.</p> <p>Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Gambar, Pendidikan Agama Islam</p> 2025-01-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Dewi Nikmatul Baroroh https://jurnal.umb.ac.id/index.php/eltadib/article/view/7692 PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VIDEO TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS VII SMP NEGERI 22 BENGKULU UTARA PADA PELAJARAN PAI 2025-01-17T02:10:37+00:00 Arum Wijayanti arumwijayanti881@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan media audio vidio dengan melibatkan tiga unsur yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dibagi menjadi dua siklus dan di awali dengan prasiklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, obeservasi, evaluasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VII semester satu (ganjil) di SMP N 22 Bengkulu Utara tahun pelajaran 2024/2025. Hasil penelitian yang dilaksanakan pada 20 orang siswa, pada kegiatan pra siklus jumlah siswa yang tuntas adalah 2 siswa (10 %), sedangkan siswa yang belum tuntas 18 siswa (90%), dengan nilai rata-rata 47,5%. Pada siklus I siswa mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas 6 siswa (30%) sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 14 siswa (70%) dengan nilai rata-rata 66 %. Kemudian pada siklus II ini mengalami peningkatan yang sangat tinggi dibandingkan dengan siklus sebelumnya yaitu siswa yang sudah mencapai KKM berjumlah 19 siswa (95%), sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 1 siswa (5%) dengan nilai rata-rata 77,8 %. Penelitian ini menunjukan bahwa penerapan media audio vidio dapat meningkatkan hasil belajar Pendidikan Agama Islam pada siswa kelas VII SMP N 22 Bengkulu Utara tahun pelajaran 2024/2025.</p> <p>Kata Kunci: Hasil Belajar, Media Audio Video, Pendidikan Agama Islam</p> 2025-01-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Arum Wijayanti https://jurnal.umb.ac.id/index.php/eltadib/article/view/7693 PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII 2025-01-17T02:11:54+00:00 Ninda Kurnia Aini nindakurniaini94@gmail.com <p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran <em>Problem Based Learning</em>. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dibagi menjadi dua siklus dan di awali dengan prasiklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, obeservasi, evaluasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIIIA SMPN 68 Bengkulu Utara tahun pelajaran 2024/2025. Adapun hasil penelitian yang dilaksanakan pada 24 orang siswa kelas VIIIA, pada kegiatan pra siklus jumlah siswa yang tuntas adalah 5 siswa (21 %), sedangkan siswa yang belum tuntas 18 siswa (79%), dengan nilai rata-rata 52,92. Pada siklus I nilai belajar siswa mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas 14 siswa (58%) sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 10 siswa (42 %) dengan nilai rata-rata 71,04. Kemudian pada siklus II ini mengalami peningkatan yang sangat tinggi dibandingkan dengan siklus sebelumnya yaitu siswa yang sudah mencapai KKTP berjumlah 21 siswa (88%), sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 3 siswa (13 %) dengan nilai rata-rata 82,50.</p> <p>Kata Kunci: Hasil Belajar, <em>Problem Based Learning</em>, Pendidikan Agama Islam</p> 2025-01-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Ninda Kurnia Aini https://jurnal.umb.ac.id/index.php/eltadib/article/view/7694 EVALUASI EFEKTIVITAS PROGRAM PEMBELAJARAN AGAMA ISLAM DALAM MENINGKATKAN KESADARAN SOSIAL SISWA DI ERA DIGITAL (STUDI KASUS DI SMA ISLAM SABILILLAH MALANG BOARDING SCHOOL) 2025-01-17T02:13:16+00:00 Dhimas Alunandika dhimasalunandika@webmail.umm.ac.id <p>Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas program pembelajaran agama Islam berbasis digital dalam meningkatkan kesadaran sosial siswa di SMA Islam Sabilillah Malang Boarding School. Pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus digunakan untuk menganalisis persepsi siswa dan pengajaran berbasis teknologi. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan 30 siswa dan 5 guru, observasi terhadap proses pembelajaran, serta dokumentasi materi yang digunakan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pembelajaran berbasis digital efektif dalam memperkenalkan nilai-nilai sosial Islam, seperti keadilan, kepedulian terhadap sesama, dan pelestarian lingkungan, terdapat kendala dalam hal interaksi langsung antara siswa dan pengajar. Sebagian besar siswa merasa materi lebih menarik dan mudah dipahami melalui platform digital, namun kurangnya diskusi langsung mengurangi keterlibatan mereka. Penelitian ini merekomendasikan pengembangan fitur interaktif yang dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam diskusi daring. Temuan ini memberikan wawasan mengenai potensi teknologi dalam pendidikan agama Islam serta pentingnya elemen sosial dalam pembelajaran berbasis digital.</p> <p>&nbsp;</p> <p><strong>Kata Kunci :</strong> Pembelajaran Agama Islam, Kesadaran Sosial, Pembelajaran Berbasis Digital, Interaksi Siswa-Pengajar</p> 2025-01-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Dhimas Alunandika https://jurnal.umb.ac.id/index.php/eltadib/article/view/7695 AL MA’UN SEBAGAI PEDOMAN HIDUP DAN PEMBINAAN AKHLAK MANUSIA SEBAGAI MAKHLUK SOSIAL 2025-01-17T04:00:54+00:00 Umi Khairi Khairiumi25@gmail.com <p>Al Qur’an sebagai kitab suci membawa segala kebenaran yang berisi dan dijadikan petunjuk serta pedoman hidup bagi umat manusia di seluruh dunia. Khususnya kandungan Surah Al Ma’un memberi dampak terhadap pendidikan akhlak manusia kearah semakin membaik, sehingga kesenjangan social dalam ruang lingkup kehidupan dapat ditanggulangi serta sebisa mungkin dihilangkan. Segala bentuk kebaikan untuk kehidupan duniawi maupun akhirat Islam dengan al-Qur‘an mengajarkan dan menganjurkan kepada umatnya akan akhlak tak sekedar kepada Allah SWT. melainkan kepada sesama manusia dan seluruh makhluk ciptaan-Nya. Sebab, Islam mendorong kepada umat manusia untuk selalu berakhlak mulia, sebagaimana jelas bahwa kemuliaan akhlak adalah pilar utama dalam membangun iman dan takwa kepada Allah SWT. Kehidupan sosial manusia merupakan hubungan yang komplek, sehingga dalam Islam mengajarkan konsep mengenai kedudukan, hak dan kewajiban serta tanggung jawab manusia yang mana segala apa yang dilakukan manusia memiliki nilai konsekuensi di dunia maupun di akhirat.</p> <p>Kata kunci: Al Ma’un, Akhlak, Al Qur’an, Kehidupan Sosial</p> 2025-01-13T00:00:00+00:00 Copyright (c) 2025 Umi Khairi