PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN AGAMA ISLAM SISWA KELAS VIII
DOI:
https://doi.org/10.36085/eltadib.v4i2.7693Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. Penelitian ini menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dibagi menjadi dua siklus dan di awali dengan prasiklus. Setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, obeservasi, evaluasi, dan refleksi. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas VIIIA SMPN 68 Bengkulu Utara tahun pelajaran 2024/2025. Adapun hasil penelitian yang dilaksanakan pada 24 orang siswa kelas VIIIA, pada kegiatan pra siklus jumlah siswa yang tuntas adalah 5 siswa (21 %), sedangkan siswa yang belum tuntas 18 siswa (79%), dengan nilai rata-rata 52,92. Pada siklus I nilai belajar siswa mengalami peningkatan jumlah siswa yang tuntas 14 siswa (58%) sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 10 siswa (42 %) dengan nilai rata-rata 71,04. Kemudian pada siklus II ini mengalami peningkatan yang sangat tinggi dibandingkan dengan siklus sebelumnya yaitu siswa yang sudah mencapai KKTP berjumlah 21 siswa (88%), sedangkan siswa yang belum tuntas berjumlah 3 siswa (13 %) dengan nilai rata-rata 82,50.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Problem Based Learning, Pendidikan Agama Islam